Mandiri Mobile Token

Mandiri Mobile Token

Mandiri Mobile Token merupakan token berbasis aplikasi smartphone yang berfungsi sebagai alat autentikasi untuk bertransaksi di layanan Bank Mandiri, yaitu layanan Kopra by Mandiri. Mandiri Mobile Token merupakan tipe soft token yang harus diunduh dan diaktivasi di perangkat smartphone nasabah.

Siapakah yang dapat menggunakan Mandiri Mobile Token?

Nasabah yang telah terdaftar sebagai pengguna dengan role approver/releaser di Kopra by Mandiri dapat menggunakan Mandiri Mobile Token sebagai alat autentikasi transaksi.

Apa saja fitur utama dari Mandiri Mobile Token? 

Autentikasi persetujuan transaksi dengan menggunakan metode pemindaian Kode QR atau OTP.

  • Pemindaian Kode QR digunakan untuk autentikasi transaksi di web Kopra (koprabymandiri.com).
  • Kode OTP digunakan untuk autentikasi transaksi di Kopra Mobile App.

Apakah manfaat dari penggunaan layanan Mandiri Mobile Token? 

  • Keamanan saat bertransaksi di layanan Kopra by Mandiri.
  • Fleksibilitas dan efesiensi waktu pada saat autentikasi transaksi.
  • Dapat mendaftarkan lebih dari satu mobile token dalam 1 aplikasi.
  • Tampilan antarmuka aplikasi yang mudah digunakan (User Friendly)
  • Tidak adanya biaya ganti token karena hilang/rusak.

Berapa Biaya Mandiri yang dikenakan dari penggunaan layanan Mobile Token? 

  • Nasabah Kopra Cash Management Wholesale dikenakan biaya Rp 100 ribu/token setelah 2 kuota Mandiri Mobile Token gratis telah digunakan.
  • Nasabah Kopra Cash Management Retail dikenakan biaya Rp 50 ribu/token untuk setiap pendaftaran Mandiri Mobile Token.

Bagaimana cara saya daftar Mandiri Mobile Token? 

  • Anda dapat datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat atau bisa menghubungi Sales Bank Mandiri untuk didaftarkan Mandiri Mobile Token.
  • Anda akan mengisi jumlah Mandiri Mobile Token formulir aplikasi Kopra Cash Management sesuai dengan kebutuhan user approver/releaser di Company ID-nya.
  • Selanjutnya, Anda dapat mengumpulkan formulir aplikasi yang telah ditandatangani ke Kantor Cabang/Sales Bank Mandiri.

Apa saja yang perlu dipastikan pada saat mendaftarkan nomor telepon untuk Approver/Releaser yang akan menggunakan Soft Token? 

  • Pastikan nomor telepon Approver/Releaser yang didaftarkan sesuai dengan kode nomor negara yang didaftarkan.
  • Pastikan nomor telepon masih aktif, dapat menerima SMS dari Bank dan memiliki pulsa/limit minimal Rp875 setiap pengiriman kode OTP via SMS. Pada saat aktivasi Mandiri Mobile Token, Kode OTP untuk verifikasi dikirimkan via SMS ke nomor telepon yang didaftarkan sebagai Approver/Releaser.

Apa minimum requirement Operating System (OS) untuk instalasi aplikasi Mandiri Mobile Token? 

Jenis Device

Versi OS

iPhone

iOS 12

Android

Android 8

Bagaimana cara aktivasi Mandiri Mobile Token untuk pertama kali? 

  • Unduh dan Pasang Aplikasi Mandiri Mobile Token di Ponsel Anda melalui Play Store atau App Store. Berikut adalah tampilan logo aplikasi Mandiri Mobile Token.

          

  • Buka Aplikasi Mobile Token di Ponsel Anda
  • Klik tombol “Aktivasi” di Aplikasi Mobile Token
  • Baca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Mandiri Mobile Token
  • Login ke dalam layanan Kopra Cash Management melalui situs Kopra (koprabymandiri.com).
  • Pilih menu Aktivasi Mobile Token di bagian Keperluan (Utilities)
  • Masukkan nomor telepon Anda di situs Kopra.
  • Klik tombol Request OTP untuk mengirimkan OTP ke nomor telepon Anda (biaya SMS untuk mengirimkan OTP dikenakan ke nomor telepon Anda).
  • Masukkan Kode OTP yang Anda terima melalui SMS ke dalam kolom OTP di situs Kopra.
  • Klik tombol “Aktivasi” di situs Kopra.
  • Pindai Kode QR yang berada di situs Kopra dengan Aplikasi Mandiri Mobile Token.
  • Masukkan Kode Verifikasi yang berada di situs Kopra ke dalam Aplikasi Mandiri Mobile Token.
  • Klik tombol OK untuk konfirmasi.
  • Masukkan Kode Registrasi yang dihasilkan Mandiri Mobile Token ke situs Kopra.
  • Klik tombol Berikutnya di situs Kopra dan klik tombol Lanjut di Aplikasi Mandiri Mobile Token untuk melengkapi proses Aktivasi.
  • Masukkan informasi terkait user yang didaftarkan mobile token seperti Company ID, Company Name, dan User ID.
  • Buat Kode PIN Mobile Token Anda dengan memasukkan 6-digit angka.
  • Konfirmasi Kode PIN Mandiri Mobile Token yang telah Anda buat.
  • Klik tombol OK untuk menggunakan Mandiri Mobile Token Anda.

Bagaimana cara melakukan approval transaksi di situs Kopra dengan Scan QR code? 

  • User login di situs Kopra (koprabymandiri.com) sebagai approver/releaser dan memilih transaksi mana yang akan disetujui di menu Pending Task.
  • Pada saat mau menyetujui transaksi akan muncul QR code.
  • Approver/releaser masuk ke aplikasi Mandiri Mobile Token. Lalu, login menggunakan PIN atau biometric.
  • Klik tombol “Scan QR Code” pada token milik approver/releaser.
  • Setelah menampilkan layar scan, approver/releaser melakukan scan terhadap QR code di situs Kopra.
  • Apabila QR valid, maka response code ditampilkan di layar selama 30 detik. 
  • Response Code tersebut dimasukkan ke situs Kopra. Lalu, klik “Approve” di situs Kopra untuk menyelesaikan proses approval transaksi.

                                                                      

Bagaimana cara melakukan approval transaksi di Kopra Mobile App? 

  • Buka Aplikasi Mandiri Mobile Token di Ponsel Anda.
  • Klik Tombol “OTP Code”.
  • Copy OTP Code dan input di Kopra Mobile App. (note: OTP Code akan diset ulang setiap 30 detik).
  • Klik "Konfirmasi” untuk menyelesaikan proses approval transaksi di Kopra Mobile App.

            

Bagaimana cara menambahkan pengguna token kedua dan seterusnya? 

  • Buka Aplikasi Mandiri Mobile Token di Ponsel Anda.
  • Klik tombol “+” di Aplikasi Mandiri Mobile Token.
  • Baca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Mandiri Mobile Token.
  • Login ke dalam layanan Kopra Cash Management melalui situs Kopra (koprabymandiri.com).
  • Pilih menu Aktivasi Mandiri Mobile Token di bagian Keperluan (Utilities).
  • Masukkan nomor telepon Anda di situs Kopra.
  • Klik tombol Request OTP untuk mengirimkan OTP ke nomor telepon Anda (biaya SMS untuk mengirimkan OTP dikenakan ke nomor telepon Anda.
  • Masukkan Kode OTP yang Anda terima melalui SMS ke dalam kolom OTP di situs Kopra
  • Klik tombol “Aktivasi” di situs Kopra.
  • Pindai Kode QR yang berada di situs Kopra dengan Aplikasi Mandiri Mobile Token.
  • Masukkan Kode Verifikasi yang berada di situs Kopra ke dalam Aplikasi Mandiri Mobile Token
  • Klik tombol OK untuk konfirmasi.
  • Masukkan Kode Registrasi yang dihasilkan Mandiri Mobile Token ke situs Kopra.
  • Klik tombol Berikutnya di situs Kopra dan klik tombol Lanjut di Aplikasi Mandiri Mobile Token untuk melengkapi proses Aktivasi.
  • Masukkan informasi terkait user yang didaftarkan mobile token seperti Company ID, Company Name, dan User ID.
  • Klik tombol OK untuk menggunakan Mandiri Mobile Token Anda.

            

             Tampilan Halaman Home

Bagaimana cara nasabah edit pengguna token? 

  • Buka Aplikasi  Mandiri Mobile Token di Ponsel Anda.
  • Klik triple dot button pada token yang perlu diedit user-nya.
  • Klik Profile.
  • Klik tombol “Edit” untuk mengubah info Company ID, Company Name, User ID. 
  • Lakukan perubahan data Company ID, Company Name, atau User ID.
  • Klik tombol Save.
  • Klik tombol OK.
  • Note: Info Serial Number Token dapat dilihat di menu profile. Namun, Serial Number Token tidak dapat diubah di menu profile.

            

Bagaimana jika Anda lupa kode PIN? 

Anda dapat mengklik lupa PIN atau Forgot PIN di halaman login yang muncul pertama kali pada saat membuka aplikasi setelah aktivasi selesai. Dengan mengklik lupa PIN tersebut Anda perlu melakukan reset PIN. Untuk mengajukan reset PIN nasabah dapat menghubungi Mandiri Call Center di 14000. Proses reset PIN sama dengan proses Unlock Token.

Untuk apa fitur “Unlink Token” atau “Lepas Token” di Mandiri Mobile Token?

  • Jika Anda sudah selesai aktivasi di aplikasi Mandiri Mobile Token, tetapi belum selesai proses aktivasi di situs Kopra, Anda dapat menggunakan fitur Unlink yang berada di “Halaman Pengaturan” aplikasi Mandiri Mobile Token.
  • Jika Anda ingin mengganti ponselnya, Anda dapat memutuskan aktivasi di ponsel yang lama dengan menggunakan fitur Unlink setelah deactivate Mandiri Mobile Token.
  • Catatan: Setelah Anda setuju untuk melakukan Unlink, Mandiri Mobile Token Anda otomatis terputus aktivasinya. Jika ingin menggunakan Mobile Tokennya kembali, Anda perlu melakukan aktivasi ulang.
  • Menu “Unlink Token” dapat diakses dengan mengklik tombol triple dot (tiga titik) di samping profil menu.

            

Bagaimana cara menonaktifkan Mandiri Mobile Token melalui situs Kopra?

Jika ponsel Anda hilang/rusak/perlu diganti dengan ponsel yang lain, Anda dapat menonaktifkan Mandiri Mobile Token di ponsel sebelumnya melalui fitur Deactivate yang ada di situs Kopra dari sysadmin Anda. Khusus nasabah Kopra Cash Management Wholesale, berikut ini adalah cara menonaktifkan Mandiri Mobile Token melalui situs Kopra:

  • Login di situs Kopra dengan akun Sysadmin.
  • Akses menu “Authentication Device Monitoring” (Pemantauan Alat Autentikasi).
  • Pilih User yang ingin dinonaktifkan. Lalu, klik User ID yang bersangkutan.
  • Klik tombol “Deaktivasi” (“Menonaktifkan")
  • Konfirmasi aksi Deaktivasi/Menonaktifkan token dengan mengklik tombol “OK” (“YA")

Untuk nasabah KCM Retail, dapat mengajukan deactivate Mandiri Mobile Token melalui Cabang atau menghubungi Mandiri Call Center di 14000. 

Bagaimana cara mengakses User Guide di Mandiri Mobile Token?

Anda dapat mengakses User Guide di Mandiri Mobile Token dengan mengklik tombol.

Apa saja risiko yang timbul terkait penggunaan Mandiri Mobile Token? 

  • Risiko Keamanan Data Pengguna

Data pengguna dan perusahaan yang tersimpan di aplikasi dapat menjadi target eksploitasi jika perangkat disalahgunakan oleh pihak yang tidak berwenang.

  • Risiko Kesalahan Input PIN

Pengguna dapat kehilangan akses ke aplikasi jika pengguna salah input PIN saat masuk ke aplikasi.

  • Risiko Kesalahan Input Kode Respon

Kesalahan dalam memasukkan kode respon ke Kopra Cash Management dapat menyebabkan proses persetujuan transaksi gagal dan mobile token terkunci.

  • Risiko Kehilangan atau Pencurian Perangkat

Jika perangkat yang digunakan untuk aplikasi mobile token hilang atau dicuri, data pengguna yang tersimpan dalam aplikasi dan mobile token dapat menjadi rentan terhadap penyalahgunaan.

  • Risiko Pengaktifan Ulang Aplikasi

Mobile token hanya dapat digunakan pada satu perangkat yang telah diaktifkan. Jika perangkat hilang atau rusak, pengguna harus melakukan aktivasi ulang di perangkat lain yang berada di kuasanya. Jika proses aktivasi ulang dilakukan tanpa sepengetahuan pengguna, mobile token dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak berwenang.

  • Risiko Ketidakpatuhan terhadap Pembaruan

Jika pengguna tidak memperbarui aplikasi secara berkala, mungkin ada kerentanan keamanan yang belum diperbaiki, yang dapat dieksploitasi.

Bagaimana jika token Anda terkunci (locked) karena kesalahan input response code?

Anda dapat mendatangi Cabang terdekat atau menghubungi Mandiri Call Center di 14000 dengan menyampaikan informasi Serial Number Token, Company ID, User ID, dan Kartu Identitas.

Bagaimana jika token Anda terkunci (locked) karena kesalahan input kode PIN token?

Anda dapat mendatangi ke Cabang Bank Mandiri dengan menyampaikan Serial Number Token, Locked Token Challenge, I Company ID, User ID, dan Kartu Identitas.

Bagaimana jika ada kendala teknis pada saat penggunaan Mandiri Mobile Token?

Jika Anda mengalami kendala pada saat menggunakan Mandiri Mobile Token, silahkan mendatangi cabang terdekat atau menghubungi Mandiri Call Center di 14000 atau email ke kopra@bankmandiri.co.id.

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000