Unlock Account Kopra
Unlock Account Kopra

Proses Self-Service Maintenance
Unlock Account Kopra by Mandiri
Mengapa akun nasabah terkunci?
Akun akan otomatis terkunci apabila terdapat percobaan login gagal secara 5 kali berturut-turut. Hal ini diterapkan untuk mencegah akses tidak sah.
Untuk apa fitur Recover Your Account pada halaman prelogin?
Fitur ini digunakan untuk:
- Unlock akun ketika status user adalah Locked.
- Reset/Lupa Password ketika status user adalah Active.
Siapa yang bisa menggunakan self-service recovery?
Semua Corporate User dapat menggunakan fasilitas self-service recovery. Namun, untuk Corporate Admin, proses unlock akun tetap harus dilakukan oleh Bank Mandiri melalui BBO Kopra.
Bagaimana cara membuka kembali akun yang terkunci?
- Klik tombol “Unlock Account” pada notifikasi akun terkunci.
- Masukkan informasi akun Anda:
- Company ID
- User ID
- Alamat email (untuk menghindari error, pastikan semua karakter pada email adalah lowercase/ huruf kecil)
- Sistem akan mengecek status user.
Bagaimana melakukan verifikasi jika nasabah adalah user pengguna Token?
Terdapat dua metode verifikasi berdasarkan jenis Token yang digunakan:
- Pengguna Soft Token
- Sistem akan menampilkan QR Code.
- Scan QR Code tersebut menggunakan Mandiri Mobile Token
- Masukkan response code yang dihasilkan aplikasi ke kolom yang tersedia.

- Pengguna Hard Token
- Sistem akan menampilkan challenge code.
- Masukkan challenge code tersebut ke dalam perangkat Hard Token Anda.
- Perangkat Hard Token akan menghasilkan response code.
- Masukkan response code ke kolom yang tersedia di halaman pemulihan akun.

Bagaimana jika user tidak memiliki Token (Maker)?
Jika Anda adalah pengguna Maker yang tidak memiliki Token:
- Jika status user adalah Active → Sistem akan langsung mengirim email ke alamat email terdaftar untuk melakukan reset password.
- Jika status user adalah Locked → Proses reset password memerlukan persetujuan (approval) dari corporate user dengan role Approver pada User Group yang sama.
Apa yang terjadi jika saya salah memasukkan kombinasi credential (ID perusahaan, ID pengguna, email)?
Untuk mencegah brute force atau dictionary attack, sistem tidak akan memverifikasi kombinasi yang Anda masukkan secara langsung. Semua pengguna akan menerima pesan sukses yang sama, terlepas dari benar atau salah.
Apa yang harus saya lakukan setelah menerima email pemulihan?
- Buka email berjudul “Reset Password” dari Kopra by Mandiri.
- Klik tautan reset password yang tersedia.
- Tautan ini hanya bisa digunakan satu kali dan berlaku hingga 15 menit (atau sesuai konfigurasi yang ditentukan sistem).

- Tautan Reset Password pada email digunakan untuk melakukan Reset Password
Bagaimana jika saya tidak menerima email pemulihan?
- Periksa folder Spam / Junk di email Anda.
- Jika tetap tidak ada, segera hubungi Mandiri Call 14000 atau support email yang tersedia.
- Periksa kombinasi company ID, user ID, dan email yang sebelumnya diinput.
Apa yang terjadi jika saya salah memasukkan kode respon?
Jika Anda salah memasukkan kode respon hingga lima kali berturut-turut, maka:
- Token Anda akan dikunci.
- Anda tidak bisa melanjutkan proses pemulihan akun.
Jika ada nasabah yang mengalami kendala ini, langkah yang perlu dilakukan adalah:
- Unblock Token nasabah via BBO MCM (atau oleh SysAdmin perusahaan jika memiliki kewenangan)
- Unlock corporate user via BBO KOPRA (atau oleh SysAdmin perusahaan jika memiliki kewenangan)
Kenapa percobaan unlock user gagal dengan error message “Failed to Recover Your Account: Please contact your corporate admin or Bank Mandiri at 14000 to unlock your account.”?
Pesan error ini muncul apabila Token yang di-assign ke user berstatus LOCKED atau BLOCKED. Jika ada nasabah yang mengalami kendala ini, langkah yang perlu dilakukan adalah:
- Unblock Token nasabah via BBO MCM (atau oleh SysAdmin perusahaan jika memiliki kewenangan)
- Unlock corporate user via BBO MCM (atau oleh SysAdmin perusahaan jika memiliki kewenangan)
Berapa kali maksimal attempt self-service recovery?
Maksimal percobaan self-service recovery adalah 3 kali. Jika setelah 3 kali percobaan akun masih terkunci, maka proses unlock dapat dilakukan melalui SysAdmin perusahaan atau melalui BBO Kopra.
Siapa yang akan menerima notifikasi jika ada aktivitas mencurigakan?
Sistem akan mengirimkan email ke administrator sistem (sysadmin) apabila terdeteksi adanya percobaan pemulihan dengan kode respon yang salah sebanyak tiga kali. Email ini berisi detail aktivitas (Timestamp, User ID, deskripsi aktivitas).
Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000