
Mandiri’s Human Capital Overview
Human Capital Bank Mandiri memiliki tujuan untuk menciptakan pegawai yang dapat mendorong pertumbuhan, bisnis berkelanjutan, dan mengembangkan pemimpin-pemimpin masa depan. Hal tersebut dilakukan dengan akselerasi pemenuhan dan peningkatan produktivitas, pengembangan kemampuan pegawai, hingga memperkuat pegawai dengan nilai-nilai AKHLAK dan EVP Bank Mandiri. Human Capital hadir untuk mendukung strategi Perusahaan, menciptakan employee experience yang meaningful, hingga berkontribusi dalam menciptakan talenta-talenta terbaik untuk Indonesia.
Mandiri’s Employee Value Proposition (EVP)
Learn
Memperoleh/menguatkan pengetahuan, perilaku, keterampilan atau nilai-nilai baru yang berbeda
Synergize
Berkembang secara personal maupun profesional
Grow
Bekerja sama demi kepentingan bersama dalam mencapai visi dan misi perusahaan
Contribute to Indonesia
Mempunyai kontribusi dan andil, serta memberikan makna dan manfaat bagi Indonesia
Bank Mandiri menghargai kreativitas yang muncul dari berbagai latar belakang kepribadian dan budaya yang berbeda. Setiap karyawan diterima untuk menjadi bagian dari tim yang inklusif. Bank Mandiri menghargai keberagaman, dan menerima serta memperlakukan karyawan dengan setara tanpa memandang latar belakang etnis, jenis kelamin, pendidikan, agama atau yang lainnya. Kebijakan kesetaraan dan keberagaman ini diterapkan sejak awal proses penerimaan karyawan, dan dilanjutkan dalam sistem pelatihan dan promosi. Kesempatan setara juga diberikan melalui kebijakan penerimaan karyawan bagi seluruh penduduk Indonesia untuk meniti karir bersama Bank Mandiri. Seluruh karyawan Bank Mandiri adalah penduduk Indonesia yang berasal dari berbagai wilayah.
Total Karyawan

Karyawan dengan disabilitas

Komposisi Keragaman Gender

Karyawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan jabatan

Strategi Pengelolaan Karyawan
Pengembangan talenta adalah kunci dalam mempersiapkan pemimpin masa depan. Keberagaman dan kesetaraan menjadi landasan utama dalam setiap proses rekrutmen Bank Mandiri, dengan fokus pada kemampuan, keterampilan, dan pengalaman kandidat. Bank Mandiri mendukung tenaga kerja yang beragam melalui kebijakan yang inklusif, pelatihan yang memperkuat pemahaman akan keberagaman, serta penciptaan budaya kerja yang menghormati perbedaan dan mendorong kolaborasi antarindividu. Kami memastikan bahwa proses seleksi dilakukan tanpa mempertimbangkan ras, jenis kelamin, agama, status perkawinan, atau disabilitas. Kebijakan ini selaras dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku, seperti UU No. 13 Tahun 2003 Jo. UU No. 6 Tahun 2023 dan PP No. 35 Tahun 2021. Selain itu, kompensasi yang diberikan lebih dari sekadar memenuhi ketentuan hukum, dengan pemberian pesangon dan penghargaan masa kerja yang lebih tinggi dari yang ditetapkan oleh UU Ketenagakerjaan.
Sebagai wujud komitmen terhadap keberagaman, Bank Mandiri juga mengadopsi pendekatan yang mendukung representasi masyarakat lokal dalam manajemen senior di lokasi operasi signifikan. Pada tahun 2024, 99,4% dari manajemen senior kami berasal dari masyarakat lokal, di mana manajemen senior didefinisikan sebagai BOD-1, sementara lokasi operasi signifikan merujuk pada wilayah operasi signifikan kami, yaitu Indonesia. Kami percaya bahwa keterlibatan masyarakat lokal dalam posisi manajerial dapat memperkaya perspektif strategis perusahaan, menciptakan dampak positif dalam komunitas, dan mencerminkan keberagaman yang ada di lingkungan kerja kami.
Selain itu, Bank Mandiri terus memperbarui seluruh program perekrutan talenta untuk memastikan keselarasan dengan prioritas strategis Bank. Untuk menentukan estimasi kebutuhan perekrutan secara akurat, Bank Mandiri melakukan prakiraan kebutuhan perekrutan (forecast hiring needs) dengan menganalisis pegawai yang akan pensiun, perubahan strategi bisnis dan operasional, serta estimasi perputaran pegawai.
Perkiraan Jumlah Karyawan 2024
