WC - Panduan Jawaban Mandiri Cash Management 2.0 Januari 2020

Panduan Jawaban Mandiri Cash Management 2.0 Januari 2020

Informasi Umum

Apakah Mandiri Cash Management 2.0 (MCM 2.0)?

Merupakan aplikasi elektronik berbasis internet yang ditujukan kepada perusahaan segmen wholesale untuk melakukan aktivitas keuangannya. Dengan menggunakan jaringan koneksi yang aman, mcm 2.0 memberikan kemudahan bagi nasabah untuk pemantauan rekening bank dan melakukan berbagai jenis transaksi keuangan yang dapat diakses melalui https://mcm2.bankmandiri.co.id/. MCM 2.0 merupakan generasi kedua Cash Management Bank Mandiri setelah MCM.

Apakah manfaat Mandiri Cash Management 2.0 (MCM 2.0)?

  • Fleksibilitas dan efisiensi waktu: Proses transaksi perbankan secara realtime online.
  • Keamanan transaksi: Proses pembuatan dan otorisasi transaksi dilakukan secara berjenjang.
  • Penyimpanan data secara elektronik: Kemudahan dalam pemantauan dan pengarsipan data finansial.

Siapakah yang bisa menggunakan MCM 2.0?

Semua nasabah wholesale Bank Mandiri:

  • Corporate Banking
  • Government & Institutional Banking
  • International Banking and Financial Institution
  • Commercial Banking
  • Small & Medium Enterprise (SME yang memiliki badan usaha)

Bagaimana cara mendaftar layanan MCM 2.0?

  • Menghubungi tim sales Transaction Banking Wholesale Bank Mandiri, atau
  • Menghubungi cabang atau tim Transaction Banking Region pada masing-masing wilayah di Bank Mandiri

Fitur Layanan MCM 2.0

Apa saja fitur layanan MCM 2.0?

  • Dashboard
    Menu di halaman home screen setelah anda login, yang dapat diatur sesuai keinginan user seperti menu yang sering diakses, overview status transaksi kalender, news dll.

    Tampilan dashboard dapat di customized sesuai keinginan masing-masing user dengan menekan "Customize Dashboard" pada sebelah kanan layar dashboard.
  • Account
    Berisi sub menu terkait informasi rekening yang telah di daftarkan di MCM 2.0 seperti Account List, Today’s Balance, Balance History, Account Statement, Advice Printing.
    • Apa itu Account List?
      Fitur untuk melihat keseluruhan account yang sudah terdaftar
    • Jenis rekening apa saja yang dapat di daftarkan di MCM 2.0?
      • Giro
      • Tabungan
      • Pinjaman
      • Deposito
    • Apa itu Today's Balance?
      Menu untuk meilhat posisi saldo hari ini
    • Apa itu Balance History?
      Menu ini digunakan untuk melihat posisi saldo pada periode tertentu (maksimal 12 bulan dengan periode inquiry 1 bulan)
    • Apa itu Account Statement (Rekening Koran)?
      Menu ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melihat dan mengunduh rekening koran hari ini atau hari sebelum-sebelumnya dari masing-masing rekening yang terdaftar di MCM baik dalam format cetak maupun MT940.
    • Berapa lama data yang dapat ditampilkan di Account Statement MCM 2.0?
      Maksimal data yang dapat ditampilakan 6 bulan kebelakang.
    • Apakah Account Statement bisa didownload?
      Account statement dapat dilihat pada website dan dapat di-download dalam format MT940 (History), PDF, CSV dan XLS. Pencarian bisa dilakukan berdasarkan tanggal.
    • Apa itu Rekening koran bulanan (Monthly Account Statement)?
      Menu ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melihat dan mengunduh rekening korandari masing-masing rekening yang terdaftar di MCM secara bulanan dengan maksimal periode selama 12 bulan
    • Apakah Report Overview itu?
      Menu ini memudahkan user untuk mengetahui file laporan yang sudah di download. Selain melalui menu Report Overview, anda dapat juga mengakses Report Overview dengan klik logo download di kanan atas layar
    • Apakah fungsi Advice Printing?
      Menu ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan pencetakan dan pengiriman advis sebagai notifikasi transaksi tertulis bagi pihak ketiga (counterparty)
  • Transfer
    • Apa itu Transaction Overview?
      Fitur untuk melihat summary transaksi yang telah dibuat dan status transaksi tersebut
    • Apa itu Single Transfer to Mandiri?
      Layanan ini memberi kemudahan bagi Anda untuk melakukan aktifitas transfer dana antar rekening Bank Mandiri, baik rekening kelolaan perusahaan yang terdaftar di MCM (on behalf account) maupun rekening pihak ke-3 (3rd party account)
    • Apa itu Transfer ke bank lain (Single Transfer to Other Bank)?
      Layanan ini memberi kemudahan bagi Anda untuk melakukan aktifitas transfer dana ke rekening Bank lain baik domestik maupun luar negeri, terdapat beberapa pilihan jenis metode yaitu:
      • Online: transfer ke tujuan Bank Domestik dengan mata uang tujuan rupiah, dengan limit transaksi max Rp 50juta/transaksi (per transfer)
      • LLG/ SKN: transfer ke tujuan Bank Domestik dengan mata uang tujuan rupiah, dengan limit max Rp 1Milyar/transaksi (per transfer)
      • RTGS: transfer ke tujuan Bank Domestik dengan mata uang tujuan rupiah, dengan minimum transaksi Rp 100,000,001/transaksi (per transfer)
      • TT: transfer ke tujuan Bank Domestik maupun Luar negeri dengan valuta/ mata uang tujuan Valuta Asing (Non Rupiah)
    • Berapa biaya transaksi Online, SKN/ LLG, RTGS dan TT??
      • Online: biaya transfer Rp 6,500.-/transaksi
      • LLG/ SKN: biaya transfer Rp 3,500.-/transaksi
      • RTGS: biaya transfer Rp 25,000.-/transaksi
      • TT: Provisi (1/8% dari nominal trx, min $5 – max $50), Cable Fee ($5), Correspondent Fee ($25)
    • Apakah saya bisa transfer ke rekening Bank Mandiri pada hari libur?
      Bisa, melalui menu Single transfer to Mandiri, Multiple transfer by manuall input maupun transfer massal (Multiple transfer by file upload
    • Apakah saya bisa transfer ke Bank Lain pada hari libur?
      Transfer ke Bank Lain pada hari libur dapat dilakukan dengan memilih metode transfer ONLINE
    • Apa itu Pembayaran secara manual (Multiple Transfer by Manual Input)?
      Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan mekanisme transfer secara perorangan (one by one) dengan menggunakan pembayaran payroll bisasecara online,clearing,RTGS,E-cash,dan In-house
    • Apa itu Transfer Massal (Multiple Transfer by File Upload)?
      Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan mekanismetransfer secara multiple baik dengan tujuan antar rekening bank mandiri (in-house) atau ke rekening bank lain (other bank)
    • Apa itu Manu Pembayaran Gaji (Payroll Priority dan Multi Service)?
      Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan mekanismetransfer secara multiple baik dengan tujuan antar rekening bank mandiri (in-house) atau ke rekening bank lain (other bank).
    • Bagaimana cara mendapatkan contoh file upload untuk transaksi massal?
      Contoh file upload dan petunjuk pengisian dapat di unduh di "Download Template" di setiap menu upload
    • Jenis File apa saja yang dapat diupload untuk transaksi massal?
      • CSV (comma)
      • TXT (Semicollon)
    • Apakah saya bisa memperbaiki data yang salah di layar MCM 2.0 tanpa upload ulang?
      Bisa, melalui fitu bucket (uploaded file list) anda dapat memperbaiki data yang salah tanpa harus melakukan upload ulang
    • Apakah ada perbedaan antara file upload MCM 2.0 dengan MCM (old)?
      Untuk format file upload Multiple Transfer by File Upload (MTFU) - Separated MCM 2.0 tidak ada perbedaan dengan format Single Mix MCM (old). Sedangkan format file upload MTFU Consolidated dan Payroll MCM 2.0 terdapat perbedaan dengan format Batch Upload dan Payroll MCM (Old), dimana di format MTFU Consolidated dan Payroll MCM 2.0 ada penambahan 3 kolom setelah extended payment detail, yaitu kolom Correspondent Bank, Treasury Code dan Underlying Document Code.
  • Payment
    • Apa itu Single Bill Payment?
      Menu ini memudahkan Anda untuk membayar tagihan dengan memasukkan nomor pelanggan atau nomor lain yang diberikan oleh biller
    • Apa itu Multiple Bill Payment by Manual Input?
      Menu ini memudahkan anda dalam melakukan pembayaran tagihan secara manual
    • Apa itu Bill Payment Overview?
      Menu ini digunakan untuk memperlihatkan daftar biller dimana perusahaan memiliki tagihan. Dengan menu ini Anda dapat langsung melakukan pembayaran atau hanya sekedar melakukan pengecekkan tagihan
    • Apa itu Tax Payment Overview?
      Menu ini mempermudahkan pengguna untuk melihat semua transaksi dalam modul penerimaan negara. Terdapat 2 tipe status pembayar pajak : mengaktifkan ID billing atau pembuatan ID billing, dan status pembayaran pajak. Pengguna dapat melihat 5 catatan transaksi yang dilakukan
    • Apa itu Single tax payment?
      Menu ini mempermudahkan anda untuk melakukan pembayaran pajak dengan create transaksinya satu persatu perinputan
    • Apa itu Mutilple Tax Payment by File Upload?
      Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukanpembayaran pajak secara massal lebih dari satu pembayaran wajib pajak
    • Apa perbedaan antara menu "Tax Payment Inquiry" dengan "Inquiry NTPN"?
      • Tax Payment Inquiry: merupakan menu untuk donwload BPN dan NTPN dari transaksi pajak yang dibayarkan melalui menu Single Tax Payment dan Multiple Tax Payment by File Upload di MCM 2.0
      • Inquiry NTPN: menu untuk download BPN dan NTPN dari transaksi pajak yang dibayarkan melalui channel Bank Mandiri
  • Receivable
    • Apa itu Auto debit?
      layanan untuk mendebit sejumlah dana dari rekening penerima tagihan guna membayar tagihan dari pemilik tagihan berdasarkan persetujuan yang telah ada sebelumnya dari pemilik rekening
    • Apa itu Auto debit overview?
      Summary atau ringkasan transaksi auto debit yang telah di jalankan
  • Liquidity
    • Apa itu Cash Pooling?
      Menu ini mempermudah pengguna untuk menarik dana dari sub rekening ke rekening sumber atau rekening yang dikreditkan dari saldo tertentu dalam sub rekening /kredit
    • Apa itu Cash Distribution?
      Menu ini mempermudah anda dalam mendistribusikan dana ke sub cabang
    • Apa itu Range Balance?
      Menu ini memudahkan pengguna untuk melakukan debet atau credit ke akun tertentu sesuai minimum dan jumlah maksimal yang ditetapkan. Range balance dapat memprioritaskan dengan mengatur sweep prority
    • Apa itu Liquidity Overview?
      Menu ini mempermudah pengguna untuk melihat atau menampilkan tentang cash pooling, cash distribution, dan range balance dengan mengatur rekening utama dan sub rekening yang akan ditampilkan dalam bentuk chart diagram dan tabel
  • Lain - Lain
    • Transaction Status
      Fitur untuk melihat status transaksi yang telah dibuat, Anda dapat melakukan pengecekan transaksi tersebut apakah sudah dilakukan proses maker, approve atau release serta Anda dapat melihat hasil dari transaksi yang telah Anda eksekusi apakah sukses atau gagal.
    • MCM Existing Transaction Status
      Fitur untuk melihat status transaksi Anda pada MCM versi awal, sehingga Anda dapat melakukan pengecekan status transaksinya
    • Token
      Alat otorisasi yang sah yang dugunakan nasabah dalam menjalankan transaksi di MCM 2.0, sebagai pengganti tandatangan.
    • Siapakah yang wajib menggunakan token?
      Dalam setiap melakukan approve transaksi, Approver wajib menggunakan token. Sedangkan untuk releaser dan sysadmin optional bisa menggunakan token atau tidak sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Bantuan Login MCM 2.0

Browser apa saja yang support MCM 2.0?

  • Mozilla Firefox version 69 and higher
  • Google Chrome version 77 and higher
  • Internet Explorer version 11 and higher
  • Opera Browser with latest version

Bagaimana cara login kedalam MCM 2.0?

Anda perlu input 3 informasi berikut:

  • Company ID
  • User
  • Password

Bagaimana jika lupa password?

Anda dapat me-reset password anda sendiri di layar login dengan menekan/ click 'forgot your password' atau 'lupa sandi anda'. Password baru akan terkirim ke alamat email yang terdaftar di MCM 2.0. Atau anda dapat meminta bantuan petugas Bank Mandiri dengan menghubungi 1500-150

Apakah ada ketentuan pembuatan password baru?

Password minimun 6 character dan maximum 10 character, berisi minimal 1 Huruf/Alphabet, berisi minimal 1 Angka/Numeric dan tidak mengandung special character. Kami merekomendasikan kombinasi uppercase dan lowercase

Bagaimana jika user saya still login?

ada beberapa opsi yang dapat anda lakukan:

  • Menghubungi pemegang sysadmin (corporate admin) anda untuk dapat 'force logout' melalui menu user
  • Menghubungi petugas Bank Mandiri di 1500-150 dengan menyebutkan company id dan user anda (jangan pernah menyebutkan password anda termasuk ke petugas Bank Mandiri)
  • Menunggu selama 15 menit, karena otomatis MCM 2.0 akan force logout user anda.

Bagaimana jika user saya ter-lock?

ada beberapa opsi yang dapat anda lakukan:

  • Menghubungi pemegang sysadmin (corporate admin) anda untuk dapat 'unlockt' melalui menu user
  • Menghubungi petugas Bank Mandiri di 1500-150 dengan menyebutkan company id dan user anda (jangan pernah menyebutkan password anda termasuk ke petugas Bank Mandiri)

Bagaimana jika user atau company id saya inactive?

Anda dapat meminta bantuan petugas Bank Mandiri dengan menghubungi 1500-150 (jangan pernah menyebutkan password anda termasuk ke petugas Bank Mandiri)