Mandiri Online > Edu > Kiat Aman Bertransaksi Online - DBA

Kiat Aman Bertransaksi Perbankan Online

Transaksi perbankan semakin mudah dan praktis melalui Mandiri Online. Namun Anda perlu waspada jika terdapat pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang akan mencoba mencuri informasi pribadi Anda saat Anda melakukan transaksi perbankan online.

Berikut beberapa tips agar Anda bisa melakukan transaksi perbankan di Mandiri Online dengan lebih aman:

  1. Pastikan web Mandiri Online yang Anda akses adalah resmi milik Bank Mandiri untuk menghindari phising

    Phishing adalah tindakan penipuan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan informasi pribadi Anda, seperti user ID, password, tanggal lahir, ataupun nomor kartu debit atau kredit Anda. Usaha phishing bisa dilakukan melalui berbagai media seperti telepon, email, sms, atau website palsu yang dibuat sangat mirip dengan website resmi.

    Untuk menghindari hal tersebut, pastikan anda berada di website resmi Bank Mandiri, dengan alamat browser yang dimulai dengan: https://www.bankmandiri.co.id.

    Kemudian jika Anda mengakses web Mandiri Online, pastikan Anda hanya mengakses alamat: https://ibank.bankmandiri.co.id, serta terdapat tanda segel keamanan (bergambar tanda gembok) pada alamat browser tersebut.

  2. Pastikan Anda download aplikasi Mandiri Online dari sumber yang terpercaya yaitu official Google Play atau Apple App Store

    Pastikan anda mendownload aplikasi Mandiri Online yang resmi dirilis oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di Google Play atau di Apple App Store.

    Download aplikasi Mandiri Online di sini:

     
  3. Gunakan username dan password yang berbeda dengan akun lain Anda.

    Hindari menggunakan username dan password Mandiri Online Anda di akun lain. Jika Anda menggunakan username dan password yang sama untuk beberapa akun, maka akses terhadap seluruh akun Anda akan terbuka ketika username dan password tersebut diketahui oleh orang lain. Idealnya, anda perlu menggunakan username dan password yang berbeda untuk setiap akun yang anda miliki.

  4. Buat password dan MPIN yang sulit ditebak.

    Buatlah password dan MPIN yang mudah Anda ingat namun sulit ditebak orang lain. Beberapa tips untuk membuat password yang baik adalah sebagai berikut:

    1. Panjang password lebih dari 8 karakter.
    2. Password menggunakan kombinasi angka, huruf kecil dan huruf kapital.
    3. Hindari menggunakan informasi pribadi sebagai password dan MPIN, seperti: nama, tanggal lahir, nama binatang peliharaan, dan informasi sejenis lainnya.
    4. Hindari menggunakan huruf / angka / tanda baca yang berurutan pada keyboard. Contoh password yang tidak dianjurkan: qwerty, 12345.
    5. Hindari mencatat username / password / MPIN anda, baik di kertas / post-it maupun di file komputer / handphone Anda.
    6. Jika memungkinkan, lakukan perubahan password secara rutin setiap jangka waktu tertentu.
  5. Jangan pernah memberitahukan user ID, password dan MPIN anda kepada siapa pun

    Username, password, dan MPIN adalah informasi yang pribadi dan rahasia. Akun Mandiri Online Anda aman apabila tidak ada orang lain yang mengetahui username, password dan MPIN Anda, termasuk pegawai Bank. Bank Mandiri tidak akan pernah menanyakan username, password, dan MPIN Anda.

  6. Hindari sharing informasi pribadi ke orang lain / situs web yang tidak anda kenal

    Beberapa informasi yang perlu Anda jaga kerahasiaannya adalah:

    1. Nama lengkap
    2. Alamat (terutama alamat yang anda pakai di account Anda)
    3. Nomor ponsel yang Anda pakai di account Anda
    4. Tanggal lahir
    5. Nama ibu kandung
  7. Periksa histori transaksi Anda secara rutin

    Anda bisa memeriksa saldo dan histori transaksi dengan mudah di Mandiri Online. Jika Anda menemukan transaksi yang mencurigakan, segera laporkan ke Mandiri Call 14000. Berikut caranya:

    1. Cara cek saldo dan histori transaksi
    2. Cara cek limit dan histori transaksi mandiri kartu kredit
  8. Pastikan anti-virus Anda selalu terupdate

    Keamanan anda lebih terjaga apabila anda selalu mengupdate anti-virus perangkat Anda karena setiap hari selalu ada virus dan malware jenis baru.

  9. Pastikan tidak ada yang mengintip Anda saat bertransaksi (shoulder surfing / over-the-shoulder attack)

    Shoulder surfing atau Over-the-shoulder attack adalah teknik mencuri lihat aktivitas di perangkat yang Anda gunakan. Sang pelaku bisa mengetahui apa yang Anda lakukan di melalui layar aplikasi yang sedang Anda akses, bahkan mencuri lihat username ataupun password Anda. Anda bisa menghindari hal ini dengan selalu waspada dengan keadaan di sekitar Anda saat bertransaksi menggunakan Mandiri Online. Anda juga perlu menghindari melakukan transaksi mobile banking di tempat yang terlalu ramai seperti di dalam kendaraan umum.

  10. Hindari melakukan transaksi dengan menggunakan wi-fi publik atau perangkat yang dipakai khalayak umum

    Selalu gunakan perangkat pribadi Anda (Smartphone / Desktop / Laptop) dan jaringan yang anda kenal aman ketika mengakses Mandiri Online. Wi-fi publik dan perangkat yang dipakai publik lainnya rawan dimodifikasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri informasi pribadi Anda.

  11. Jangan lupa log out atau keluar dari aplikasi

    Selalu log out dari akun Anda setelah selesai bertransaksi. Jangan meninggalkan akun anda terbuka ketika tidak anda pakai walaupun hanya sesaat.

  12. Factory reset atau hapus account di perangkat Anda

    Untuk menjaga keamanan Anda, selalu lakukan factory reset untuk perangkat yang sudah tidak Anda gunakan. Apabila perangkat Anda hilang / dicuri, segera sign out seluruh akun pada perangkat anda melalui situs resmi masing-masing penyedia sistem operasi.

  13. Jangan menggunakan perangkat yang sudah di root / jailbreak untuk mengakses Mandiri Online

    Melakukan rooting / jailbreak pada perangkat Anda membuka kemungkinan suatu aplikasi untuk mengakses semua informasi yang tersimpan di perangkat Anda. Oleh karena itu, aplikasi Mandiri Online tidak dapat Anda gunakan pada perangkat yang telah di- rooting / jailbreak.