Terms and Conditions e-money

Syarat dan Ketentuan Mandiri e-money

Syarat dan Ketentuan Mandiri e-money
Penggunaan Mandiri e-Money

  • mandiri e-money milik Bank dan atas permintaan Bank kepada Pemegang Kartu, wajib segera mengembalikan mandiri e-money kepada Bank tanpa syarat.
  • Bank tidak berkewajiban untuk mengganti kerugian akibat kartu yang rusak karena kelalaian Pemegang Kartu, hilang, dicuri atau digunakan oleh pihak yang tidak berwenang dan Bank tidak akan mengganti kartu yang hilang dengan kartu yang baru.
  • Saldo yang terdapat pada mandiri e-money bukan merupakan simpanan dan tidak termasuk dalam program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  • Pemegang Kartu berhak menggunakan kartunya untuk bertransaksi sebatas saldo yang tersimpan di dalam mandiri e-money dan tidak akan menggunakan atau mencoba menggunakan mandiri e-money untuk transaksi melebihi saldo yang ada di dalam mandiri e-money.
  • Batas maksimal transaksi isi ulang mandiri e-money yang dilakukan oleh Pemegang Kartu adalah sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) setiap bulan.
  • Pemegang Kartu bertanggung jawab sepenuhnya atas penyimpanan, pengamanan dan penggunaan mandiri e-money.
  • Pemegang Kartu harus mematuhi prosedur, instruksi panduan dan/atau pedoman yang ditetapkan oleh Bank dari waktu ke waktu
  • Pemegang Kartu tidak diperkenankan merusak, memanipulasi, meng-copy dan/atau mengubah mandiri e-money baik fisik maupun isi dan/atau data kartu
  • Pemegang Kartu bertanggung jawab dan wajib segera melaporkan kepada Bank apabila terjadi penggandaan (cloning) dan penggunaan oleh pihak yang tidak berwenang untuk bertransaksi dan/atau mengubah (fisik dan/atau isi/data) mandiri e-money. Penggunaan oleh pihak yang tidak berwenang dapat berupa penggunaan untuk bertransaksi atau mengisi nominal pada pihak yang tidak ditunjuk secara tertulis oleh Bank.
  • Dalam hal kehilangan kartu, Bank tidak akan melakukan pemblokiran, tidak mengganti fisik kartu dan Bank tidak mengembalikan saldo.
  • Apabila mandiri e-money rusak, Bank tidak melakukan pemblokiran, tidak mengganti fisik kartu namun Bank mengembalikan saldo.
  • Pencantuman nama dan/atau tanda(-tanda) apapun pada mandiri e-money, bukan merupakan penunjuk/bukti keabsahan kepemilikan mandiri e-money
  • Bank berhak secara sepihak menghentikan atau menangguhkan pelayanan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pemegang Kartu apabila terjadi hal-hal sebagai berikut:
    • Teknis
      • Jika terjadi gangguan teknis pada jaringan (network)
      • Jaringan (network) sedang dilakukan peningkatan, perubahan dan/atau pemeliharaan (being upgraded, modified and/or maintained)
    • Non Teknis
      • Jaringan (network) dan/atau mandiri e-money terindikasi digunakan untuk kejahatan atau kegiatan yang bertujuan melanggar hukum dengan akibat terjadi kerusakan atau gangguan terhadap jaringan (network) dan/atau mandiri e-money, yang dilakukan namun tidak terbatas oleh merchant, mitra dan/atau Pemegang Kartu.

Masa Berlaku Kartu Mandiri e-money

mandiri e-money tidak memiliki Batasan masa berlaku.

Penutupan Kartu Mandiri e-money

  • Penutupan mandiri e-money dapat terjadi, apabila berlaku hal-hal sebagai berikut:
  1. Ditutup oleh Bank akibat tidak dipenuhinya hal-hal yang seharusnya dilakukan atau tidak dilakukan oleh Pemegang Kartu seperti tersebut pada butir (satu) syarat dan ketentuan umum ini; atau
  2. Atas permintaan Pemegang Kartu dengan alasan:
    • Kartu rusak, atau
    • Pemegang Kartu mengajukan permohonan redemption untuk mengakhiri penggunaan mandiri e-money.
  • Apabila Pemegang Kartu bermaksud mengakhiri penggunaan mandiri e-money, Pemegang Kartu wajib memberitahukan secara tertulis dalam bentuk dan isi yang dapat diterima Bank dan Pemegang Kartu segera mengembalikan mandiri e-money kepada Bank. Selanjutnya Bank akan menghentikan kartu atas dasa pemberitahuan tertulis dimaksud.
  • Pemegang Kartu dapat mengajukan permintaan penutupan kartu setiap saat dengan mengisi Formulir Permintaan dan Keluhan atau formulir lainnya yang ditetapkan oleh Bank dan menyerahkan kepada Petugas Cabang yang ditunjuk.
  • Apabila dalam mandiri e-money yang akan ditutup masih terdapat saldo, maka Bank akan mengembalikan saldo kartu tersebut sesuai catatan Bank.
  • Apabila permintaan Pemegang Kartu untuk penutupan dan pengembalian saldo mandiri e-money disetujui Bank, maka saldo, atas permintaan Pemegang Kartu, akan dikreditkan ke rekening tabungan/giro Pemegang Kartu atau dibayar tunai

Redemption

Pemegang Kartu dapat mengajukan redemption/pengembalian saldo mandiri e-money ke cabang Bank Mandiri terdekat tanpa dikenakan biaya administrasi.

Penyelesaian Sengketa (Dispute) Transaksi Mandiri e-money

Penyelesaian Sengkera (Dispute) Transaksi mandiri e-money

  • Dalam hal terdapat pertanyaan atau sengketa/dispute transaksi kartu maka Pemegang Kartu dapat mengajukan keluhan baik secara tertulis dan/atau lisan ke call center Bank Mandiri dan mandiri call 14000 atau Cabang Bank Mandiri terdekat.
  • Pemegang Kartu mengajukan keluhan atas dispute transaksi maksimal 30 (tiga puluh) hari kerja dari tanggal transaksi.
  • Dalam hal pengajuan keluhan dilakukan secara tertulis, Pemegang Kartu wajib melampirkan copy bukti-bukti transaksi dan bukti lainnya untuk mendukung pengaduan.
  • Bank akan melakukan pemeriksaan/investigasi atas pengaduan Pemegang Kartu.
  • Apabila dari hasil pengecekan Bank telah sesuai dengan pengaduan Pemegang Kartu maka akan dilakukan pengkreditan ke rekening tabungan/giro Pemegang Kartu dan/atau dibayar tunai.
  • Apabila dari hasil pengecekan Bank tidak sesuai dengan pengaduan Pemegang Kartu, akan diinformasikan ke Pemegang Kartu dengan cara penyampaian yang ditentukan oleh Bank.
  • Sengketa (dispute) atas transaksi mandiri e-money akan diselesaikan maksimal 14 (empat belas) hari kerja.

Batas Pertanggungjawaban (Liability)

  • Bank dan seluruh pejabat, pegawai, dan Mitra terkait tidak dapt dimintai pertanggungjawaban oleh Pemegang Kartu atau pihak manapun yang mengajukan tuntutan atas hal-hal sebagai berikut:
  1. Kehilangan kartu oleh Pemegang Kartu.
  2. Kerusakan kartu akibat kecerobohan Pemegang Kartu dan/atau tidak menggunakan dan menempatkan Kartu sesuai petunjuk penggunaan.
  3. Kerugian sejumlah nilai uang dalam kartu akibat penggunaan transaksi pembayaran yang tidak benar.
  4. Kartu yang digunakan oleh pihak yang tidak berwenang dan/atau hasil penggandaan (cloning).
  • Dengan tidak membatasi hal-hal yang diatur dalam butir di atas. Bank berikut pejabat, pegawai dan Mitra tidak bertanggung jawab atas tuntutan/klaim mengenai:
  1. Segala kerugian atau kerusakan karena tidak beroperasinya sistem akibat bencana alam, banjir, perang, pemberontakan, hura-hura, atau kerusuhan umum, pemogokan umum, demonstrasi umum dan/atau hal-hal diluar kuasa lainnya.
  2. Segala kerugian atau kehilangan dan karena penggunaan kartu oleh pihak yang tidak berwenang.

Kerahasiaan Informasi Pemegang Kartu

  • Keamanan informasi pribadi Pemegang Kartu akan dilindungi oleh Bank dengan cara menjaga keamanan fisik, elektronik dan prosedur sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  • Ketika Bank menggunakan jasa perusahaan lain untuk menyediakan layanan bagi Bank, Bank mewajibkan mereka untuk melindungi kerahasiaan informasi Pemegang Kartu

Hukum yang Berlaku dan Domisili

  • Syarat dan Ketentuan mengenai penggunaan mandiri e-money ini tunduk pada hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesi
  • Berkenaan dengan Syarat dan Ketentuan mengenai penggunaan mandiri e-money dan segala akibatnya, Bank dan Pemegang Kartu setuju untuk memilih tempat kediaman hukum di tempat Pemegang Kartu membeli kartu perdana mandiri e-money.
  • Dalam hal terjadi perselisihan maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah dan apabila tidak tercapai kesepakatan, maka para pihak sepakat untuk menyelesaikannya melalui Pengadilan Negeri sesuai domisili tergugat.

Lain-lain

  • Syarat-Syarat dan Ketentuan Umum mandiri e-money, termasuk jenis/bentuk layanan setiap saat dapat diubah oleh Bank tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pemegang Kartu.
  • Atas perubahan, penambahan atau penggantian Syarat dan Ketentuan mengenai Penggunaan mandiri e-money tersebut tetap akan mengikat Pemegang Kartu.
  • Perubahan, penggantian dan/atau penambahan tersebut dilakukan melalui:
  1. Pemberitahuan yang ditempel pada Cabang Bank atau counter;
  2. Diumumkan melalui website Bank (www.bankmandiri.co.id);
  3. Diumumkan melalui media cetak dan/atau elektronik; dan/atau
  4. Media lain yang ditentukan kemudian
  • Seluruh jenis dan besarnya biaya dapat berubah sewaktu-waktu melalui pemberitahuan atau pengumuman.
  • Hal-hal yang berkaitan dengan Pengaduan dan Permintaan Informasi dapat dilakukan melalui mandiri call 14000 atau website dengan alamat www.bankmandiri.co.id.