Layanan VAB pada Portal NLE
Layanan Virtual Account Biller (VAB) pada Portal National Logistic Ecosystem (NLE)

Layanan Virtual Account Biller (VAB) pada
Portal National Logistic Ecosystem (NLE)
Apa itu National Logistic Ecosystem (NLE)?
NLE adalah Ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen international sejak kedatangan, sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang, berorientasi pada kerja sama antar instansi pemerintah dan swasta, melalui pertukaran data, simplifikasi proses, penghapusan repetisi dan duplikasi, serta didukung oleh sistem teknologi informasi yang mencakup seluruh proses logistic terkait dan menghubungkan sistem – sistem logoistik yang telah ada.
Dimana saja dapat mengakses portal NLE?
Portal NLE dapat diakses pada website https://nle.kemenkeu.go.id/portal/#/login
Pihak mana yang dapat mengakses portal NLE?
Portal NLE dapat diakses seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan logistik barang antara lain oleh pihak Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Para Eksportir, Para Importir, Penyedia Jasa (trucker, warehouse, port).
Apabila saya Penyedia Jasa, Apa saja yang perlu saya lakukan untuk mendaftar dan menggunakan Portal NLE?
Bagi para Penyedia Jasa (Service Provider) yang ingin intergrasi dengan Portal NLE, maka Penyedia Jasa dapat menghubungi tim Khusus NLE pada Email : nle@customs.go.id atau telepon: 021-1500225
Apabila saya Exportir/Importir, Apa saja yang perlu saya lakukan untuk mendaftar dan menggunakan Portal NLE?
exportir/importir dapat langsung melakukan pendaftaran melalui halaman https://customer.beacukai.go.id/index.html?page=registrasi
Jasa apa yang dapat dipesan melalui NLE
Melalui NLE, exportir/importir dapat memesan jasa yang terkait dengan logistik seperti jasa kepelabuhanan, truck dan pergudangan
Metode pembayaran dan channel Bank yang di support Portal NLE?
Untuk setiap pemesanan jasa oleh exportir/importir, NLE akan memberikan satu nomor Virtual Account (yang hanya dapat dibayarkan sekali). Pembayaran NLE dapat dilakukan pada seluruh channel Bank Mandiri seperti livin by Mandiri, Mandiri Cash Management, Mandiri Internet Business, ATM, Cabang Bank Mandiri dan online transfer antarbank. Pembayar cukup memasukan kode biller 88855 (NLE) dan memasukkan no Virtual Account tersebut
Kapan pembayaran dapat dilakukan?
pembayaran dapat dilakukan setiap hari sesuai jam operasional channel pembayaran
Bagaimana tahap tahap pembayaran di Mandiri Cash Management?
-
Pembayar memasukkan corp ID, User ID dan Password
-
Pembayar memilih menu Bill Payment - Bill Payment
-
Pembayar memasukkan kode biller 88855 (NLE) dan memasukkan nomor virtual account
-
Pembayar memeriksa data pembayaran yang muncul di layar
-
Pembayar mengklik submit dan memberi persetujuan bayar sesuai matrix approval internal perusahaan
-
Pembayar dapat mengunduh data pembayaran di menu Transaction Status
Bagaimana tahap tahap pembayaran di ATM Mandiri
-
Pembayar memilih Bayar / Beli
-
Pembayar memilih Lainnya
-
Pembayar memasukkan kode biller 88855 (NLE) dan memasukkan nomor virtual account
-
Pembayar memeriksa data pembayaran yang muncul di layar
-
Pembayar memilih Ya untuk melanjutkan pembayaran
-
Pembayar menyimpan bukti bayar dari ATM
Bagaimana tahap tahap pembayaran di Cabang Bank Mandiri Terdekat
-
Pembayar mengisi slip Aplikasi Setoran/Transfer/Kliring/Inkaso
-
Pembayar mengisi:
-
NLE (Kode Biller 88855) pada kolom nama Penerima
-
Nomor virtual account pada kolom Nomor Rekening Penerima
-
Bank Mandiri pada kolom bank penerima
-
Sumber dana pembayaran
-
Pembayar menyampaikan Slip ke teler untuk dilanjutkan dengan pembayaran
-
Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000