WC - Aman Transaksi Debit Online

Tips Keamanan Transaksi dengan Mandiri Debit di Merchant Online

Apa itu Transaksi dengan Mandiri Debit di Merchant Online?

Transaksi yang menggunakan fitur  Mandiri Debit Visa untuk melakukan pembayaran/ berbelanja di merchant online/ e-Commerce, dimana sumber dana utamanya berasal dari rekening simpanan (tabungan/ giro perorangan) nasabah yang terhubung dengan kartu. 

Apa semua kartu Mandiri Debit bisa digunakan untuk bertransaksi online?

Hanya kartu Mandiri Debit dengan principal Visa saja yang bisa melakukan transaksi di merchant online.

Tips Keamanan Transaksi dengan Mandiri Debit di Merchant Online

  • Jangan berikan data Mandiri Debit Anda seperti PIN, masa berlaku kartu/ expiry date, 3 angka CVV dibelakang kartu, dan One Time Password (OTP) kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

  • Lakukan pengecekan histori transaksi Mandiri Debit Anda di Livin' by Mandiri secara berkala. Untuk informasi transaksi lebih aktual, aktifkan notifikasi mutasi rekening melalui SMS dengan minimal transaksi Rp100.000.

  • Hindari klik tautan/ link yang mencurigakan dari website, emaiI, atau pesan dari orang yang tidak Anda kenal. Selalu periksa identitas pengirim pesan untuk memastikan pesan tersebut sah dari akun resmi merchant e-Commerce Anda.

  • Hindari login di perangkat yang bukan milik Anda. Gunakan perangkat/ gawai/ device pribadi saat bertransaksi online untuk mengurangi risiko pencurian password dan informasi pribadi lain.

  • Terima OTP tapi tidak merasa bertransaksi? Mungkin akun Anda digunakan orang lain tanpa izin. Segera hapus kartu debit Anda dari akun e-Commerce.

  • Pastikan alamat situs yang Anda akses saat berbelanja/ transaksi adalah situs resmi (baik bank maupun merchant online) untuk menghindari pencurian data kartu debit Anda. Tips: lakukan perbandingan dengan hasil search engine (Google / Bing / Yahoo Search) untuk lebih memastikan alamat yang anda akses adalah alamat yang resmi.

  • Sebelum menyetujui transaksi, pastikan jumlah transaksi yang tercantum sesuai dengan jumlah transaksi Anda.

  • Simpan bukti transaksi untuk dibandingkan dengan tagihan yang Anda terima di kemudian hari.

  • Awasi selalu perangkat/ gawai/ device Anda. Logout semua akun e-Commerce sebelum melakukan perawatan/ backup perangkat/ gawai/ device dan jangan berikan User ID/ password kepada teknisi.

  • Jika kartu Anda hilang/ tercuri segera lakukan blokir melalui aplikasi Livin by Mandiri/ Mandiri Call 14000.

 

Apa yang saya lakukan jika menemukan transaksi yang tidak diketahui/ mencurigakan di Livin’ by Mandiri atau SMS Notifikasi?

Blokir kartu Anda melalui :

  • Aplikasi Livin’ by Mandiri

  • Call 14000

  • Cabang terdekat

Informasi Tambahan

 

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000