TBRS - FAQ -Mandiri online

Mandiri online

         

  1. Apa itu Mandiri Online?
    Merupakan layanan integrasi dari Mandiri Internet dan Mandiri Mobile yang tampil dengan wajah baru untuk menghadirkan kenyamanan serta kemudahan lebih dalam memperoleh informasi dan melakukan aktivitas transaksi keuangan. Mandiri Online hadir dalam 2 bentuk layanan yang dapat dipilih oleh Nasabah antara lain :
    • Mandiri Online Web
    • Mandiri Online App.
  2. Benefit apa saja yang ada pada Mandiri Online?
    • Tampilan lengkap
      Memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mendapatkan informasi seluruh produk perbankan yang dimiliki Nasabah, baik rekening deposit (tabungan, deposito) maupun rekening kredit (loan, kartu kredit).
    • Satu Akses
      Nasabah hanya memerlukan 1 User ID + password,dan 1 MPIN yang sama untuk transaksi di Mandiri Online.
    • Keamanan
      Teknologi metode otentikasi baru yang memberikan keamanan dan kenyamanan. Nasabah tidak perlu lagi menggunakan token untuk bertransaksi di internet banking, cukup dengan menggunakan fitur mobile app approval, yaitu approval transaksi dengan menggunakan aplikasi mandiri online
    • Transaksi Bayar dan Beli
      Kemudahan transaksi bayar dan beli di mana pun dan kapan pun. Pembayaran listrik, tagihan kartu kredit, beli pulsa, bayar angsuran, bayar sekolah, dan lain lain.
    • Cek Histori Transaksi
      kredit.
    • Transfer
      Transaksi transfer mudah dan lengkap ke Bank Mandiri maupun ke Bank lain.
    • Top-up
      Isi ulang e-Cash dan e-Money secara mudah dengan Mandiri Online.
    • Buka Rekening Baru
      Buka deposito dan tabungan rencana secara online tanpa perlu ke cabang.
  3. Apa kriteria Nasabah yang dapat menggunakan Mandiri Online?
    Merupakan pengguna Mandiri Internet Aktif dan pengguna SMS Banking yang statusnya terdaftar untuk transaksi finansial. Nasabah dapat menghubungi Mandiri Call 14000 atau datang ke cabang Bank Mandiri untuk mengetahui status SMS Bankingnya. Jika belum memenuhi kedua kriteria ini, Nasabah dimohon untuk mendaftarkan diri dan mengaktifkan layanan transaksi finansial di Kantor Cabang Bank Mandiri dengan membawa identitas diri, buku tabungan, dan kartu debit Bank Mandiri.
  4. Bagaimana cara Nasabah untuk memiliki layanan Mandiri Online?
    / Untuk nasabah baru dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:
    • Mendaftar layanan SMS Finansial di Cabang Bank Mandiri
    • Melakukan aktivasi di Mandiri Online Apps yang dapat diunduh dari Play Store atau App Store
    • Untuk melakukan aktivasi pastikan nasabah memiliki pulsa di HP (biaya SMS tergantung pada ketentuan/kebijakan provider Telekomunikasi)
    • Pastikan pengaturan pengiriman SMS Premium pada perangkat nasabah sudah aktif (Always Allow/Selalu Izinkan)
    • Bagi pengguna HP dengan Dual SIM Card, pastikan Nasabah memasang sim cardnya pada Slot 1
  5. Apa itu Password?
    Password merupakan kata kunci yang harus diinput pada saat login Mandiri Online di Web dan Apps yang terdiri dari :
    • 8 digit – 16 digit alfa numerik
    • Minimal terdiri dari 1 angka
    • Minimal terdiri dari 1 huruf besar
    • Minimal terdiri dari 1 huruf kecil
    • Tidak boleh ada angka atau huruf berulang sebanyak 3 kali (e.g 111, aaa)
    • Tidak boleh menggunakan password yang telah dibuat sebelumnya
    Jika nasabah salah memasukan password sebanyak 3x maka akun akan terblokir. Nasabah dapat menghubungi 14000 atau cabang untuk buka blokir user ID
  6. Apa itu PIN SMS Banking (MPIN)?
    “MPIN”atau PIN SMS Banking merupakan 6 digit angka yang dibuat oleh Nasabah saat mendaftar layanan transaksi finansial di Kantor Cabang Bank Mandiri. PIN SMS Banking (MPIN) ini diperlukan sebagai otorisasi pada saat Nasabah melakukan approval transaksi di mandiri online app. PIN SMS Banking (MPIN) tidak boleh diketahui oleh orang lain. Jika nasabah salah memasukkan MPIN sebanyak 3x maka mpin akan terblokir. Nasabah dapat menghubungi 14000 atau cabang untuk membuat MPIN kembali

    Tips terkait dengan Password dan Mobile PIN :

    • Rahasiakan data pribadi berupa password dan MPIN Mandiri Online kepada pihak lain termasuk kepada petugas bank
    • Ganti PIN/Password Mandiri Online dan e-Channel lainnya secara berkala
  7. Versi OS apa yang dibutuhkan nasabah agar dapat menggunakan layanan Mandiri Online App pada smartphone?
    • Android OS : minimal Android 5.0 (Lollipop)
    • iOS : minimal iOS 8
  8. Bagaimana cara Nasabah untuk mengakses Mandiri Online?
    • Melalui website di alamat www.bankmandiri.co.id lalu pilih tombol login mandiri online (untuk mengakses Mandiri Online Web)
    • Melalui aplikasi mobile Mandiri Online yang dapat diunduh di Google Play Store atau Apple App Store
  9. Versi browser apa yang saya butuhkan untuk dapat menggunakan layanan Mandiri Online Web?
    • Firefox 32 bit dan 64 bit (windows)
      Firefox 48.0.2 32
      Firefox 48.0.1 32
    • Google Chrome untuk 32 bit dan 64 bit (windows)
      Google Chrome 53.0.2785.116
      Google Chrome 53.0.2785.113
    • Opera untuk 32 bit dan 64 bit (windows)
      Opera 39.0 2256.71
      Opera 39.0 2256.48
    • Internet Explorer minimum versi 10
    • Safari for MacOS minimum versi 7
  10. Tata Cara Penggunaan Mandiri Online Aplikasi
    • Untuk Nasabah Baru
      • Download aplikasi via Apple Store atau Play Store. Ikuti alur aktivasi
                  
      • Nasabah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku
      • Nasabah melakukan verifikasi data dan perangkat dengan memasukan data di kartu debit dan mengirimkan SMS verifikasi
                  
      • Nasabah membuat akun
             
      • Nasabah membuat password. Password harus terdiri dari alphabet dan numerik
             
      • Nasabah melakukan verifikasi MPIN dengan memasukan MPIN yang telah dibuat di cabang
             
    • Nasabah eksisting yg belum pernah menggunakan Mandiri Online
      Untuk nasabah pengguna layanan mobile banking Bank Mandiri lainnya (SMS Banking, USSD, STK, Mandiri Mobile), lakukan aktivasi Mandiri Online mengikuti tahapan pada poin 10.a

      Sedangkan untuk nasabah pengguna layanan Mandiri Internet, nasabah dapat melakukan login langsung pada Mandiri Online menggunakan user ID dan password dari layanan Mandiri Internet.
    • Nasabah eksisting yang sudah pernah menggunakan Mandiri Online versi sebelumya dengan device & simcard yang sama
      Nasabah tersebut akan mengalami verifikasi perangkat dengan mengirimkan SMS verifikasi
      • Nasabah melewati halaman edukasi
                 
      • Nasabah berhasil melakukan verifikasi perangkat
            
    • Nasabah pengguna Mandiri Online yang melakukan penggantian device atau simcard dengan nomor HP yang sama
      Untuk menggunakan layanan Mandiri Online, pada saat akses pertama setelah penggantian akan mengalami verifikasi perangkat dengan mengirimkan SMS
      • Nasabah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku
      • Nasabah melakukan verifikasi data dan perangkat dengan memasukan data di kartu debit dan mengirimkan SMS verifikasi
                  
      • Nasabah melakukan verifikasi MPIN
             
    • Nasabah eksisting yang menghapus Aplikasi Mandiri Online dan install kembali.
      Nasabah eksisting yang melakukan penghapusan Aplikasi Mandiri Online dan melakukan instalasi kembali akan mengalami verifikasi perangkat dengan mengirimkan SMS.
      • Nasabah melewati halaman edukasi
                  
      • Nasabah berhasil melakukan verifikasi perangkat
      • Nasabah melakukan verifikasi MPIN
             
  11. Bagaimana jika Nasabah menggunakan device yang memiliki dual SIM Card?
    Pastikan nomor nasabah yang digunakan di mandiri online berada di slot SIM Card utama (slot satu).
  12. Bagaimana jika Nasabah lupa dengan User ID atau Password Mandiri Online?

    Nasabah dapat pilih menu Lupa User Id atau Lupa Password yang ada pada halaman login.
  13. Apakah Nasabah yang sedang berada di luar negeri, dapat menggunakan Mandiri Online?
    • Untuk Nasabah Luar Negeri yang telah mendaftarkannomor HP sebagai layanan transaksi finansial dan login ke Mandiri Online saat di Indonesia, maka Nasabah dapat menggunakan layanan Mandiri Online di luar negeri menggunakan metode otentikasi Mandiri Online App (menggunakan PIN SMS Banking (MPIN)).
    • Untuk Nasabah Luar Negeri yang belum mendaftarkan nomor HP sebagai layanan transaksi finansial, sementara dapat bertransaksi finansial menggunakan layanan Internet Banking dan Mobile Banking yang lama sampai Bank Mandiri menyediakan akses layanan Mandiri Online untuk Nasabah yang berada di LuarNegeri.
  14. Apakah Bank Mandiri akan meminta data Nasabah melalui email atau telepon?
    Tidak. Untuk keamanan Anda, Bank Mandiri tidak pernah meminta detail data Nasabah atau informasi login melalui email atau telepon. Jika Anda menerima email atau telepon yang meminta detail data terkait pproduk perbankan atau pun informasi pribadi seperti PIN, OTP atau kode SMS serta MPIN, jangan memberikan data tersebut. Segera hubungi mandiri Call 14000.
  15. Bagaimanakah cara top up emoney di Mandiri Online?
    • Pilih menu emoney pada dashboard
    • Pilih isi ulang emoney
    • pilih rekening, nomor kartu tujuan, jumlah nominal emoney, dan deskripsi (opsional)
    • Pada kartu tujuan, apabila HP nasabah terdapat NFC maka dapat tap kartu di belakang HP dengan mengaktifkan NFC, atau nasabah dapat input manual kartu pada kolom nomor kartu tujuan
    • Klik Lanjut, muncul lembar konfirmasi
           
    • Klik konfirmasi apabila transaksi sudah sesuai dan masukan MPIN
           
    • Transaksi berhasil, muncul resi sebagai bukti pembayaran
       
    Jika HP nasabah terdapat NFC, maka nasabah dapat update saldo kartu emoney. Jika HP nasabah tidak terdapat NFC, maka nasabah dapat mengupdate saldo kartu emoney di ATM atau merchant yang bekerja sama dengan Mandiri (indomaret, alfamart, dan lain-lain)
    Cara update saldo emoney:
    • Pilih lihat / perbaharui saldo
    • Nyalakan fitur NFC pada handphone anda, Letakkan kartu di belakang ponsel nasabah dan pastikan kartu tidak bergerak ketika sedang proses update. Saldo berhasil di perbarui
           
  16. Bagaimanakah cara cek limit kartu kredit di Mandiri Online?
    • Pilih pada salah satu nomor kartu kredit yang ingin dicek limitnya pada dashoard
    • Muncul limit kartu kredit nasabah
    • Limit yang muncul adalah limit masing – masing kartu kredit yang dimiliki nasabah.
    • Jika nasabah memiliki kartu kredit lebih dari 1 dengan 1 limit, maka limit yang muncul di Mandiri Online adalah limit gabungan, sedangkan untuk history transaksi kartu kredit dapat dilihat pada masing masing kartu.
  17. Bagaimana cara melakukan top up GoPay di Mandiri Online?
    • Pilih menu bayar pada dashboard
    • Buat pembayaran baru, pilih multipayment
    • Pilih sumber rekening,
    • Pilih GoPay customer pada penyedia jasa, masukan nomor HP dan nominalnya.Klik lanjut
    • Muncul layar multipayment,klik lanjut
    • Klik konfirmasi apabila transaksi sudah sesuai
    • Masukan MPIN untuk melanjutkan transaksi
    • Akan muncul transaksi berhasil, muncul resi sebagai bukti pembayaran
  18. Bagaimana cara top up MTix pada Mandiri online?
    • Pilih menu bayar pada dashboard
    • Buat pembayaran baru, pilih multipayment
    • Pilih sumber rekening
    • Pilih XXI – Mtix sebagai penyedia jasa
    • Masukan nomor HP Mtix Nasabah dan nominal top up, dan klik lanjut
    • Muncul layar konfirmasi pembayaran, klik konfirmasi apabila transaksi sudah sesuai
    • Masukan MPIN untuk melanjutkan transaksi
    • Transaksi berhasi, muncul resi sebagai bukti pembayaran.
  19. Bagaimana cara transaksi e-commerce?
    Transaksi ecommerce dapat dilakukan via transfer dan bayar.
    • Via bayar (multipayment)
      • Pilih menu bayar pada dashboard
      • Pilih multipayment
      • Pilih sumber rekening.
      • Masukan nomor MVA yang terdaftar dan konfirmasu tujuan pembayaran
      • Jika transaksi sudah sesuai maka klik lanjut dan akan muncul lembar konfirmasi
    • Jika nasabah ingin melakukan transaksi e-commerce via transfer dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
      • Pilih menu transfer
      • Jika rekening Mandiri pilih ke rekening mandiri, jika rekening non Mandiri pilih ke Bank Lain dalam Negeri
      • Pilih sumber rekening, masukan rekening tujuan, nominal jumlah dan deskripsi (opsional)
      • Pilih sumber rekening, masukan rekening tujuan, nominal jumlah dan deskripsi (opsional)
      • Masukan MPIN
      • Transaksi berhasi, muncul resi sebagai bukti pembayaran
  20. Bagaimanakan cara setting SMS premium?

    GALAXY (Samsung)

    1. Buka Pengaturan
    2. Pilih Aplikasi
    3. Pilih titik 3 diatas sebelah kanan
    4. Pilih Akses Khusus
    5. Pilih Layanan Premium SMS
    6. Pilih Mandiri Online
    7. Pilih selalu mengizinkan
    8. Masuk ke aplikasi mandiri online
    9. Silahkan login dan verifikasi sms akan terkirim

    XiaoMI

    1. Buka Pengaturan
    2. Pilih Perizinan
    3. Pilih SMS Perizinan
    4. Mandiri Online diubah menjadi YES/OK

    LENOVO

    1. Buka Pengaturan
    2. Pilih Aplikasi
    3. Pilih All/semua
    4. Pilih Manajer Kontak
    5. Pilih Perizinan
    6. Kirim SMS premium diubah menjadi Ask/Tanya

    MITO

    1. Buka pengaturan
    2. Buka aplikasi
    3. Pilih aplikasi all/semua
    4. Pilih pesan
    5. Pilih perizinan
    6. Kirim SMS premium diubah menjadi Ask/Tanya

    VIVO

    1. Buka Pengaturan
    2. Pilih Ram and Ruang Penyimpanan
    3. Pilih Mengelola Aplikasi yg Dipasang
    4. Pilih Mandiri Online
    5. Pilih Perizinan
    6. SMS diubah menjadi YES/OK

    XPERIA

    1. Buka Pengaturan
    2. Pilih Aplikasi & Notifikasi
    3. Pilih Advanced
    4. Pilih Akses Khusus
    5. Pilih Layanan Premium SMS
    6. Pilih Selalu Mengizinkan

    LG

    1. Buka Pengaturan
    2. Pilih Manajer Aplikasi
    3. Pilih Aplikasi Pesan
    4. Pilih Akses Khusus
    5. Pilih Layanan Premium SMS
    6. Layanan Premium SMS diubah menjadi YES/OK

    ASUS/ZENFONE

    1. Buka Pengaturan
    2. Pilih Aplikasi & Notifikasi
    3. Pilih Akses Aplikasi Khusus
    4. Pilih Akses SMS Premium
    5. Pilih Mandiri Online
    6. Pilih Selalu Mengizinkan

    OPPO

    1. Buka Pengaturan
    2. Pilih Pesan
    3. Pilih Advanced
    4. Pilih Pusat Pesan
    5. Pilih OK

    ZTE

    1. Buka Aplikasi
    2. Pilih Pengaturan
    3. Pilih Manajer Aplikasi
    4. Pilih Ikon roda gigi
    5. Pilih Akses Aplikasi Khusus
    6. Pilih Akses SMS Premium
    7. Pilih Ask/Tanya

    MOTO

    1. Buka Aplikasi
    2. Pilih Manajer Aplikasi
    3. Pilih Aplikasi Sistem
    4. Pilih Layanan Pesan
    5. Pilih Kirim SMS Premium
    6. Pilih Ask/Tanya

    HTC

    1. Buka Pengaturan
    2. Pilih Aplikasi
    3. Pilih More
    4. Pilih Akses Aplikasi Khusus
    5. Pilih Akses SMS Premium
    6. Pilih Layanan Pesan
    7. Pilih Ask/Tanya
  21. Bagaimana cara cek SMS center?
    1. Ketik pd phone call ##4636##
    2. Phone information 1
    3. Pada menu SMSC refresh
    4. Jika msh kosong, Update dan masukan:
      • Mentari (Indosat): +62816124
      • IM3 (Indosat): +62855000000
      • Telkomsel: +6281100000
      • XL: +62818445009
  22. Berapakah limit Mandiri Online untuk transaksi?
    No Fitur Mandiri Online
    1 Transfer Mandiri Rp. 100 juta/hari
    Rp. 100 juta/transaksi
    2 Transfer Online Rp. 100 juta/hari
    Rp. 50 juta/transaksi
    3 Transfer SKN Rp. 100 juta/hari
    Rp. 100 juta/transaksi
    4 Transfer RTGS Tidak Bisa Digunakan
    5 Bill Payment Rp. 100 juta/hari
    Rp. 100 juta/transaksi
    6 Auto Bill Payment Sesuai Jumlah Tagihan
    7 Top up e-money Rp. 10 juta/hari
    Rp. 1 juta/transaksi
    8 Top up e-cash Rp. 20 juta/hari
    Rp. 5 juta/transaksi
    9 Open New Saving Plan Sesuai Saldo Pembukaan
    10 Open New Time Deposit Sesuai Saldo Pembukaan
    11 Purchase Rp. 10 juta/hari
    Limit Sesuai Denom/transaksi