Syarat dan Ketentuan General Livin

Livin'  /  Syarat dan Ketentuan Livin' by Mandiri

Syarat dan Ketentuan Livin' by Mandiri

Dengan mengakses Livin' by Mandiri ("aplikasi Livin'") yang diberikan oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., ("Bank Mandiri"), Nasabah atau calon Nasabah ("Anda") setuju untuk terikat pada Syarat dan Ketentuan General Aplikasi Livin' by Mandiri ("Syarat dan Ketentuan Livin'") berikut:

  1. A. Persyaratan dan Tata Cara Penggunaan Aplikasi Livin'

    1. Anda wajib memiliki:
      1. Dokumen identitas kependudukan resmi, sesuai dengan pilihan yang tersedia di aplikasi Livin', dengan spesimen tanda tangan sebagaimana tercantum pada dokumen yang Anda miliki, dalam hal Anda merupakan calon Nasabah Bank Mandiri; atau
      2. Kartu debit dan/atau kartu kredit Bank Mandiri, dalam hal Anda telah menjadi Nasabah Bank Mandiri.
    2. Dalam penggunaan aplikasi Livin', Anda wajib menggunakan atau mendaftarkan:
      1. Smartphone sesuai dengan Operating System (OS) dan spesifikasi minimum yang ditetapkan Bank Mandiri.
      2. Nomor ponsel Indonesia, atau pilihan negara lain yang tersedia di aplikasi Livin', yang aktif dan valid agar dapat mengirimkan SMS kepada Bank Mandiri dan/atau menerima SMS dari Bank Mandiri, atau media komunikasi lainnya yang Bank Mandiri tentukan dari waktu ke waktu.
      3. Alamat email aktif dengan kapasitas memadai.
    3. Anda wajib memberikan data yang benar, akurat, dan terkini serta melakukan pengkinian data, apabila terdapat perubahan pada data Anda, melalui aplikasi Livin' atau sarana lain sesuai ketentuan Bank Mandiri.
    4. Bank Mandiri berhak untuk melakukan penyesuaian dan/atau meminta Anda untuk melakukan penyesuaian data Anda yang terdapat di Bank Mandiri.
    5. Dalam mengakses aplikasi Livin', Anda dapat mengaktifkan fitur biometric login  berdasarkan fitur biometric  pada smartphone yang Anda gunakan. Fitur biometric  merupakan teknologi yang disediakan di smartphone Anda sehingga Bank Mandiri tidak bertanggung jawab termasuk namun tidak terbatas pada:
      1. Kualitas maupun keamanan dari fitur biometric  tersebut; dan/atau
      2. Kelalaian dan/atau penyalahgunaan yang dilakukan Anda dan/atau pihak lain terhadap fitur biometric di smartphone Anda.
    6. Pendebitan dan pengkreditan rekening dilakukan berdasarkan instruksi Anda sesuai mekanisme yang telah ditentukan dalam layanan yang terkait dengan transaksi yang bersangkutan di aplikasi Livin'.
    7. Anda setuju untuk bertanggung jawab sepenuhnya atas seluruh kerugian, tuntutan, dan biaya (termasuk biaya adanya gugatan hukum) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi instruksi Anda, kecuali dapat dibuktikan bahwa hal tersebut merupakan kesalahan Bank Mandiri.
  2. B. Password, PIN Transaksi, dan Kode Otentikasi

    1. Dalam menggunakan aplikasi Livin', Anda akan membuat dan/atau menggunakan:
      1. Password alfanumerik, yaitu kode rahasia untuk dapat mengakses aplikasi Livin'.
      2. PIN transaksi, yaitu 6 (enam) digit angka yang digunakan untuk otorisasi transaksi finansial dan/atau non-finansial.
      3. Kode otentikasi, yaitu kode yang dikirimkan melalui Short Message Service (SMS), dengan tarif sesuai ketentuan operator, atau sarana lain sesuai ketentuan Bank Mandiri.
    2. Password dan PIN transaksi hanya dapat diubah oleh Anda berdasarkan instruksi dari Anda atau Bank Mandiri.
    3. Password, PIN transaksi, dan kode otentikasi merupakan kode yang bersifat rahasia yang tanggung jawab penggunaannya ada pada Anda sepenuhnya, termasuk segala tuntutan yang mungkin timbul dari pihak mana pun sebagai akibat penyalahgunaan password, PIN transaksi, dan kode otentikasi baik akibat kesengajaan atau kelalaian Anda dalam menyimpan atau menggunakan atau mengelola password, PIN transaksi, dan kode otentikasi Anda kecuali dapat dibuktikan bahwa hal tersebut merupakan kesalahan Bank Mandiri.
    4. Anda wajib menjaga akses terhadap aplikasi Livin' Anda antara lain dengan cara:
      1. Tidak memberitahukan password, PIN transaksi, dan kode otentikasi kepada orang lain.
      2. Tidak mencatat dan/atau menyimpan password, PIN transaksi, dan kode otentikasi secara tertulis (kertas) atau sarana lain yang memungkinkan untuk diketahui orang lain.
      3. Berhati-hati menggunakan password, PIN transaksi, dan kode otentikasi agar tidak diketahui orang lain.
      4. Melakukan penggantian password dan PIN transaksi secara berkala.
    5. Anda memahami dan menyatakan bahwa password, PIN transaksi, OTP, dan persetujuan elektronik lainnya merupakan bentuk pemberian kuasa Anda kepada Bank Mandiri untuk pelaksanaan transaksi termasuk namun tidak terbatas pada pendebitan rekening Anda sehingga mempunyai kekuatan hukum yang mengikat untuk pembuktian instruksi Anda dalam aplikasi Livin' termasuk namun tidak terbatas untuk melakukan pendebitan rekening Anda baik dalam rangka pelaksanaan transaksi yang diperintahkan maupun untuk pembayaran biaya transaksi yang telah dan/atau akan ditetapkan kemudian oleh Bank Mandiri.
    6. Apabila ponsel dan/atau SIM Card Anda hilang/dicuri/diduplikasi/berpindahtangan oleh/kepada pihak lain, Anda wajib memberitahukan kepada Bank Mandiri secara tertulis melalui Cabang atau telepon ke Mandiri Call 14000. Sebelum adanya konfirmasi dari pejabat Bank Mandiri yang berwenang, maka segala perintah, transaksi, dan komunikasi oleh pihak yang tidak berwenang berdasarkan password, PIN transaksi, dan kode otentikasi, menjadi tanggung jawab Anda.
  3. C. Limit dan Biaya

    1. Berdasarkan ketentuan regulator dan/atau ketentuan Bank Mandiri, atas setiap transaksi atau aktivitas Anda di aplikasi Livin', Bank Mandiri berhak untuk:
      1. Menentukan limit minimum dan maksimum; dan/atau
      2. Membebankan biaya, antara lain biaya aktivasi, biaya transaksi, atau denda/penalti.
    2. Bank Mandiri berhak sewaktu-waktu melakukan perubahan atas limit dan/atau biaya. Informasi terkait limit dan/atau biaya tersebut dapat Anda lihat pada aplikasi Livin'.
    3. Anda memahami bahwa transaksi yang disediakan atau berhubungan dengan pihak ketiga dapat dibebankan biaya tambahan oleh pihak ketiga di luar biaya yang ditetapkan oleh Bank Mandiri.
    4. Transaksi yang dilakukan dalam mata uang valuta asing (valas) ke rupiah, rupiah ke valas, atau sesama valas dengan valuta berbeda akan dikonversikan dengan mengikuti kurs yang ditentukan oleh Bank Mandiri dan/atau pihak ketiga. Kurs dapat berubah setiap saat mengikuti ketentuan yang berlaku di Bank Mandiri dan/atau pihak ketiga terkait.
  4. D. Permintaan, Perintah, dan Dokumentasi

    1. Seluruh permintaan atau perintah di aplikasi Livin' Anda hanya dapat dilakukan apabila aplikasi Livin' diakses menggunakan smartphone yang sudah diverifikasi sesuai prosedur di Bank Mandiri dan memasukkan password atau biometric dan/atau PIN transaksi atau metode otentikasi lain sesuai dengan ketentuan 2FA (Two Factor Authentication) berdasarkan ISO 27001 dan regulasi yang berlaku, kecuali diatur berbeda untuk fitur atau proses tertentu.
    2. Seluruh permintaan atau perintah di aplikasi Livin' Anda merupakan perbuatan hukum yang mengikat Anda dan bersifat tidak dapat disanggah (non-repudiation) serta tidak dapat dibatalkan. Oleh karena itu, Anda wajib memastikan ketepatan, kelengkapan, dan kebenaran permintaan atau perintah Anda. Bank Mandiri tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti dan/atau menyelidiki keaslian, keabsahan, dan/atau kewenangan penggunaan smartphone dan metode otentikasi.
    3. Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas seluruh pilihan Anda terkait penggunaan fitur di aplikasi Livin' baik yang disediakan oleh Bank Mandiri atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan Bank Mandiri, termasuk namun tidak terbatas pada, risiko yang melekat pada fitur tersebut seperti pengurangan potensi keuntungan dan/atau fluktuasi nilai investasi.
    4. Bank Mandiri berhak menolak permintaan dan/atau perintah Anda di aplikasi Livin' dengan alasan-alasan sebagai berikut:

      1. Tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku;
      2. Ketiadaan atau kekurangan ketersediaan sumber dana Anda dalam hal terjadinya transaksi;
      3. Bank Mandiri mengetahui atau mempunyai alasan untuk menduga bahwa penipuan atau aksi kejahatan telah atau akan dilakukan;
      4. Kekurangan dalam persyaratan yang dibutuhkan oleh Bank Mandiri dalam memproses permintaan atau perintah Anda, termasuk tidak terpenuhinya atau terlampauinya limit transaksi;
      5. Terjadi kendala sistem di Bank Mandiri dan/atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan Bank Mandiri;
      6. Force majeure; dan/atau
      7. Berdasarkan alasan dan pertimbangan lain yang ditetapkan oleh Bank Mandiri, termasuk dalam rangka melindungi kepentingan Anda atau Bank Mandiri.

      Apabila dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku, Bank Mandiri akan menginformasikan kepada Anda alasan penolakan permohonan tersebut.

    5. Seluruh permintaan atau permohonan atau perintah Anda melalui aplikasi Livin' yang Bank Mandiri terima dan/atau laksanakan, Bank Mandiri dokumentasikan secara digital pada pusat data Bank Mandiri termasuk dan tidak terbatas pada tata kelola atau register atas hal dimaksud.
    6. Apabila ada perbedaan data atau informasi yang Anda terima dengan yang tercatat dalam pusat data Bank Mandiri, maka data atau informasi yang berlaku atau valid adalah yang tercatat dalam pusat data Bank Mandiri, kecuali dapat dibuktikan sebaliknya melalui keputusan pengadilan.
    7. Bukti transaksi yang diterbitkan Bank Mandiri merupakan alat bukti yang sah dan mengikat atas dasar instruksi yang dijalankan oleh aplikasi Livin'. Anda setuju untuk tidak membantah keabsahan, kebenaran, atau keaslian bukti transaksi yang ditransmisi secara elektronik antara kedua belah pihak, termasuk namun tidak terbatas pada email, SMS, catatan sistem, tape/cartridge, hasil print out computer, salinan, atau bentuk penyimpanan informasi atau data lain yang terdapat pada aplikasi Livin' kecuali dapat dibuktikan sebaliknya melalui putusan pengadilan.
    8. Dengan melakukan transaksi melalui aplikasi Livin', Anda mengakui komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima Bank Mandiri akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun tidak dikeluarkan dokumen yang ditandatangani.
    9. Bank Mandiri menerapkan prinsip dan mekanisme perlindungan aset keuangan Anda sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada penyediaan informasi histori transaksi dan/atau mekanisme kontrol terhadap penyalahgunaan antara lain:

      1. Kecurangan, penipuan, penggelapan aset, pembocoran informasi, dan tindak pidana perbankan (fraud);
      2. Tidak sesuai norma yang berlaku (misconduct); atau
      3. Penyalahgunaan lainnya.
  5. E. Hak Kekayaan Intelektual

    1. Kecuali dinyatakan sebaliknya dalam aplikasi Livin', maka paten, hak cipta, rahasia dagang, merek dagang, merek layanan, grafik, gambar, logo, dan seluruh hak kekayaan intelektual lainnya dalam aplikasi Livin' dan kontennya termasuk peningkatan, pengembangan, ide, konsep, kecakapan, atau teknik yang dikirimkan melalui aplikasi Livin' (secara bersama- sama disebut "Kekayaan Intelektual") dimiliki oleh Bank Mandiri.
    2. Tidak ada bagian dari Syarat dan Ketentuan Livin' ini yang dapat digunakan, diunduh, diproduksi ulang, didistribusikan, diterbitkan, dimodifikasi, ditampilkan, disiarkan, dipertautkan (hyperlinked), dan/atau ditransmisikan dengan cara atau dengan sarana apa pun atau disimpan dalam sistem pencarian informasi tanpa izin tertulis sebelumnya dari Bank Mandiri. Lebih lanjut, Anda tidak dapat, tanpa izin tertulis sebelumnya dari Bank Mandiri, menyisipkan tautan (hyperlink) ke aplikasi Livin' atau bagian apa pun daripadanya di situs web lain atau 'mencerminkan' materi apa pun yang terkandung pada aplikasi Livin' di server atau situs web lain.
    3. Kekayaan Intelektual yang Bank Mandiri miliki merupakan hal yang dilindungi oleh peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku dan oleh karenanya setiap pelanggaran atas Kekayaan Intelektual Bank Mandiri akan diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku.
  6. F. Pengumpulan dan Pengelolaan Informasi Pribadi

    Setiap informasi pribadi yang dikumpulkan melalui aplikasi Livin' akan digunakan dan dikelola sesuai dengan Kebijakan Privasi Bank Mandiri.

  7. G. Ketersediaan

    1. Aplikasi Livin' tunduk pada ketentuan hukum Republik Indonesia dan oleh karenanya hanya dapat digunakan di dalam yurisdiksi Negara Republik Indonesia dan/atau yurisdiksi wilayah lainnya sepanjang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku di wilayah tersebut.
    2. Bank Mandiri berhak menentukan pemberian fitur berbeda bagi masing-masing Nasabah sesuai dengan analisis Bank Mandiri dan/atau profil risiko masing-masing Nasabah.
    3. Bank Mandiri berhak untuk:

      1. Menentukan waktu operasional ketersediaan fitur di dalam aplikasi Livin'.
      2. Menentukan batas waktu logout otomatis (idle time) aplikasi Livin'.
      3. Melakukan modifikasi pada aplikasi Livin' termasuk namun tidak terbatas pada fitur, metode transaksi, daftar institusi keuangan, dan penyedia tagihan (biller) atau jasa pada aplikasi Livin'.
    4. Bank Mandiri berhak menghentikan aplikasi Livin', baik sebagian maupun seluruhnya, untuk sementara waktu maupun untuk jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh Bank Mandiri untuk keperluan pembaruan, pemeliharaan, atau untuk tujuan lain dengan alasan apa pun yang dianggap baik oleh Bank Mandiri dan untuk itu Bank Mandiri tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapa pun.
  8. H. Pemblokiran dan Penghentian Aplikasi Livin'

    Bank Mandiri berhak memblokir dan/atau menghentikan akses Anda terhadap aplikasi Livin', baik sebagian maupun keseluruhan, sementara maupun permanen, dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda apabila:

    1. Terdapat permohonan tertulis yang Anda ajukan kepada Bank Mandiri.
    2. Anda salah memasukkan password, PIN transaksi, atau sarana identifikasi pribadi lainnya sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut, atau frekuensi lain sesuai kebijakan Bank Mandiri. Dalam hal ini akun aplikasi Livin' atau PIN transaksi Anda akan otomatis terblokir.
    3. Akun aplikasi Livin' Anda dikategorikan sebagai akun mencurigakan, berbahaya, atau terkait dengan tindak pidana atau sengketa keperdataan.
    4. Anda melakukan pelanggaran atas sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan Livin' ini atau profil Anda tidak sesuai dengan karakteristik produk aplikasi Livin'.
    5. Anda tidak melakukan peningkatan versi (upgrade) aplikasi Livin' atau smartphone yang Anda gunakan tidak kompatibel berdasarkan ketentuan Bank Mandiri.
    6. Berdasarkan pertimbangan, kebijakan, dan/atau analisis risiko Bank Mandiri, antara lain untuk melindungi kepentingan Anda dan/atau Bank Mandiri.
    7. Bank Mandiri melaksanakan suatu keharusan sesuai peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku dan/atau perintah dari instansi yang berwenang.
  9. I. Kesanggupan

    1. Anda dengan ini menyatakan memiliki wewenang untuk mengambil tindakan hukum menyetujui Syarat dan Ketentuan Livin' ini termasuk perikatan-perikatan lainnya dengan Bank Mandiri berdasarkan hukum yang berlaku.

    2. Dengan menggunakan aplikasi Livin', Anda menyatakan bahwa:
      1. Anda telah membaca, memahami, dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan Livin' ini termasuk hak dan kewajiban Anda serta manfaat dan risiko dari penggunaan aplikasi Livin'.
      2. Anda telah diberikan waktu yang cukup oleh Bank Mandiri untuk membaca, memahami, dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan Livin' ini.
      3. Instruksi Anda dengan melakukan klik tombol "Setuju", "Lanjutkan", atau yang dipersamakan dengan itu, merupakan tanda tangan elektronik yang memiliki kekuatan hukum mengikat bagi Anda.
      4. Transaksi yang dilakukan di, dari, atau ke luar negeri tunduk pula pada hukum yang berlaku di negara terkait dan dapat berbeda-beda antara satu negara dengan negara yang lain.
    3. Anda menyatakan dan menyetujui untuk bertanggung jawab penuh atas:
      1. Keamanan akses aplikasi Livin' termasuk penggunaan email, password, PIN transaksi, kode otentikasi, dan seluruh pesan yang dikirim melalui aplikasi Livin' atau sarana lainnya sesuai ketentuan Bank Mandiri.
      2. Setiap transaksi melalui aplikasi Livin' termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan memilih menu, kesalahan instruksi, pengurangan saldo, dan/atau biaya apa pun yang timbul atas transaksi.
      3. Seluruh pilihan Anda terkait penggunaan fitur di aplikasi Livin' baik yang disediakan oleh Bank Mandiri atau pihak ketiga termasuk namun tidak terbatas pada risiko yang melekat pada fitur tersebut seperti pengurangan potensi keuntungan dan/atau fluktuasi nilai investasi.
    4. Anda memahami dan menyetujui bahwa atas setiap penolakan, penundaan, atau pembatalan transaksi finansial dari Bank Mandiri maupun pihak ketiga yang bekerja sama dengan Bank Mandiri, Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas segala kerugian (apabila ada) sehubungan dengan tidak terlaksananya transaksi tersebut, termasuk namun tidak terbatas jika terdapat pengembalian dana (reversal atau refund) ke rekening Anda.

    5. Anda memahami bahwa sehubungan dengan pembelian (top up) atau pembayaran, informasi mengenai tagihan atau harga yang harus Anda bayar merupakan informasi yang diterima Bank Mandiri dari penyedia tagihan (biller).

    6. Anda memahami dan menyetujui bahwa seluruh informasi atau panduan transaksi yang tersedia atau disampaikan melalui aplikasi Livin' adalah satu kesatuan dengan Syarat dan Ketentuan Livin' dan oleh karenanya memiliki kekuatan hukum yang mengikat Anda.

  10. J. Indemnifikasi

    1. Kecuali dapat dibuktikan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku disebabkan semata-mata oleh kesengajaan dan/atau kelalaian Bank Mandiri, maka Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas segala kerusakan, kerugian, atau pengeluaran termasuk tanpa pembatasan, kerusakan langsung atau tidak langsung, khusus, atau konsekuensial, atau kerugian ekonomi yang timbul dari atau sehubungan dengan:
      1. Akses atau penggunaan aplikasi Livin' Anda, atau ketidakmampuan Anda untuk mengakses atau menggunakan aplikasi Livin'.
      2. Tidak dapat diterimanya dan/atau tidak ditindaklanjutinya komunikasi terkait aplikasi Livin'.
      3. Penyalahgunaan informasi atau kode keamanan terkait aplikasi Livin' termasuk namun tidak terbatas pada password, PIN transaksi, kode otentikasi, dan/atau nomor CVV atau CVC pada kartu debit fisik atau virtual.
      4. Setiap instruksi atau transaksi yang dilakukan melalui aplikasi Livin'.
      5. Setiap kerugian atau penyalahgunaan atau pengungkapan informasi yang tidak sah, yang disebabkan bukan oleh kelalaian/atau pelanggaran oleh Bank Mandiri; atau
      6. Kegagalan sistem, server atau koneksi; kesalahan, gangguan, intersepsi, keterlambatan dalam pengoperasian atau transmisi; malware, virus, remote access, spyware, worm, time bomb, trojan horse, serangan siber, phishing; atau komponen-komponen berbahaya serupa lainnya baik yang terjadi di Bank Mandiri maupun pihak ketiga lainnya.
    2. Bahwa aplikasi Livin' dibuat dan/atau dioperasikan sesuai dengan prinsip kehati-hatian sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku. Bank Mandiri tidak memberikan jaminan dalam bentuk apa pun pada aplikasi Livin', termasuk dan tidak terbatas pada jaminan kualitas yang memuaskan, kesesuaiannya untuk suatu tujuan, akurasi, keandalan, dan kebebasan dari perangkat perusak (malware) dan email phishing yang diberikan sehubungan dengan aplikasi Livin' atau kontennya termasuk tautan pihak ketiga apa pun.
    3. Konten aplikasi Livin' diberikan sebagai informasi umum dan bukan merupakan dasar untuk membuat keputusan tertentu termasuk namun tidak terbatas pada keputusan investasi, usaha, atau komersial tertentu.
    4. Dalam penggunaan fitur tertentu, Bank Mandiri dapat menampilkan informasi dari pihak ketiga yang bekerja sama dengan Bank Mandiri. Kebenaran informasi terkait produk dan/atau jasa yang ditawarkan dan/atau dijual oleh pihak ketiga tersebut merupakan tanggung jawab pihak ketiga terkait sepenuhnya.
    5. Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas segala risiko, akibat, dan/atau kerugian sehubungan dengan kesalahan dan/atau kelalaian pihak ketiga mana pun termasuk keterlambatan atau kegagalan pihak ketiga mana pun dalam penyampaian barang atau jasa kepada Anda, kecuali hal tersebut merupakan kesalahan Bank Mandiri. Jika terjadi sengketa antara Anda dan pihak ketiga mana pun termasuk namun tidak terbatas pada penyedia tagihan (biller) dan/atau penyedia barang atau jasa, hal tersebut wajib diselesaikan Anda dengan pihak terkait. Dalam hal menyangkut transaksi finansial, Bank Mandiri berhak untuk tidak melakukan pembayaran kepada siapa pun hingga sengketa tersebut telah diselesaikan sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.
    6. Aplikasi Livin' dioperasikan menggunakan layanan telekomunikasi dan/atau internet yang diselenggarakan oleh pihak ketiga. Bank Mandiri tidak memberikan jaminan kestabilan jaringan telekomunikasi sehingga dimungkinkan terjadinya gangguan, kesalahan, atau kegagalan transmisi atau koneksi. Anda bertanggung jawab atas segala akibat terkait gangguan, kesalahan, atau kegagalan transmisi atau koneksi dalam fasilitas internet atau komunikasi kecuali dapat dibuktikan merupakan kesalahan yang nyata dari Bank Mandiri.
    7. Dalam penyelenggaraan aplikasi Livin', Bank Mandiri menerapkan langkah-langkah keamanan sebagaimana disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku. Oleh karena itu, Anda secara pribadi bertanggung jawab untuk keamanan akses dan penggunaan email Anda, layanan SMS, dan seluruh pesan lainnya yang dikirim melalui internet, aplikasi Livin', atau ponsel Anda. Sepanjang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku, Anda bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian atau potensi kerugian baik secara langsung ataupun tidak langsung yang ditimbulkan atau dialami oleh Anda sehubungan dengan atau timbul dari email, SMS, dan pesan lainnya apa pun yang dikirim (baik kepada Bank Mandiri atau oleh Bank Mandiri) melalui internet, aplikasi Livin', atau ponsel Anda kecuali jika disebabkan oleh itikad tidak baik, kesalahan yang disengaja, atau kelalaian yang nyata dari Bank Mandiri.
  11. K. Peraturan Perundang-undangan dan Regulasi yang Mengatur, Yurisdiksi, dan Bahasa

    1. Dengan mengakses aplikasi Livin', Anda setuju bahwa aplikasi Livin' serta Syarat dan Ketentuan Livin' ini diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan regulasi Republik Indonesia.
    2. Setiap perselisihan atau sengketa yang timbul dan/atau berkenaan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan dengan cara musyawarah.
    3. Perselisihan atau sengketa yang tidak dapat diselesaikan melalui musyawarah, akan diselesaikan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) sesuai ketentuan regulator. Dalam hal perselisihan atau sengketa tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dan/atau melalui LAPS, akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tanpa mengurangi hak Bank Mandiri untuk mengajukan gugatan atau tuntutan ke Pengadilan Negeri lainnya dalam wilayah Republik Indonesia.
    4. Syarat dan Ketentuan Livin' ini dibuat dalam versi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Jika ada ketidaksesuaian atau inkonsistensi antara versi Bahasa Inggris dan versi Bahasa Indonesia dari Syarat dan Ketentuan Livin' ini, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan versi Bahasa Inggris akan diubah untuk menyesuaikan dengan versi Bahasa Indonesia.
  12. L. Keterpisahan

    Jika terdapat ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Livin' ini yang diketahui menjadi batal, tidak sah, tidak berlaku, atau tidak dapat diberlakukan, maka ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan Livin' ini tidak akan terpengaruh.

    Di samping Syarat dan Ketentuan Livin' ini, pada beberapa fitur terdapat syarat dan ketentuan dan/atau panduan yang wajib Anda taati. Apabila timbul permasalahan dalam penggunaan fitur, maka hal tersebut tidak secara otomatis menimbulkan permasalahan dalam penggunaan aplikasi Livin' secara menyeluruh, kecuali terbukti bahwa permasalahan tersebut mengakibatkan terlanggarnya Syarat dan Ketentuan Livin' ini.

  13. M. Kepatuhan dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Indonesia

    Syarat dan Ketentuan Livin' ini telah disesuaikan dan tunduk pada peraturan perundang-undangan dan regulasi yang berlaku, termasuk Peraturan Otoritas Jasa Keuangan. Anda menyetujui bahwa Anda telah membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan Livin' ini, termasuk hak dan kewajiban Anda termasuk dan tidak terbatas pada manfaat dan risiko aplikasi Livin'.

  14. N. Force Majeure

    Bank Mandiri tidak akan bertanggung jawab dengan cara apa pun apabila Bank Mandiri tidak dapat melaksanakan perintah dari Anda baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan Bank Mandiri termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, dan/atau kebijakan pemerintah.

  15. O. Dokumentasi dan Penyampaian Informasi/Promosi

    1. Manfaat, biaya, risiko, serta Syarat dan Ketentuan Livin' dari waktu ke waktu dan sewaktu-waktu dapat dimodifikasi, dihapus, atau diganti atas kebijakan Bank Mandiri. Setiap perubahan akan diinformasikan kepada Anda antara lain dengan prosedur:
      1. Permintaan persetujuan Anda. Dalam hal ini, perubahan tersebut akan berlaku efektif setelah Anda memberikan persetujuan; atau
      2. Penginformasian oleh Bank Mandiri dalam 30 (tiga puluh) hari kerja, atau sesuai jangka waktu yang ditetapkan oleh peraturan, sebelum perubahan berlaku efektif. Dalam hal ini, jika dalam jangka waktu tersebut Anda tidak mengajukan keberatan, maka Anda dianggap menyetujui perubahan tersebut dan Anda berhak menghentikan penggunaan aplikasi Livin' apabila tidak setuju atas perubahan tersebut.
    2. Khusus informasi yang diatur sebagai rahasia bank, sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan terkait perbankan, hanya Bank Mandiri sampaikan kepada Anda dan oleh karenanya Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas segala tuntutan yang mungkin timbul dari pihak mana pun sebagai akibat penyalahgunaan dan kebocoran informasi tersebut, kecuali dapat dibuktikan bahwa hal tersebut merupakan kesalahan Bank Mandiri.
    3. Anda memahami dan menyetujui bahwa terkait penggunaan fitur tertentu, Bank Mandiri dapat menyampaikan data Anda kepada pihak ketiga yang bekerja sama dengan Bank Mandiri, termasuk namun tidak terbatas pada instansi yang berwenang, untuk kepentingan:
      1. Penawaran produk dan/atau jasa Bank Mandiri dan/atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan Bank Mandiri melalui aplikasi Livin'.
      2. Aktivitas investasi yang Anda lakukan di Bank Mandiri, termasuk namun tidak terbatas pada menghubungkan akun perusahaan efek Anda dan/atau menampilkan informasi portofolio investasi Anda di aplikasi Livin'.
      3. Menghubungkan akun dompet digital Anda dengan akun aplikasi Livin' Anda guna menampilkan informasi saldo dan/atau top up dompet digital.
    4. Anda memahami dan menyetujui bahwa Bank Mandiri dapat mengirimkan informasi transaksi dan promosi produk melalui aplikasi Livin' untuk kenyamanan Anda.
    5. Apabila terdapat pertanyaan dan/atau keluhan, Anda dapat menghubungi Bank Mandiri melalui Mandiri Call 14000, kantor cabang Bank Mandiri terdekat, email ke mandiricare@bankmandiri.co.id, twitter @mandiricare, aplikasi Livin', atau kanal lain yang disediakan oleh Bank Mandiri.
    6. Penanganan pertanyaan dan/atau keluhan Anda akan dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku di Bank Mandiri.