Virtual Account Collection
VA Collection

Virtual Account Collection
Apa yang dimaksud Virtual Account Collection?
Virtual Account Collection atau VA Collection adalah solusi layanan Cash Management dari Bank Mandiri untuk membantu Nasabah dalam melakukan penerbitan tagihan secara otomatis dan lebih efisien. Melalui layanan ini, tagihan yang telah diterbitkan dapat dibayarkan secara langsung melalui kanal pembayaran Bank Mandiri, seperti ATM, Livin’ by Mandiri, Kantor Cabang atau channel milik Bank lainnya, serta rekonsiliasi dapat dilakukan melalui Kopra by Mandiri.
Apa saja fitur yang ditawarkan dari VA Collection?
- Dapat digunakan Biller dengan jenis tagihan close payment dan open payment
- Biller dapat melakukan create tagihan melalui dua metode yang mudah dan fleksibel:
- Manual Input: Nasabah dapat mengisi informasi tagihan langsung di Kopra by Mandiri sesuai kebutuhan transaksi.
- File Upload: Nasabah dapat melakukan upload file tagihan dalam format .xls, .csv atau .txt sesuai template yang telah disediakan.
- Biller dapat memonitor seluruh proses tagihan melalui Dashboard VA Collection pada Kopra by Mandiri.
- Terdapat fitur notifikasi yang dapat dikirimkan ke aplikasi Livin’ by Mandiri untuk memudahkan customer / pelanggan dalam melakukan pembayaran tagihan.
- Biller dapat mengunduh report tagihan dalam format .xls, .csv ataupun .pdf sesuai kebutuhan Nasabah.
- Tersedia fitur Customize Table yang memungkinkan biller menampilkan informasi sesuai preferensi untuk ditampilkan pada tabel.
Apa saja manfaat penggunaan VA Collection?
- Kemudahan dalam proses identifikasi dan rekonsiliasi tagihan secara otomatis.
- Fitur Bill Reminder sebagai pengingat tagihan bagi pihak pembayar (payer).
- Pembayaran tagihan langsung masuk ke rekening yang ditentukan oleh biller.
- Kemudahan proses pembayaran tagihan yang dapat dilakukan melalui kanal-kanal Bank Mandiri maupun bank lain.
Berapakah biaya penggunaan VA Collection?
Biller tidak dikenakan biaya untuk penggunaan menu VA Collection ini, biaya transaksi akan dikenakan ke payer pada saat melakukan pembayaran melalui Channel pembayaran Bank Mandiri dengan besaran biaya antara Rp2.500 - Rp5.000 sesuai kesepakatan antara biller dan Bank Mandiri.
Bagaimana tata cara dan syarat-syarat untuk dapat menggunakan layanan VA Collection?
VA Collection dapat digunakan oleh biller yang telah terdaftar sebagai biller IBS, dan memiliki company ID Kopra Cash Management, serta memiliki kebutuhan transaksi penerimaan yang massif. Biller dapat melakukan pendaftaran layanan VA Collection dengan cara melakukan pengisian formulir generate parameter atau melakukan pendaftaran melalui:
- Relationship Manager;
- Officer Wholesale Funding Transaction; atau
- Transaction Banking Region.
Apa saja risiko penggunaan VA Collection dan bagaimana cara memitigasinya?
- Biller melakukan create tagihan kepada payer yang tidak terdaftar pada biller tersebut .
Mitigasi: Sesuai dengan Syarat dan Ketentuan layanan Mandiri Bill Reminder, Biller menjamin dan bertanggung jawab atas kebenaran dan keakuratan data Bill Reminder yang disampaikan oleh Biller ke Bank Mandiri. Segala kerugian maupun dampak yang timbul akibat kesalahan data, sepenuhnya menjadi tanggung jawab Biller. - Terjadi selisih waktu antara saat pembayaran dilakukan oleh payer dan saat status tagihan diperbarui di sistem Kopra, sehingga dapat menimbulkan kebingungan atau pertanyaan dari pihak terkait.
Mitigasi: Sistem akan melakukan proses rekonsiliasi secara otomatis pada hari berikutnya (H+1). Status pembayaran dapat diakses dan dipantau melalui menu atau dashboard VA Collection di platform Kopra..
Bagaimana saya mendapatkan informasi lebih lanjut terkait VA Collection?
Nasabah dapat menghubungi sarana komunikasi resmi Bank Mandiri melalui email yang ditujukan kepada kopra@bankmandiri.co.id atau Mandiri Call 14000 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai VA Collection.

Mandiri Call 14000