Livin - QRIS Tap
R21 Content QRIS-Tap
Tinggal Tap! Pelajari Cara Transaksi dengan QRIS Tap di Livin' by Mandiri
Nikmati cara bertransaksi baru yang cepat dan praktis. Lihat seluruh panduan lengkap penggunaan QRIS Tap, mulai dari cara mengaktifkan NFC di handphone Android-mu, cara bayar di merchant, dan cara pembayaran saat naik transportasi umum di sini.
Cara aktifkan NFC dan set default QRIS Tap
Pilih menu QRIS Tap
Masukkan PIN Livin’
Sebelum melanjutkan, pastikan NFC di handphone aktif
Masuk ke menu pengaturan di handphone untuk mengaktifkan NFC
Tekan tombol untuk aktifkan
Ikuti petunjuk yang muncul di layar
QRIS Tap siap digunakan untuk transaksi
Cara pembayaran Qris Tap di merchant
Pilih Login
Masuk ke Livin’ menggunakan sidik jari
Pilih menu Lihat Semua
Pilih menu QRIS Tap
Masukkan PIN Livin’
Ikuti petunjuk yang muncul di layar handphone dengan tap handphone ke mesin pembayaran
Konfirmasi status pembayaran di gerai atau merchant
Konfirmasi status pembayaran di gerai atau merchant
Cara Pembayaran Qris Tap di Moda Transportasi
Saat Tap di Titik Keberangkatan
Pilih Login
Verifikasi menggunakan sidik jari
Pilih menu berlogo QRIS yang terletak di tengah layar
Pilih menu QRIS Tap
Masukkan PIN Livin’
Ikuti petunjuk yang muncul di layar handphone, lalu tap handphone ke mesin pembayaran
Setelah Tap Berhasil, dana akan ditahan sementara. Cek status transaksi di mesin pembayaran
Terima notifikasi dana tertahan dari sumber dana yang digunakan
Cek detail penarikan dana dan nominal tertahan dengan masuk ke menu Inbox
Saat Tap di Titik Kedatangan
Pilih Login
Login dengan sidik jari
Pilih menu QRIS yang berada di tengah layar
Pilih QRIS Tap
Masukkan PIN Livin’
Saat tap out, ikuti lagi petunjuk yang muncul di layar handphone dengan tap handphone ke mesin pembayaran
Anda akan menerima notifikasi saat pembayaran berhasil
Cek Resi untuk biaya perjalanan dan nominal yang dikembalikan
R21 FAQ QRIS TAP FIX
Frequently Asked Questions (FAQs)
Pengenalan
QRIS Tap berbasis NFC merupakan salah satu fitur pada aplikasi New Livin’ by Mandiri yang memungkinkan Nasabah untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan metode NFC pada mesin pembayaran.
Saat ini, fitur QRIS Tap berbasis NFC hanya dapat digunakan pada perangkat OS Android termasuk Huawei yang memiliki fitur NFC.
-
Nasabah dapat melakukan transaksi secara cepat dan mudah dengan mendekatkan smartphone (Tap) ke mesin pembayaran yang menyediakan teknologi NFC
-
Nasabah dapat memilih untuk membayar menggunakan berbagai pilihan sumber dana yang tersedia di New Livin by Mandiri, baik rekening maupun kartu kredit
Pembayaran menggunakan QRIS Tap berbasis NFC dapat dilakukan di merchant yang memiliki mesin pembayaran dan telah mengaktifkan menu QRIS Tap, serta gerbang transportasi yang menerima pembayaran QRIS Tap.
Untuk saat ini, yaitu:
-
Casa Tabungan & Giro
-
Kartu Kredit
Serta sumber dana lain yang dapat dikembangkan di kemudian hari
Nasabah dapat mengakses fitur QRIS Tap berbasis NFC melalui menu QRIS Tap di halaman sebelum login, maupun menu QRIS Tap dan QRIS di halaman setelah login (homescreen).
-
Single Tap
Nasabah dapat melakukan transaksi QRIS tap berbasis NFC dengan melakukan tap satu kali pada mesin pembayaran transportasi maupun parkir yang telah mengaktifkan menu QRIS Tap
-
Dual Tap (Tap In Tap Out)
Nasabah dapat melakukan transaksi QRIS tap berbasis NFC dengan melakukan Tap In pada gate masuk dan Tap Out pada gate keluar moda transportasi maupun mesin pembayaran parkir yang telah mengimplementasikan metode QRIS tap dual tap.
Pada proses Tap In, dana nasabah akan ditahan sebesar tarif perjalanan terjauh atau sesuai ketentuan yang berlaku pada merchant. Kemudian, pada proses Tap Out, dana tertahan nasabah akan dikembalikan dan nasabah akan didebet sebesar tarif perjalanan atau periode parkir yang berlaku.
Ya, ketika nasabah mengakses fitur QRIS Tap berbasis NFC, terdapat pengecekan ketersediaan saldo atau limit sumber dana nasabah.
Jika saldo atau limit sumber dana nasabah mencukupi, maka nasabah dapat langsung menggunakan fitur QRIS Tap berbasis NFC untuk bertransaksi. Namun, apabila saldo atau limit nasabah tidak mencukupi, maka nasabah perlu menggantinya ke sumber dana yang memiliki saldo atau limit yang cukup untuk dapat melanjutkan transaksi menggunakan fitur QRIS tap berbasis NFC.
-
Nasabah akses menu QRIS Tap pada halaman sebelum login ataupun setelah login
-
Masukkan EPIN
-
Setelah muncul halaman QRIS Tap (layar biru), dekatkan smartphone pada mesin pembayaran
-
Pembayaran berhasil dan nasabah akan menerima resi di Livin’
Nasabah dapat bertransaksi QRIS tap berbasis NFC dengan melakukan proses Tap In (hold amount) dan Tap Out (release and completion amount) pada gerbang transportasi atau mesin pembayaran parkir yang telah mendukung metode QRIS Tap In Tap Out.
-
Tap in (Hold amount)
- Nasabah akses menu QRIS Tap pada halaman sebelum login ataupun setelah login
- Masukkan EPIN
- Setelah muncul halaman QRIS Tap (layar biru), dekatkan smartphone pada mesin pembayaran di gerbang masuk transportasi atau parkir
- Proses Tap In (hold amount) berhasil. Dana nasabah akan ditahan sebesar tarif terjauh perjalanan transportasi atau sesuai ketentuan yang berlaku pada merchant, serta terdapat notifikasi mengenai status hold amount pada Inbox Livin’.
-
Tap Out (Release and Completion)
- Nasabah akses menu QRIS Tap pada halaman sebelum login ataupun setelah login
- Masukkan EPIN
- Setelah muncul halaman QRIS Tap (layar biru), dekatkan smartphone pada mesin pembayaran di gerbang keluar transportasi atau parkir
- Proses Tap Out (release and completion) berhasil. Dana tertahan nasabah akan dikembalikan, kemudian nasabah akan didebet sebesar tarif perjalanan atau periode parkir yang berlaku, serta terdapat notifikasi mengenai status akhir transaksi pada Livin’.
Ketentuan & Biaya
Ya, transaksi QR Payment dengan menggunakan sumber dana kartu kredit dapat dicicil sesuai dengan ketentuan minimal transaksi yang berlaku dengan menggunakan kartu kredit.
Tidak ada biaya tambahan yang dikenakan kepada Nasabah yang bertransaksi menggunakan QRIS Tap berbasis NFC di New Livin’ by Mandiri.
Limit transaksi QRIS Tap berbasis NFC adalah sebesar Rp10 juta/transaksi dengan limit total harian sebesar Rp10 juta.
Limit transaksi QRIS Tap berbasis NFC adalah sebesar Rp10 juta/transaksi dengan limit total harian sebesar Rp10 juta.
Limit transaksi QRIS Tap berbasis NFC adalah sebesar Rp10 juta/transaksi dengan limit total harian sebesar Rp10 juta.
Risiko & Kendala
Untuk dapat bertransaksi menggunakan QRIS Tap berbasis NFC di aplikasi New Livin’ by Mandiri, terdapat beberapa hal yang harus dipastikan :
-
Nasabah harus memastikan Smartphone yang dimiliki terhubung dengan jaringan dan koneksi internet yang stabil.
-
Jika Nasabah menggunakan jaringan wifi, pastikan perangkat terhubung dengan wifi. Jika Nasabah menggunakan jaringan seluler, pastikan paket data yang dimiliki mencukupi dan jaringan stabil.
-
Pastikan Saldo/Limit nasabah mencukupi
-
Pastikan smartphone nasabah memiliki NFC Aktif
-
Pastikan pengaturan default contactless pada smartphone nasabah diarahkan ke aplikasi New Livin’ by Mandiri
Ya, nasabah bisa meminta refund ke merchant atas kesepakatan nasabah dan merchant.
Nasabah dapat langsung menghubungi merchant, 14000 atau Cabang Mandiri terdekat.
Nasabah dapat menghubungi 14000, email ke mandiricare@bankmandiri.co.id dan datang ke cabang terdekat untuk proses pengajuan pengembalian dana.
SLA dari pengaduan hingga pengembalian dana ke nasabah adalah maksimum 10 hari kerja.
-
Kegagalan sistem dalam menjalankan transaksi QRIS Tap berbasis NFC
-
Bank Mandiri dapat menghentikan sementara sumber dana yang digunakan oleh Nasabah untuk bertransaksi menggunakan QRIS Tap berbasis NFC berdasarkan pertimbangan Bank terhadap risiko sumber dana.