Syarat dan Ketentuan - Ferry Batam
Ferry Batam - SUKHA - FIX
SYARAT DAN KETENTUAN PEMBELIAN TIKET FERRY BATAM MELALUI LIVIN’ SUKHA
DEFINISI
- Aplikasi Livin’ adalah aplikasi retail mobile banking yang dimiliki dan dioperasikan oleh Bank Mandiri dan dapat diakses oleh Pengguna menggunakan smartphone sesuai dengan ketentuan Bank Mandiri.
- Bank Mandiri adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang berdomisili hukum di Jakarta.
- MKP adalah PT Mitra Kasih Perkasa yaitu rekanan penyedia Produk yang bekerja sama dengan Bank Mandiri.
- AGEN adalah perusahaan-perusahaan pemilik Produk yang melakukan kerja sama dengan MKP.
- Pengguna adalah setiap nasabah Bank Mandiri yang melakukan Transaksi di Livin’ Sukha.
- Transaksi adalah proses pembelian Produk di Livin’ Sukha oleh Pengguna.
- Produk adalah tiket ferry yang disediakan oleh AGEN.
- Data Pribadi adalah data Pengguna yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non elektronik.
KETENTUAN LAYANAN
- AGEN melalui MKP menyediakan Produk yang dapat dibeli oleh Pengguna melalui Livin’ Sukha. Dengan melakukan pembelian Produk, Pengguna dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini.
- Penyediaan Produk melalui Livin’ Sukha merupakan kerja sama antara AGEN melalui MKP dengan Bank Mandiri. Pembelian Produk yang dilakukan oleh Pengguna melalui Livin’ Sukha merupakan hubungan kontraktual hukum yang mengikat antara Pengguna dan AGEN dan MKP. Dalam hal ini, Bank Mandiri hanya bertindak sebagai pihak yang memunculkan menu pembelian Produk dan memfasilitasi pemrosesan pembayaran Produk.
- Dengan melakukan Transaksi, maka Pengguna menyatakan setuju:
- Tidak akan menyalin informasi apa pun termasuk layanan yang tersedia di dalam Livin’ Sukha untuk segala macam tujuan selain tujuan pembelian Produk;
- Tidak akan mengunduh, mereproduksi, atau menampilkan segala produk, informasi, atau layanan yang tersedia di Livin’ Sukha untuk tujuan apa pun selain tujuan pembelian Produk.
- Tidak akan menggunakan dan/atau mengakses sistem Livin’ Sukha secara langsung atau tidak langsung baik keseluruhan atau sebagian dengan cara apa pun yang dapat melemahkan, merusak, mengganggu atau menghambat, membatasi dan/atau mengambil alih fungsionalitas serta integritas dari sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan dan/atau data pada Livin’ Sukha.
- Tidak melakukan Transaksi yang bersifat pencucian uang (money laundering), pendanaan bagi kegiatan terorisme, pendanaan proliferasi senjata pemusnah massal, transaksi narkotika dan obatobatan terlarang dan/atau kegiatan lainya yang melanggar hukum dan peraturan perundangundangan.
- Data Pribadi Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, dan/atau email dapat diberikan ke AGEN dan/atau MKP untuk tujuan pembelian Produk. Pengguna memberikan persetujuan kepada Bank Mandiri, AGEN dan/atau MKP untuk dapat melakukan pemrosesan Data Pribadi Pengguna guna meningkatkan kualitas pelayanan Livin’ Sukha bagi Pengguna.
- Pengguna memberikan persetujuan kepada AGEN, MKP dan/atau Bank Mandiri untuk membagikan Data Pribadi Pengguna dengan badan hukum dan/atau individu lain sehubungan dengan pembelian Produk oleh Pengguna untuk tujuan yang diperbolehkan oleh regulasi yang berlaku.
- Seluruh data Pengguna yang disampaikan dalam proses pembelian Produk akan didokumentasikan dan digunakan oleh AGEN dan/atau MKP sesuai ketentuan pelindungan data dan perlindungan konsumen yang berlaku.
KETENTUAN KHUSUS PENUMPANG
- Bagi penumpang dengan kondisi hamil lebih dari 7 (tujuh) bulan tidak diizinkan untuk berlayar dan untuk setiap penumpang dalam kondisi hamil dibawah 7 (tujuh) bulan disarankan membawa dokumen dan/atau surat dokter.
- Penumpang anak dengan usia dibawah 10 (sepuluh) tahun wajib didampingi oleh orang dewasa.
- Penumpang dilarang berjudi, mengonsumsi minuman keras, berdagang di atas kapal dan membawa barangbarang terlarang selama pelayaran termasuk namun tidak terbatas pada:
- Binatang
- Tanaman yang dilarang oleh karantina pelabuhan;
- Narkotika psikotropika dan zat aditif lainnya;
- Senjata api dan senjata tajam;
- Semua barang-barang yang mudah terbakar/meledak;
- Semua barang-barang berbau busuk, amis atau karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya;
- Barang yang menurut pertimbangan petugas boarding atau pemeriksa bagasi karena keadaan dan ukuran berat/volume melebihi batas ketentuan bagasi;
- Barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan.
- Pengguna wajib berada di terminal penumpang selambat-lambatnya 2 (dua) jam sebelum keberangkatan kapal.
- Pengguna bertanggungjawab atas seluruh kerugian yang ditimbulkan akibat pembatalan/keterlambatan kedatangan calon penumpang.
- Penumpang diharapkan untuk mengikuti perubahan waktu keberangkatan kapal yang mungkin terjadi.
PEMBELIAN & PEMBAYARAN
- Sebelum melakukan pembelian, Pengguna wajib membaca dan memahami informasi keseluruhan terkait Produk, termasuk namun tidak terbatas pada deskripsi dan cara penggunaan Produk.
- Dalam pembelian Produk, Pengguna diwajibkan mengisi data Pengguna dengan lengkap dan benar. Pengguna setuju untuk menyediakan dan menunjukkan bukti identitas diri yang mungkin AGEN, MKP dan/atau Bank Mandiri minta dengan alasan yang jelas. Dalam hal terdapat kesalahan pengisian data yang menyebabkan kerugian bagi Pengguna dan/atau pihak ketiga mana pun, maka hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
- Pengguna menjamin validasi kebenaran atas semua data dan informasi yang Pengguna isi/lengkapi. Jika Pengguna menggunakan layanan MKP yang tersedia di dalam Livin’ Sukha untuk atau atas nama Pihak Ketiga (anggota keluarga dan/atau pihak lainnya), Pengguna bertanggung jawab atas setiap kesalahan dalam keakuratan informasi yang diberikan sehubungan dengan penggunaan tersebut. Selain itu, Pengguna harus menginformasikan Pihak Ketiga dari semua Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Pengguna setuju untuk bertanggung jawab atas kewajiban, kerugian, kerusakan, gugatan dan klaim termasuk biaya hukum, yang timbul dari atau sehubungan dengan pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini karena kelalaian Pengguna dan/atau Pihak Ketiga.
- Dalam pembelian Produk, Pengguna dapat melakukan pembayaran sesuai dengan pilihan pembayaran yang disediakan oleh Bank Mandiri pada Aplikasi Livin’.
- Khusus Transaksi pembayaran yang menggunakan metode debit langsung dari rekening Pengguna, maka Pengguna wajib memastikan saldo yang terdapat di rekening mencukupi.
- Jika Pengguna menggunakan metode pembayaran lain seperti kartu kredit, maka ketentuan penggunaannya mengacu pada ketentuan masing-masing produk yang berlaku di Bank Mandiri, termasuk namun tidak terbatas pada biaya, bunga dan/atau denda.
- Ketersediaan Produk dapat berubah sewaktu-waktu dan merupakan tanggung jawab dari MKP dan/atau AGEN. Dalam hal stok Produk tidak tersedia, maka MKP berhak untuk menolak dan/atau membatalkan pembelian Produk yang akan diinformasikan oleh MKP melalui Aplikasi Livin’ dan/atau media lainnya sesuai ketentuan MKP dan Bank Mandiri. Transaksi akan diproses setelah pembayaran Pengguna berhasil diverifikasi dan Pengguna akan mendapatkan konfirmasi pembelian Produk dari MKP melalui e-mail yang berisi nomor transaksi, detail transaksi dan QR code. Seluruh Transaksi dianggap berhasil jika Pengguna menyelesaikan pembayaran dan mendapatkan notifikasi berhasil di Aplikasi Livin’ dan e-mail konfirmasi pembelian Produk yang berisi nomor transaksi, detail transaksi dan QR code.
- Jika ada Transaksi yang gagal termasuk namun tidak terbatas karena stok Produk habis, maka dana akan dikembalikan ke akun rekening Bank Mandiri Pengguna yang digunakan untuk melakukan Transaksi.
KEBIJAKAN PENUKARAN TIKET
- E-ticket akan dikirimkan kepada Pengguna yang dapat dilihat melalui menu history pada laman Ferry Batam milik Pengguna di Livin’ Sukha atau dapat dilihat melalui alamat e-mail Pengguna yang diisi Pengguna saat melakukan pemesanan tiket.
- Seluruh QR code bersifat rahasia. Pengguna bertanggung jawab apabila terjadi penyalahgunaan QR code yang digunakan pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
- E-ticket tidak perlu ditukarkan menjadi tiket fisik. Pengguna wajib melakukan check-in ke loket AGEN dengan menunjukkan kartu identitas asli kepada staf/petugas tiket di loket AGEN untuk di pindai.
PERUBAHAN, PEMBATALAN, DAN/ATAU PENGEMBALIAN DANA (REFUND)
- Produk yang telah dibeli tidak dapat dipindahtangankan/diberikan kepada Pengguna dan/atau penumpang lain.
- Jika terjadi perubahan dan/atau pembatalan, Pengguna dan/atau penumpang wajib untuk mengunjungi loket AGEN secara langsung dengan menunjukkan e-ticket dan kartu identitas Pengguna dan/atau penumpang (KTP/Paspor/SIM/NIK).
- Perubahan dan/atau pembatalan atas kehendak Pengguna dan/atau penumpang dapat dilakukan dengan ketentuan:
- Diajukan selambat-lambatnya 2 (dua) jam sebelum jam tiket keberangkatan kapal, dengan ketentuan bahwa penumpang belum melakukan validasi tiket ataupun boarding di terminal pelabuhan.
- Untuk pembatalan wajib mengisi form permohonan refund yang berisi informasi data rekening untuk pengembalian dana sesuai dengan sumber dana Pengguna pada saat Transaksi atau ke rekening Bank Mandiri penumpang.
- Adapun mekanisme perubahan dan/atau pembatalan yang diajukan akan mengikuti persetujuan dan ketentuan yang berlaku pada AGEN dan MKP.
- Proses pengembalian dana (refund) atas pembatalan akan dilakukan secara transfer ke rekening Bank Mandiri sebagaimana dicantumkan pada form permohonan refund selambat-lambatnya H+7 hari kerja sejak pengajuan refund.
- Nilai dan proses pengembalian dana (refund) mengikuti kebijakan AGEN dan kebijakan dapat berubah sewaktu-waktu.
- Dalam hal perubahan dan/atau pembatalan diwakilkan oleh orang lain:
- Wajib membawa surat kuasa bermeterai Rp10.000,00 yang ditandatangani oleh Pengguna dan penumpang.
- Wajib membawa kartu identitas Pengguna dan/atau penumpang sesuai nama yang tercantum pada e-ticket.
HARGA & PROMOSI
- Harga untuk setiap Produk yang tercantum di Livin’ Sukha adalah harga yang ditetapkan oleh MKP dan dapat berubah sewaktu-waktu. Transaksi di Livin’ Sukha hanya dapat dilakukan dalam mata uang Rupiah.
- Biaya dapat bervariasi per Transaksi tergantung dari jenis dan jumlah Produk yang dibeli dengan rincian yang dapat Pengguna lihat sebelum melakukan pembayaran dan biaya dapat berubah sewaktu-waktu.
- Total harga yang perlu dibayarkan untuk Produk yang tersedia akan dikenakan biaya admin yang dapat Pengguna lihat sebelum melakukan pembayaran.
- Pengguna memahami bahwa AGEN, MKP maupun Bank Mandiri sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (“Promo”) dengan syarat dan ketentuan khusus yang berbeda-beda di setiap Promo. Harap diketahui bahwa hal tersebut mungkin memerlukan ketentuan dan persyaratan yang berbeda, misalnya, sehubungan dengan kebijakan pemesanan dan pengembalian dana.
- AGEN dan/atau MKP dapat menawarkan harga yang lebih rendah dan/atau promosi dari waktu ke waktu melalui sarana komunikasi resmi AGEN, MKP dan/atau platform lainnya sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku di AGEN dan/atau MKP. Apabila ada promosi yang diberikan oleh AGEN dan/atau MKP secara langsung di luar Livin’ Sukha, maka hak dan wewenang atas promosi tersebut sepenuhnya berada pada MKP dan mungkin tidak berlaku untuk Transaksi di Livin’ Sukha.
KESANGGUPAN PENGGUNA
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa seluruh deskripsi Produk yang dicantumkan di Livin’ Sukha berasal dari AGEN dan/atau MKP sehingga Bank Mandiri tidak memberikan jaminan apa pun termasuk kualitas Produk, kesesuaiannya dengan harapan Pengguna dan jangka waktu penyampaian Produk kepada Pengguna. Seluruh hal tersebut merupakan kewenangan dan menjadi tanggung jawab AGEN dan/atau MKP sepenuhnya.
- Pengguna bertanggung jawab terhadap setiap tuntutan yang diajukan dan kerugian yang ditimbulkan kepada AGEN, MKP, Bank Mandiri dan/atau pihak ketiga lainnya dalam bentuk apapun, baik langsung atau tidak langsung, terkait atau sehubungan dengan pelanggaran pernyataan, jaminan atau ketentuan dalam Syarat Ketentuan ini.
- Pengguna dengan ini memberikan kuasa kepada Bank Mandiri untuk melakukan pendebitan dan/atau pengkreditan sumber pembayaran Pengguna dalam rangka termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran, koreksi Transaksi, maupun pengembalian dana.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa meskipun Produk dan/atau pemenuhan Syarat Ketentuan ini merupakan wewenang AGEN dan/atau MKP, namun ketentuan transaksi pembayaran dan penggunaan Aplikasi Livin’ dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Bank Mandiri sehingga seluruh hal terkait aspek transaksi termasuk namun tidak terbatas pada instruksi yang diberikan Pengguna, penggunaan Aplikasi Livin’ dan/atau kebijakan privasi Bank Mandiri tunduk pada ketentuan produk dana di Bank Mandiri serta Syarat dan Ketentuan Aplikasi Livin’. Tidak ada ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang mengurangi atau membatasi keberlakuan dari pernyataan dan jaminan yang diberikan Pengguna dalam Syarat dan Ketentuan Livin’.
INDEMNIFIKASI
- Pengguna bertanggung jawab dalam bentuk apa pun kepada pihak mana pun atas seluruh gugatan, tuntutan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun atas keterlambatan dan/atau kegagalan AGEN, MKP dan/atau Bank Mandiri dalam memenuhi kewajibannya terkait dengan pembelian Produk yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan AGEN, MKP dan/atau Bank Mandiri, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, perang, huru-hara, sabotase, gangguan sistem, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi dan/atau kebijakan pemerintah.
- Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas kerugian yang mungkin timbul dari perjalanan ke destinasi tersebut termasuk namun tidak terbatas pada pemilihan perjalanan, rute, destinasi perjalanan serta insiden merugikan yang terjadi selama perjalanan.
- Pengguna bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi ketika penumpang gagal membawa dokumen perjalanan yang diperlukan, seperti KTP, SIM, Paspor atau NIK, e-ticket dan hal-hal lainnya yang disebabkan oleh kesalahan dan/atau kelalaian penumpang.
- MKP dan/atau Bank Mandiri tidak memberikan pernyataan, garansi, atau jaminan apa pun termasuk jaminan kualitas yang memuaskan, kesesuaiannya untuk suatu tujuan, akurasi, keandalan dan kebebasan dari perangkat perusak (malware), e-mail phishing, sehubungan dengan pembelian Produk melalui Livin’ Sukha.
- Dokumen elektronik yang diterbitkan oleh AGEN, MKP dan/atau Bank Mandiri sehubungan dengan pembelian Produk merupakan alat bukti yang sah dan mengikat Pengguna serta Pengguna tidak menyangkal kebenaran dari dokumen elektronik tersebut.
- Isi, pelaksanaan dan pemenuhan Syarat dan Ketentuan ini merupakan kewenangan dari MKP. Apabila terjadi permasalahan yang Pengguna alami terkait Produk, Bank Mandiri dapat, dengan upaya terbaik Bank Mandiri, membantu mempertemukan Pengguna dengan MKP untuk mencari penyelesaian atas masalah tersebut. Namun demikian, penyelesaian wajib dilakukan oleh Pengguna dengan AGEN dan/atau MKP sehingga Bank Mandiri tidak mempunyai kewajiban apa pun terhadap setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Pengguna dan AGEN dan/atau MKP, termasuk pada mengambil tindakan hukum yang dianggap perlu oleh Pengguna, AGEN dan/atau MKP.
KETENTUAN & KEBIJAKAN PRIVASI
Pemberitahuan Privasi
Layanan penyediaan Produk ini dikelola dan dioperasikan oleh MKP dengan menerapkan pemberitahuan privasi untuk menetapkan tata cara perlindungan dan penggunaan informasi yang Pengguna berikan ketika menggunakan layanan ini. MKP berkomitmen untuk memastikan bahwa privasi Pengguna dilindungi sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku. Jika AGEN, MKP dan/atau Bank Mandiri meminta Pengguna untuk memberikan informasi tertentu yang bersifat pribadi, maka informasi tersebut akan digunakan sesuai dengan Pemberitahuan Privasi ini.
Perolehan Data Pribadi
- Data pribadi diberikan atas persetujuan pemilik data pribadi untuk menunjang layanan yang disediakan oleh AGEN dan/atau MKP.
- AGEN dan/atau MKP akan melakukan pengambilan Data Pribadi seperti nama, e-mail, nomor telepon, jenis kelamin, nomor identitas, alamat domisili, tanggal lahir, negara, data barang, data bagasi, data kendaraan dan detail Produk yang dibeli.
Pengelolaan dan Penggunaan
Informasi dan Data Pribadi Pengguna yang telah diperoleh senantiasa akan dikelola oleh AGEN dan/atau MKP sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun data atau informasi yang perusahaan peroleh akan digunakan untuk kepentingan Pengguna, seperti:
- Melakukan validasi dan konfirmasi terhadap pesanan Produk yang dibeli.
- Memfasilitasi komunikasi antara Pengguna dengan pihak ketiga, apabila terdapat permasalahan yang berhubungan dengan Produk dalam Livin’ Sukha.
- Menjalankan kewajiban perusahaan sehubungan dengan pelaksanaan atas kerja sama dengan pihak asuransi.
- Untuk kepentingan audit dan/atau pemeriksaan lainnya terkait dengan penyediaan layanan termasuk pemeriksaan atas dugaan pelanggaran Syarat dan Ketentuan oleh Pengguna.
Pengungkapan Data Pribadi
AGEN dan/atau MKP tidak akan mengalihkan, menjual, mendistribusikan, mengungkapkan atau meminjamkan informasi dan juga Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga lain kecuali dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
- Apabila diharuskan oleh hukum atau kepatuhan terhadap hukum berdasarkan peraturan perundangundangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Apabila diperlukan dalam rangka melaksanakan layanan seperti pemenuhan pesanan, analisis data, layanan bantuan, pemenuhan hasil pencarian, peningkatan sistem keamanan serta peningkatan dan pengembangan layanan.
- Pengguna dengan ini menyatakan setuju untuk AGEN dan/atau MKP mengungkapkan data pribadi pengguna kepada pihak asuransi untuk membantu AGEN dan/atau MKP menyediakan layanan kepada Pengguna.
Keamanan
AGEN dan/atau MKP berkomitmen untuk memastikan bahwa Data Pribadi yang diberikan oleh Pengguna kepada AGEN dan/atau MKP dalam keadaan aman. Untuk mencegah akses yang tidak sah, AGEN dan/atau MKP melakukan tindakan pengamanan fisik, elektronik dan prosedur manajerial yang diperlukan untuk melindungi Data Pribadi Pengguna yang dikumpulkan.
AGEN dan/atau MKP berkomitmen dalam memberikan upaya maksimal untuk menjaga keamanan Data Pribadi Pengguna dengan menerapkan standar keamanan dan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun, Pengguna harap menyadari dan memahami bahwa tidak ada jaminan keamanan yang mutlak terhadap segala resiko secara utuh.
PENYAMPAIAN INFORMASI DAN PENANGANAN KELUHAN
- AGEN dan/atau MKP melalui Bank Mandiri berhak mengubah Syarat dan Ketentuan ini dan perubahan tersebut akan berlaku efektif dengan pemberitahuan dari Bank Mandiri 30 (tiga puluh) Hari Kerja sebelum perubahan tersebut berlaku efektif, atau sesuai jangka waktu yang ditetapkan oleh peraturan perundangundangan yang berlaku. Pengguna diwajibkan untuk membaca dengan baik secara berkala setiap perubahan tersebut sehingga apabila Pengguna tetap mengakses dan/atau melakukan pembelian Produk, Pengguna dianggap telah mengetahui, memahami dan menyetujui perubahan tersebut.
- Dalam hal perubahan dan/atau pembatalan diwakilkan oleh orang lain:
- Transaksi pembayaran : Mandiri Call 14000
- Produk : +62 811-1621-162 (MKP WA Business)