Mandiri Value Chain
Mandiri Value chain

Mandiri Value Chain (MVC)
Apa yang dimaksud Mandiri Value Chain (MVC)?
Siapa saja yang dapat menggunakan Mandiri Value Chain (MVC)?
Apa saja syarat yang harus dipenuhi Nasabah agar dapat menggunakan Mandiri Value Chain (MVC)?
Distributor
-
Distributor telah terdaftar sebagai Nasabah Bank Mandiri dan memiliki rekening Mandiri Tabungan Bisnis (MTB) atau Mandiri Giro dengan identitas resmi sebagai badan usaha.
-
Distributor memiliki NPWP yang terdaftar pada sistem Bank.
-
Distributor terlebih dahulu mendaftarkan alamat email yang aktif di Cabang Bank Mandiri terdekat.
-
Distributor terdaftar sebagai distributor resmi dan memiliki ID resmi Principal (Pertamina).
-
Distributor melakukan self registration melalui website Mandiri Value Chain (MVC) dan menyetujui Syarat & Ketentuan serta User Consent Mandiri Value Chain (MVC).
Retailer
-
Retailer menggunakan device Android dengan OS (Operating System) minimal android versi 8 Oreo.
-
Retailer telah terdaftar sebagai Nasabah Bank Mandiri dan memiliki minimal satu jenis rekening Tabungan Bank Mandiri dalam mata uang Rupiah sebagai berikut (kecuali jenis rekening tabungan yang tidak memiliki akses channel) : Mandiri Tabungan, Mandiri Tabungan Bisnis, Mandiri Tabungan NOW atau sesuai yang ditentukan oleh Bank.
-
Retailer memiliki identitas resmi yang tercatat pada sistem Bank yaitu NIK bagi Retailer Perorangan dan NPWP bagi Retailer Badan.
-
Retailer Perorangan wajib memiliki nomor handphone yang aktif terdaftar layanan Mandiri SMS Banking dan telah membuat PIN SMS Banking.
-
Retailer Badan wajib memastikan email yang terdaftar pada sistem Bank adalah email yang masih aktif digunakan.
-
Retailer telah terdaftar dalam Community milik Distributor dan terinformasi Community Code dari Distributor.
-
Retailer melakukan self registration melalui aplikasi Mandiri Value Chain (MVC) dan menyetujui Syarat & Ketentuan serta User Consent Mandiri Value Chain (MVC).
Bagaimana cara distributor melakukan registrasi Mandiri Value Chain?
Distributor melakukan pendaftaran (self registration) melalui website Mandiri Value Chain (MVC) dengan cara sebagai berikut:
- Distributor mengakses website https://digitalvaluechain.bankmandiri.co.id/login
- Di halaman Verifikasi Akun lakukan:
- Masukkan nomor rekening Mandiri Tabungan Bisnis atau Mandiri Giro
- Masukkan alamat e-mail yang telah terdaftar di Bank
- Klik Submit
- Jika data yang telah dimasukkan tidak berhasil tervalidasi oleh Bank, maka Distributor akan menerima notifikasi bahwa alamat email tidak terdaftar dan Distributor dapat melakukan pengkinian data melalui Cabang terdekat.
- Jika data yang telah dimasukkan berhasil tervalidasi, maka Distributor akan menerima Kode Otentifikasi Transaksi berupa OTP melalui email. Distributor dapat menggunakan OTP tersebut untuk melanjutkan proses pendaftaran. OTP berlaku selama 5 menit.
- Distributor mengisi kelengkapan form Data Profil Distributor dan membuat password untuk Sign In. Pembuatan kata sandi (Password) harus sesuai dengan ketentuan (cek pada poin 15; informasi tambahan).
- Distributor membaca, memahami, dan menyetujui Syarat & Ketentuan serta User Consent Mandiri Value Chain (MVC), lalu klik Submit.
Bagaimana distributor mengetahui bahwa proses registrasi berhasil?
- Distributor akan menerima notifikasi melalui email mengenai approval ataupun reject dari validasi yang dilakukan oleh Bank atas registrasi yang dilakukan.
- Jika Distributor memperoleh email notifikasi bahwa akun Mandiri Value Chain (MVC) telah aktif, maka Distributor dapat menggunakan email terdaftar dan Password yang telah dibuat pada saat registrasi untuk Sign In pada website Mandiri Value Chain (MVC).
Bagaimana cara Retailer melakukan registrasi Mandiri Value Chain?
Retailer mengunduh (download) aplikasi “Mandiri Value Chain (MVC)” pada Google Play kemudian melakukan langkah sebagai berikut:
- Retailer Perorangan
- Buka aplikasi Mandiri Value Chain (MVC) kemudian masuk ke halaman Pre-Registrasi dan pilih jenis nasabah Perorangan, dengan menginput Nomor Rekening dan NIK, lalu “Submit”.
- Jika Nomor Rekening dan NIK berhasil tervalidasi oleh Bank, maka Retailer akan langsung diarahkan ke halaman SMS untuk mengirimkan kode rahasia yang ter-generate oleh sistem ke 83355, lalu kirim pesan tersebut.
- Retailer akan kembali ke halaman registrasi untuk selanjutnya mengisi Data Profil
- Ketik kata sandi (password) yang diinginkan. Pembuatan password harus sesuai dengan ketentuan (cek pada poin 15; informasi tambahan)
- Centang sebagai tanda menyetujui Syarat & Ketentuan serta User Consent Mandiri Value Chain (MVC), kemudian klik “Submit”
- Retailer akan mendapatkan notifikasi/pemberitahuan jika verifikasi berhasil.
- Jika ingin melakukan transaksi, masuk kembali menggunakan password.
- Retailer Badan
- Buka aplikasi Mandiri Value Chain (MVC) kemudian masuk ke halaman Pre-Registrasi pilih jenis nasabah Badan, dengan menginput Nomor Rekening dan NPWP, lalu “Submit”.
- Jika Nomor Rekening dan NPWP berhasil tervalidasi oleh Bank, maka kode OTP akan terkirim ke email yang terafiliasi dengan Nomor Rekening. Retailer akan langsung diarahkan ke halaman validasi OTP.
- Retailer akan kembali ke halaman registrasi untuk selanjutnya mengisi Data Profil
- Ketik kata sandi (password) yang diinginkan. Pembuatan password harus sesuai dengan ketentuan (cek pada poin 15; informasi tambahan)
- Centang sebagai tanda menyetujui Syarat & Ketentuan serta User Consent Mandiri Value Chain (MVC), kemudian tekan “Submit”
- Retailer akan mendapatkan notifikasi/pemberitahuan jika verifikasi berhasil.
- Jika ingin melakukan transaksi, masuk kembali menggunakan password.
Bagaimana jika Pre-Registrasi tidak berhasil karena Nomor Rekening tidak ditemukan?
Periksa apakah Nomor Rekening dan NIK/NPWP yang diinput sudah benar. Jika masih terdapat kendala, kunjungi Cabang Bank Mandiri terdekat.
Bagaimana menggunakan aplikasi Mandiri value chain bagi Retailer yang sebelumnya sudah melakukan transaksi melalui aplikasi Mobile Apps LPG Pertamina?
-
Unduh (download) aplikasi “Mandiri Value Chain (MVC)” di Playstore.
-
Buka aplikasi Mandiri Value Chain (MVC) yang sudah selesai diunduh, lakukan registrasi pada penjelasan diatas.
Apa yang harus dilakukan jika aplikasi Mandiri Value Chain (MVC) terus menerus dalam kondisi loading pada halaman awal saat melakukan Login?
Periksa apakah aplikasi Mandiri Value Chain (MVC) Anda sudah menggunakan versi terbaru. Buka PlayStore, cari aplikasi “Mandiri Value Chain (MVC)”, dan lakukan update atau pembaharuan aplikasi jika tersedia. Jika masalah tetap berlanjut hubungi Mandiri Call 14000.
Bagaimana cara Retailer melakukan transaksi melalui Mandiri Value Chain (MVC)?
- Retailer dapat melakukan pemesanan dan pembayaran produk Principal melalui Distributor melalui Mandiri Value Chain (MVC) jika:
- Retailer telah terdaftar di Mandiri Value Chain (MVC) dengan melakukan Self Registration
- Retailer telah bergabung dan mengetahui Community Code yang diberikan oleh Distributor
- Distributor telah melakukan Upload Katalog penjualan barang dan assign Retailer tersebut sebagai member produk di website Mandiri Value Chain (MVC)
- Untuk produk subsidi (PSO), Distributor terlebih dahulu melakukan perencanaan di portal khusus milik Principal (dhi. Pertamina) maksimal pada H-1 transaksi akan dilakukan dan Retailer dapat melakukan pemesanan dan transaksi pembelian setelah Distributor melakukan upload katalog dan assign member produk kepada Retailer.
- Retailer membuka aplikasi Mandiri Value Chain (MVC)
- Ketik password, klik “Sign In”
- Pilih menu “Buat Pesanan”, pilih “Principal”
- Pada droplist, pilih Retailer, Community Code, dan tanggal kuota barang, klik “Cari”
- Pilih barang dan jumlah yang akan dibeli, klik “Beli” kemudian barang akan masuk ke keranjang
- Pada halaman keranjang, cek kembali pesanan Anda, kemudian klik “Buat Pesanan”
- Untuk melakukan pembayaran, klik “Pilih Metode Pembayaran”
- Untuk metode “Debit Rekening”, klik “Bayar”
- Pembayaran harus dilakukan pada hari yang sama dengan pembelian sebelum 23.59 WIB. Jika melewati batas waktu tersebut maka pesanan akan kembali ke Keranjang.
- Klik “Konfirmasi Pembayaran” untuk melanjutkan, input 6 digit PIN SMS Banking Anda
- Retailer dapat melihat status pembayaran pada menu Pesanan di Homepage
- Struk pembelian muncul apabila transaksi berhasil dilakukan
Kapan aplikasi Mandiri Value Chain (MVC) dapat digunakan?
Mandiri Value Chain (MVC) dapat digunakan setiap hari dari Senin s.d. Minggu tanpa batas waktu (Cut Off Time).
Apakah nasabah akan dikenakan biaya selama menggunakan Mandiri Value Chain (MVC)?
Terdapat biaya SMS Banking pada beberapa aktivitas berikut:
- Pada saat Retailer Perorangan melakukan Aktivasi Mandiri Value Chain (MVC) saat melakukan Reset Password
- Biaya notifikasi jika Retailer Perorangan mengaktifkan fitur notifikasi. Biaya yang timbul mengacu kepada biaya SMS Banking yang berlaku di Bank Mandiri.
Apakah nomor handphone Retailer Perorangan yang didaftarkan sama dengan nomor yang terdaftar pada Livin’ by Mandiri?
Ya, nomor handphone yang didaftarkan di Mandiri Value Chain (MVC) adalah nomor handphone yang terdaftar pada Livin’ by Mandiri. Jika terdapat kendala pada nomor handphone silahkan datang ke cabang Bank Mandiri terdekat.
Apakah email Retailer Badan yang didaftarkan sama dengan email yang terdaftar pada Cabang Bank Mandiri?
Ya, email yang didaftarkan di Mandiri Value Chain (MVC) adalah email yang terdaftar pada saat pembukaan rekening di Cabang Bank Mandiri. Jika pada saat registrasi terdapat informasi email tidak terdaftar maka silahkan kunjungin Cabang Bank Mandiri terdekat.
Informasi tambahan:
Anjuran |
Menjadi Perhatian |
Lakukan pembaharuan kata sandi/password secara berkala untuk menjaga keamanan. |
Setelah Retailer mengunduh Aplikasi Mandiri Value Chain (MVC), jangan lakukan clear cache/penghapusan data, karena akan menyebabkan data tersimpan menjadi hilang. |
Buat kata sandi/password sesuai dengan ketentuan, yakni:
1 angka, 1 simbol
|
Jangan melakukan sharing password kepada pihak yang tidak berwenang/berkepentingan. |
Pastikan jaringan provider stabil, kuota pulsa, dan saldo rekening tersedia sebelum melakukan transaksi. |
Jangan menutup paksa (force closed) aplikasi apabila sudah selesai bertransaksi. |
Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Mandiri Value Chain (MVC)?
Metode pembayaran yang tersedia adalah debit rekening Tabungan dan fasilitas kredit berupa KUM Talangan Pembelian. Adapun jenis rekening yang dapat menjadi sumber dana pembayaran mengacu pada poin 3.b.2.
Apa yang dimaksud dengan KUM Talangan Pembelian?
Kredit Talangan Pembelian adalah produk Kredit Usaha Mikro (KUM) Talangan Pembelian dari Bank Mandiri yang merupakan fasilitas kredit yang diberikan oleh Bank Mandiri kepada pengguna aplikasi Mandiri Value Chain (MVC) terpilih untuk pembelian tabung gas atau produk yang tersedia pada aplikasi Mandiri Value Chain (MVC). Pencairan fasilitas kredit dapat dilakukan berulang kali sesuai kebutuhan (syarat dan ketentuan berlaku). Informasi lebih lanjut mengenai KUM Talangan Pembelian dapat diakses melalui bmri.id/kumtalanganpembelian.
Informasi Resiko terkait Produk Mandiri Value Chain (MVC) :
- Nasabah wajib memastikan kembali email, nomor handphone, dan nomor rekening yang di input sesuai dengan yang didaftarkan pada Mandiri Value Chain (MVC).
- Nasabah wajib menjaga kerahasiaan data password login, PIN SMS Banking dan OTP. Penyalahgunaan data rahasia oleh pihak yang tidak berwenang menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya.
- Nasabah berkewajiban menyediakan informasi dan/atau data sesuai dengan kondisi sesungguhnya dan konsekuensi jika Nasabah tidak menyampaikan informasi dan/atau data yang sebenernya menjadi tanggung jawab Nasabah sepenuhnya.
Info Lebih Lanjut
Mandiri Call 14000, pilih Bahasa, tekan 4
Customer Care mcm.operation@bankmandiri.co.id | Cabang Bank Mandiri terdekat.