Mandiri API
Mandiri - API - DCAS
Kembangkan Bisnis Anda Bersama
Mandiri API
Mandiri API memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk mengintegrasikan produk dan layanan perbankan terbaik Bank Mandiri pada platform dan aplikasi Anda secara real time.
Syarat dan Ketentuan Mandiri API

Mulai Pengalaman Keuangan yang Lebih Baik Bersama Mandiri API!
Coba Mandiri API dan perluas peluang bisnis Anda. Lengkapi platform Anda dengan pengalaman finansial terbaik dari Bank Mandiri.
4 langkah mudah untuk menggunakan Mandiri API

Registrasi
Daftarkan akun Anda untuk mengakses dan mencoba Mandiri API.

Select
Temukan API yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Develop
Coba Mandiri API dalam mode sandbox.

Integrate
Integrasikan Mandiri API di platform Anda dengan mode produksi dan selesai!
Jelajahi Galeri Mandiri API
Temukan berbagai manfaat mandiri API sesuai kebutuhan bisnis anda.

Direct Debit
Fasilitas pembayaran online menggunakan Kartu Debit Mandiri

Inhouse Transfer
Transfer uang antar Rekening Mandiri

Top Up E-Money
Top up saldo e-money

Interbank Transfer
Transfer uang dari rekening Mandiri ke rekening bank lain
Explore Our API Gallery
Dapatkan Inspirasi dari Berbagai Pengalaman Penggunaan Mandiri API
Inovasi yang menciptakan keunggulan kompetitif dalam bisnis.
FAQ API
Frequently Asked Questions (FAQs)
Mandiri API adalah layanan yang dibuat oleh Bank Mandiri untuk pengembang agar mereka dapat mengintegrasikan layanan keuangan Bank Mandiri dengan platform mereka.
Anda dapat mengakses Mandiri API melalui developer.bankmandiri.co.id.
Mandiri API tersedia untuk:
- Perusahaan berbadan hukum.
- Institusi pemerintah atau lembaga resmi.
- Bisnis yang telah memiliki izin usaha/entitas legal.
- Mitra dengan kegiatan transaksi finansial jelas dan sesuai regulasi.
* Anda harus memiliki: NPWP, izin usaha, rekening Bank Mandiri, dan tunduk pada ketentuan Bank Indonesia/OJK.
Dengan Mandiri API, Anda bisa:
- Mengotomasi transaksi tanpa manual input.
- Memberikan pengalaman pembayaran terbaik bagi pelanggan.
- Mempercepat proses bisnis dan cash management.
- Menyediakan layanan keuangan langsung di aplikasi/ platform Anda.
- Meningkatkan keamanan transaksi dan efisiensi operasional.
Informational:
- Balance: Pengecekan saldo nasabah.
- Transaction: Pengecekan status transaksi dan mutasi transaksi.
- Beneficiary Name: Pengecekan nama rekening penerima sebelum transaksi transfer dana dilakukan.
Transfer:
- Transfer ke sesama rekening Bank Mandiri.
- Transfer ke rekening bank lain (SKN, RTGS, Online, BI-Fast).
- Transfer valuta asing ke bank lain.
- Pembayaran payroll.
Bill Payment:
- Bill Payment Inquiry: Pengecekan jumlah tagihan nasabah.
- Bill Payment: Pembayaran jumlah tagihan nasabah.
Account Opening:
- RDN: Rekening Dana Nasabah.
- RDL: Rekening Dana Lender.
- RDB: Rekening Dana Borrower.
Collection:
- Virtual Account: layanan penerimaan pembayaran melalui Virtual Account.
- Retail Virtual Account: layanan penerimaan pembayaran melalui Virtual Account bagi nasabah kategori UMKM.
Payment:
- E-money.
- QRIS.
- Direct Debit: pembayaran online dengan kartu debit Mandiri.
Biaya yang dikenakan pada layanan Mandiri API mengikuti biaya transaksi sesuai dengan fitur yang akan digunakan oleh Calon Mitra yaitu Starter, Business dan Pro. Informasi mengenai detail biaya dapat diakses melalui developer.bankmandiri.co.id atau menghubungi Relationship Manager masing-masing Perusahaan.
Persyaratan Calon Nasabah:
- Pengguna Giro yang aktif dari segmen Corporate, Commercial, Kelembagaan, Financial Institution dan Small Medium Enterprise (SME).
- Berbentuk badan usaha berbadan hukum dan memenuhi aspek legalitas perusahaan atau institusi sesuai bentuk badan usaha (wajib memenuhi perizinan dan/ atau sertifikasi yang berlaku).
- Telah menerapkan digitalisasi bisnis proses melalui platfrom ERP atau platform digital sejenis.
- Memiliki izin usaha yang berusia minimal 1 tahun sejak tanggal penerbitan izin.
- Tidak bergerak dalam bidang usaha yang dilarang oleh otoritas berwenang dan/ atau ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku.
- Tidak tercantum dalam Daftar Hitam Nasional (DHN) Bank Indonesia.
Tata Cara Pengajuan Calon Nasabah:
- Melakukan pengajuan kerja sama Mandiri API melalui developer.bankmandiri.co.id.
- Menandatangani dokumen Perjanjian Kerja Sama tentang integrasi layanan Mandiri API.
- Mengirimkan dokumen pendukung lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bank.
- Melakukan pengembangan sistem aplikasi dan melakukan pengujian sistem atas fitur yang akan diimplementasikan dengan kebutuhan Calon Nasabah.
- Mengikuti standar dokumen sepsifikasi teknis dan tata Kelola yang diatur oleh Bank Mandiri serta tata Kelola Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) yang diatur oleh Bank Indonesia untuk layanan dengan spesifikasi SNAP.
Risiko yang dapat terjadi pada penggunaan Mandiri API:
- Kemungkinan terjadinya gangguan pada jaringan komunikasi/sistem API yang menyebabkan transaksi tidak dapat dilakukan.
- Penyalahgunaan API Bank Mandiri dimana terjadi kebocoran Security Key API maupun data transaksi yang disebabkan oleh kelalaian pengguna layanan.
- Gunakan koneksi dan autentikasi yang aman.
- Jaga kerahasiaan kredensial API dan batasi akses hanya untuk pihak yang berwenang.
- Pantau penggunaan dan perbarui keamanan secara berkala untuk mencegah penyalahgunaan.
Anda dapat menghubungi Bank Mandiri melalui api.support@bankmandiri.co.id




