Valas - Cara Buka Rekening Valas R21

Livin'   /   Edukasi   /  Valas   /  Buka Rekening Valas

 Cara Buka Rekening Valas di Livin' by Mandiri

Temukan segala kemudahan transaksi finansial di Livin'. Dan pelajari cara penggunaannya di sini.

Cara Buka Rekening Valas

1

 

Pada halaman Beranda Pilih Produk Anda

2

 

Pilih Banner Buka Tabungan Baru

3

 

Pilih Buka Sekarang pada halaman pilihan produk tabungan untuk buka Tabungan Valas

4

 

Masuk halaman produk detail tabungan valas dan pilih 'Lanjutkan'. Jika memiliki kode referral, dapat mengisi pada field 'Isi Kode Referral (Jika Ada)'

5

 

Klik button 'Saya Juga Memiliki Kode Cabang' jika ingin mengisi kode cabang

6

 

Masuk halaman Syarat dan Ketentuan buka rekening valas dan pilih ‘Saya Setuju’

7

 

Masuk halaman Pilih Mata Uang asing yang tersedia dan klik ‘Pilih’ untuk melanjutkan pembukaan rekening valas

8

 

Tampil layar konfirmasi pembukaan rekening valas utama (Main) atau rekening valas tambahan (Sub)

9

 

Pilih Ambil Selfie untuk verifikasi wajah

10

 

Lakukan verifikasi wajah dengan memposisikan wajah dalam bingkai dan kedipkan mata

11

 

Verifikasi Berhasil

12

 

Tampil layar setoran awal untuk rekening valas utama (Main) dan rekening valas tambahan (Sub)

13

 

Tampil overlay Konfirmasi Setoran Awal

14

 

Masukkan PIN Livin

15

 

Tampil result pembukaan rekening valas

16

 

Tampil overlay Hubungkan ke Kartu

17

 

Pilih Kartu untuk dihubungkan (Maksimal 1 Virtual dan 1 Fisik)

18

 

Masukkan PIN Livin

19

 

Result sukses menghubungkan ke kartu Fisik dan kartu Virtual

20

 

Tampil overlay Aktivasi Debit Multicurrency (Transaksi Luar Negeri dengan Rekening Valas)

21

 

Pilih kartu yang ingin diaktifkan Transaksi Luar Negeri (jika menghubungkan ke 1 kartu fisik dan 1 kartu virtual)

FAQ Valas - Cara Buka Rekening Valas R21

Frequently Asked Questions (FAQs)

Merupakan fitur Pembukaan rekening Valuta Asing (Valas) dengan pilihan 15 mata uang dengan produk Tabungan Multicurrency (Multiccy) untuk Nasabah existing to bank yang telah memiliki rekening rupiah Bank Mandiri.

Nasabah dapat melakukan pembukaan rekening Valas kapanpun di Livin’. 

Tidak ada biaya tambahan yang dikenakan kepada Nasabah yang melakukan pembukaan rekening valas di Livin' by Mandiri. Akan tetapi, terdapat biaya administrasi rekening bulanan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. 

Pada proses pembukaan rekening melalui Livin' by Mandiri, Nasabah tidak diwajibkan melakukan pengisian kembali data dirinya. Verifikasi KYC akan dilakukan dengan cara Face Verification dan PIN Livin’ by Mandiri untuk memastikan Nasabah yang melakukan pembukaan rekening adalah Nasabah genuine (asli). 

Dalam satu set Tabungan Multicurrency  terdiri dari 1 (satu) rekening Main Account dan beberapa rekening Sub Account.  Main Account adalah rekening Tabungan Multicurrency yang pertama kali dibuka oleh nasabah atau rekening Tabungan Multicurrency dengan jenis mata uang yang sudah dimiliki, sedangkan Sub Account adalah rekening Tabungan Multicurrency dengan mata uang yang berbeda dengan yang sudah dimiliki. Biaya-biaya pengelolaan rekening Tabungan Multicurrency hanya akan dibebankan ke Main Account, sedangkan untuk Sub Account tidak dibebankan biaya pengelolaan rekening kecuali biaya pencetakan rekening koran on demand. 

Rekening Main Account rekening Tabungan Multicurrency akan terbentuk apabila Nasabah memenuhi salah satu kondisi berikut: 

  • Nasabah telah mempunyai rekening Valas dengan mata uang yang sama, atau  

  • Nasabah belum mempunyai rekening Main Account, atau 

  • Kuota rekening Sub Account telah mencapai batas maksimal (saat ini maksimum 14 rekening Sub Account). 

Rekening Sub Account rekening Tabungan Multicurrency akan terbentuk apabila Nasabah memenuhi seluruh kondisi berikut: 

  • Nasabah belum mempunyai rekening dengan mata uang yang sama, dan 

  • Nasabah mempunyai rekening Main Account dengan status Active atau New Today dengan saldo, dan 

  • Nasabah masih memiliki kuota rekening Sub Account (belum mencapai batas maksimal) 

Untuk dapat melakukan pembukaan rekening Tabungan Multicurrency, terdapat beberapa hal yang harus dipastikan: 

  • Nasabah sudah memiliki rekening IDR yang bukan rekening dengan product code yang tidak boleh bertransaksi di Livin’, bukan rekening joint berbentuk “AND” dan “OR”, dan memiliki status new today yang memiliki saldo > IDR 0 atau status active. 

  • Nasabah tidak memiliki rekening dengan status restricted atau frozen. 

  • Nasabah tidak memiliki rekening Tabungan Multicurrency Main Account dengan status new today (4) saldo 0 (nol). 

  • Nasabah masih memiliki kuota rekening Tabungan Multicurrency untuk suatu mata uang. 

  • Tidak dalam kondisi dimana seluruh rekening Tabungan Multicurrency Main Account yang dimiliki berstatus dormant. 

Untuk dapat memilih suatu mata uang, pastikan Nasabah masih memiliki kuota rekening untuk mata uang yang akan dipilih. Kuota rekening untuk masing-masing mata uang adalah 3 (tiga) rekening (dapat berubah sesuai dengan kebijakan yang berlaku). 

Nasabah dapat melakukan pembukaan rekening valas dengan langsung setor atau setor nanti saat rekening sudah terbentuk. Namun apabila nasabah tidak melakukan setoran awal untuk Main Account hingga 90 hari kalender atau untuk Sub Account hingga 180 hari kalender terhitung sejak rekening terbentuk, maka rekening tersebut akan ditutup 

Nasabah tidak akan mendapatkan buku tabungan. Untuk informasi mutasi rekening dapat dilihat melalui aplikasi Livin’ by Mandiri. Nasabah juga dapat memperoleh e-statement melalui email setiap bulan dan detail rekening di aplikasi Livin’ by Mandiri. 

Setelah proses pembukaan rekening maka Nasabah dapat melihat nomor rekening pada halaman Hasil Pembukaan Rekening Berhasil. Informasi perihal nomor rekening juga akan diterima melalui Inbox pada Livin’ by Mandiri dan dikirimkan ke email Nasabah yang terdaftar pada Livin’ by Mandiri. Selain itu, Nasabah juga dapat melihat informasi rekening di halaman Beranda pada bagian “Tabungan dan Deposito”.  

Terdapat beberapa kemungkinan sebagai berikut. 

  • Nasabah memiliki rekening dengan status restricted atau frozen sehingga Nasabah belum bisa membuat rekening baru. Nasabah dapat membuka blokir rekening tersebut melalui cabang Bank Mandiri.  

  • Nasabah tidak memiliki rekening mata uang Rupiah aktif di Bank Mandiri. Nasabah dapat membuka rekening Rupiah terlebih dahulu melalui Livin’ by Mandiri maupun cabang Bank Mandiri. 

  • Semua rekening Valas Main Account Nasabah dalam status dormant atau pasif. Nasabah dapat melakukan aktivasi tabungan terlebih dahulu melalui cabang Bank Mandiri. 

  • Nasabah mempunyai rekening Valas Main Account yang berstatus New Today dengan saldo nol. Untuk dapat membuka rekening Valas yang baru, Nasabah perlu menyetor terlebih dahulu.  

  • Jumlah rekening Valas Nasabah sudah mencapai batas maksimal untuk setiap mata uang. 

  • Tidak ada mata uang yang tersedia karena semua mata uang di back office dalam status OFF. Nasabah dapat mencoba membuka kembali ketika status mata uang sudah ON kembali. 

Nasabah dapat memilih untuk melakukan salah satu hal berikut:  

  • Nasabah dapat membatalkan pembukaan rekening valas dengan klik tombol ‘Kembali’, atau  

  • Nasabah dapat lanjut membuka rekening valas tanpa setoran awal dengan klik tombol ‘Lanjutkan Tanpa Setor’. 

Terdapat beberapa kemungkinan sebagai berikut apabila Nasabah tidak dapat menghubungkan rekening valas ke kartu debit:  

  • Jenis kartu debit Nasabah tidak dapat dihubungkan ke jenis rekening dari Tabungan Multicurrency. Nasabah dapat melakukan request kartu debit baru melalui Livin’ by Mandiri atau cabang Bank Mandiri.

  • Kuota rekening terhubung pada Kartu debit Nasabah telah mencapai jumlah maksimal. Nasabah dapat mengatur rekening terhubung di Livin’ by Mandiri pada Menu Card Control.  

  • Kartu debit Nasabah terhubung dengan rekening berstatus selain active dan new today. Nasabah dapat mengatur rekening terhubung di Livin’ by Mandiri pada Menu Card Control. 

Kemungkinan Nasabah menghubungkan rekening valas ke kartu debit yang tidak dapat digunakan untuk transaksi luar negeri (Debit GPN). Apabila Nasabah ingin mengaktifkan transaksi luar negeri untuk rekening valas, Nasabah dapat menghubungkan rekening valas ke kartu VISA. 

Untuk dapat langsung diarahkan ke halaman Produk Detail Tabungan Multicurrency, Nasabah harus sudah menginstall Livin’ sebelumnya. Setelah scan QR atau klik link referral, Nasabah perlu login Livin’ (jika belum login) dan akan diarahkan ke halaman Produk Detail Tabungan Multicurrency. 

Pastikan koneksi internet Nasabah stabil sehingga value kode referral atau kode cabang yang ada di QR maupun link bisa terbawa.  

Di mana pun, kapan pun, apa pun device kamu,

Download Aplikasi Livin’ by Mandiri

Dan dapatkan kemudahan dalam segala urusan finansial sekarang

Aplikasi Livin Mandiri