alfamart - SUKHA - FIX

Livin'   /   Syarat dan Ketentuan   /  Alfamart

SYARAT DAN KETENTUAN PEMBELIAN PRODUK ALFAMART MELALUI LIVIN’ SUKHA

DEFINISI

  • Aplikasi Livin’ adalah aplikasi mobile banking yang dimiliki dan dioperasikan oleh Bank Mandiri.
  • Livin’ Sukha adalah fitur di Livin’ by Mandiri yang membantu Pengguna untuk memenuhi kebutuhan Transaksi dalam satu aplikasi melalui Livin’ by Mandiri.
  • Bank Mandiri adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
  • Mindstores adalah PT Tiga Akar Mimpi selaku aggregator Hub yang menguhubungkan sistem transaksi jual beli antara Livin’ Mandiri dengan Alfamart di seluruh Indonesia secara online, sehingga Pengguna dapat melakukan transaksi groceries dengan pengiriman cepat (Quick Commerce) dari Alfamart terdekat sesuai dengan alamat pengiriman.
  • Alfamart adalah PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang bekerja sama dengan Mindstores dan akan melakukan pemenuhan pengiriman produk yang ditransaksikan oleh Pengguna.
  • Pengguna adalah nasabah Bank Mandiri yang melakukan Transaksi di Livin’ Sukha.
  • Transaksi adalah proses pembelian Produk di Livin’ Sukha oleh Pengguna.
  • Produk adalah produk kebutuhan sehari-hari (groceries product) yang disediakan oleh Alfamart melalui Mitra dan dapat dipesan oleh Pengguna secara langsung melalui Livin’ Sukha.
  • Data Pribadi adalah sebagaimana didefinisikan dalam Undang-Undang.
 

KETENTUAN LAYANAN

  • Dengan melakukan pembelian Produk, Pengguna dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  • Penyediaan Produk melalui Livin’ Sukha merupakan kerja sama antara Alfamart melalui Mindstores dengan Bank Mandiri. Pembelian Produk yang dilakukan oleh Pengguna melalui Livin’ Sukha merupakan hubungan kontraktual hukum yang mengikat antara Pengguna dan Mindstores. Dalam hal ini, Bank Mandiri hanya bertindak sebagai pihak yang memunculkan menu pembelian Produk dan memfasilitasi pemrosesan pembayaran Produk.
  • Dengan melakukan Transaksi, maka Pengguna menyatakan setuju:
    • Tidak akan menyalin informasi apapun termasuk layanan yang tersedia di dalam Livin’ Sukha untuk segala macam tujuan selain tujuan pembelian Produk;
    • Tidak akan mengunduh, mereproduksi, atau menampilkan segala produk, informasi, atau layanan yang tersedia di Livin’ Sukha untuk tujuan apa pun selain tujuan pembelian Produk.
    • Tidak akan menggunakan dan/atau mengakses sistem Livin’ Sukha secara langsung atau tidak langsung baik keseluruhan atau sebagian dengan cara apa pun yang dapat melemahkan, merusak, mengganggu atau menghambat, membatasi, dan/atau mengambil alih fungsionalitas serta integritas dari sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan, dan/atau data pada Livin’ Sukha.
    • Data Pribadi Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada nomor telepon, dan/atau email dapat diberikan ke Mindstores untuk tujuan pembelian Produk. Sedangkan, untuk data termasuk namun tidak terbatas berupa nama, alamat, nomor telepon Pengguna dapat diberikan oleh Mindstores kepada kurir untuk tujuan pengiriman Produk. Pengguna dan/atau pihak yang menerima Produk melalui Pengguna memberikan persetujuan kepada Bank Mandiri dan/atau Mindstores untuk dapat melakukan pemrosesan Data Pribadi tersebut guna meningkatkan kualitas pelayanan Livin’ Sukha bagi Pengguna.
    • Pengguna dan/atau pihak yang menerima Produk melalui Pengguna memberikan persetujuan kepada Mindstores dan/atau Bank Mandiri untuk membagikan Data Pribadi sebagaimana dimaksud pada huruf d dengan badan hukum dan/atau individu lain sehubungan dengan pembelian Produk oleh Pengguna untuk tujuan yang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Data Pengguna yang disampaikan akan didokumentasikan dan digunakan oleh Mindstores sesuai ketentuan yang berlaku.
 

PEMBELIAN & PEMBAYARAN

  • Pengguna wajib mengisi data Pengguna dengan lengkap dan benar. Jika terdapat kesalahan pengisian data yang menyebabkan kerugian bagi Pengguna dan/atau pihak ketiga mana pun, maka hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna, termasuk tidak akuratnya alamat yang disampaikan Pengguna.
  • Sebelum melakukan pembelian, Pengguna wajib membaca dan memahami informasi keseluruhan terkait Produk, termasuk namun tidak terbatas pada deskripsi, fungsi, varian, kualitas, cara penggunaan, serta kompatibilitas Produk.
  • Dalam pembelian Produk, Pengguna dapat melakukan pembayaran melalui Virtual Account yang disediakan oleh Bank Mandiri pada Aplikasi Livin’ Sukha.
  • Khusus transaksi pembayaran yang menggunakan metode debit langsung dari rekening Pengguna, maka Pengguna wajib memastikan saldo di rekening mencukupi.
  • Jika Pengguna menggunakan metode pembayaran lain seperti kartu kredit, maka penggunaannya mengacu pada ketentuan masing-masing produk yang berlaku di Bank Mandiri, termasuk biaya bunga, dan/atau denda.
  • Pembayaran oleh Pengguna wajib dilakukan selambat-lambatnya 24 jam setelah Pengguna melakukan checkout. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran belum dilakukan, maka Bank Mandiri berhak membatalkan transaksi tersebut dan Pengguna harus mengulangi proses pembelian dari awal.
  • Transaksi akan diproses setelah pembayaran berhasil diverifikasi dan Pengguna akan mendapatkan konfirmasi pembelian Produk dari Mindstores melalui update status transaksi dalam menu Alfamart pada platform Mitra di Livin’ Sukha.
  • Ketersediaan Produk dapat berubah sewaktu-waktu dan merupakan tanggung jawab dari Mindstores. Dalam hal stok produk tidak tersedia, maka Mindstores berhak untuk menolak dan/atau membatalkan pembelian Produk yang akan diinformasikan oleh Mindstores melalui aplikasi Livin’ dan/atau media lainnya sesuai ketentuan Mindstores dan Bank Mandiri.
  • Pengiriman Produk menggunakan layanan quick delivery, dengan ketentuan:
    • Pengiriman Produk dalam setiap transaksi akan dikirimkan dari 3000 toko Alfamart di sekitar alamat Pengguna.
    • Sistem akan mendeteksi toko terdekat dengan availability stok yang ada.
    • Waktu pengiriman berlangsung dari pukul 08.00 hingga 20.00. Pesanan yang diterima melewati waktu tersebut akan dikirimkan pada hari berikutnya.
    • Estimasi pengiriman sekitar 1 sampai 2 jam setelah pesanan dibayar atau tergantung dari traffic Transaksi.
    • Jika dalam proses pengiriman pihak kurir tidak menemukan alamat, maka kurir akan menghubungi Pengguna melalui telepon. Apabila Pengguna tetap tidak dapat dihubungi, maka Alfamart akan membatalkan Transaksi dan dana akan dikembalikan (tidak termasuk biaya layanan atas Transaksi)
 

HARGA & PROMOSI

  • Harga untuk setiap produk yang tercantum di Livin’ Sukha adalah harga yang ditetapkan oleh Alfamart melalui Mindstores dan dapat berubah sewaktu-waktu. Transaksi di Livin’ Sukha hanya dapat dilakukan dalam mata uang Rupiah.
  • Biaya dapat bervariasi per Transaksi tergantung dari jenis dan jumlah produk yang dibeli dengan rincian yang dapat Pengguna lihat sebelum melakukan pembayaran.
  • Dengan melakukan pemesanan melalui Livin’ Sukha, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga produk, ongkos kirim, paper bag, dan biaya jasa aplikasi.
  • Alfamart melalui Mindstores dapat menawarkan harga yang lebih rendah dan/atau promosi dari waktu ke waktu melalui sarana komunikasi resmi Mindstores & Mandiri livin seperti email, aplikasi, atau situs web dan/atau platform lainnya sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku di Mindstores. Apabila ada promosi yang diberikan oleh Mindstores secara langsung di luar Livin’ Sukha, maka hak dan wewenang atas promosi tersebut sepenuhnya berada pada Mindstores.
     

KLASIFIKASI PRODUK

  • Kebutuhan Ibu & Anak: Produk seperti pakaian anak, perlengkapan bayi, mainan edukasi, dan produk kesehatan ibu dan anak.
  • Makanan: Makanan ringan dan bahan makanan lainnya.
  • Minuman: Minuman ringan, jus, kopi, dan teh.
  • Produk Segar & Beku: Sayuran, buah-buahan, daging, ikan, dan produk makanan beku lainnya.
  • Kebutuhan Dapur: Bumbu dapur, alat masak, dan peralatan dapur lainnya.
  • Kebutuhan Kesehatan: Suplemen, obat-obatan, dan produk kesehatan lainnya.
  • Lifestyle: Aksesoris handphone, earphone, dan power adaptor.
  • Pet Foods: Makanan untuk hewan peliharaan.
     

PEMBATALAN, PENGEMBALIAN PRODUK (RETUR), DAN PENGEMBALIAN DANA (REFUND)

  • Permintaan pembatalan hanya dapat dilakukan sebelum proses pembayaran atau Transaksi diproses oleh Bank Mandiri dan/atau sebelum pesanan dikonfirmasi oleh Mindstores. Setelah Transaksi diproses, maka retur atau refund wajib diajukan kepada dan diselesaikan secara langsung dengan Mindstores.
  • Retur hanya dapat dilakukan dalam hal keadaan Produk yang dikirimkan :
    • Produk yang dikirimkan tidak sesuai pesanan.
    • Jika produk kosong atau stok tidak tersedia, maka menjadi tanggung jawab tim operation toko Alfamart melalui Mindstores untuk mencarikan produk di toko Alfamart terdekat lainnya atau gudang. Sehingga retur tidak terjadi pada poin B. Apabila memang produk tidak tersedia akan masuk pada poin refund.
  • Retur hanya dapat dilakukan dalam hal keadaan Produk yang dikirimkan :
    • Produk yang sudah dibeli karena satu dan lain hal stok dalam toko Alfamart kosong.
    • Transaksi yang sudah dilakukan lebih dari 3 hari tetapi Produk tidak terkirim.
    • Alamat konsumen tidak ditemukan dan nomor handphone ketika dihubungi tidak aktif.
  • Dalam proses penerimaan Produk, Pengguna wajib untuk melakukan pengecekan ulang terhadap Produk yang sudah dibeli, proses retur akan ditolak ketika kurir sudah meninggalkan alamat/ lokasi pengiriman.
  • Proses refund akan dilakukan dengan SLA 14 hari kerja setelah proses pengajuan refund diterima oleh Mindstores.
  • Pengembalian nominal refund tidak termasuk dengan pengembalian biaya transaksi yang telah dibayarkan oleh Pengguna.
  • Retur atau refund wajib diajukan kepada dan diselesaikan secara langsung dengan Alfamart melalui Mindstores sesuai Syarat dan Ketentuan Alfamart dan Mindstores.
     

KESANGGUPAN PENGGUNA

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa :

  • Seluruh deskripsi Produk yang dicantumkan di Livin’ Sukha berasal dari Mindstores sehingga Bank Mandiri tidak memberikan jaminan apapun termasuk kualitas Produk, kesesuaiannya dengan harapan Pengguna, dan jangka waktu penyampaian Produk kepada Pengguna. Seluruh hal tersebut merupakan kewenangan dan menjadi tanggung jawab Mindstores sepenuhnya.
  • Spesifikasi Produk, termasuk namun tidak terbatas pada warna, sebagaimana ditampilkan di Livin’ Sukha hanyalah ilustrasi dari Mindstores dan tergantung pada monitor atau layar handphone Pengguna sehingga ketidaksesuaian atas spesifikasi Produk menjadi tanggung jawab Mindstores sepenuhnya.
  • Waktu pengiriman Produk yang ditampilkan di Livin’ Sukha bersifat perkiraan atau estimasi dan dapat berubah. Bank Mandiri tidak dapat memberikan jaminan bahwa Produk akan tiba tepat waktu sesuai dengan estimasi yang ditampilkan di Livin’ Sukha.
  • Pengguna memberikan kuasa kepada Bank Mandiri untuk melakukan pendebitan dan/atau pengkreditan sumber pembayaran Pengguna dalam rangka termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran, koreksi Transaksi, maupun pengembalian dana.
  • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa meskipun Produk dan/atau pemenuhan Syarat Ketentuan ini merupakan wewenang Mindstores, namun ketentuan transaksi pembayaran dan penggunaan Aplikasi Livin’ dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Bank Mandiri sehingga seluruh hal terkait aspek transaksi termasuk namun tidak terbatas pada instruksi yang diberikan Pengguna, penggunaan Aplikasi Livin’, dan/atau kebijakan privasi Bank Mandiri tunduk pada ketentuan produk dana di Bank Mandiri serta Syarat dan Ketentuan Aplikasi Livin’. Tidak ada ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang mengurangi atau membatasi keberlakuan dari pernyataan dan jaminan yang diberikan Pengguna dalam Syarat dan Ketentuan Livin’.
     

INDEMNIFIKASI

  • Pengguna memahami bahwa Mindstores dan/atau Bank Mandiri tidak bertanggung jawab atau memberikan ganti rugi dalam bentuk apapun kepada pihak mana pun atas seluruh gugatan, tuntutan, dan/atau tindakan hukum lainnya dalam bentuk apa pun atas keterlambatan dan/atau kegagalan Mindstores dan/atau Bank Mandiri dalam memenuhi kewajibannya terkait dengan pembelian Produk yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan Mindstoresdan/atau Bank Mandiri, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, perang, huru-hara, sabotase, gangguan sistem, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, dan/atau kebijakan pemerintah.
  • Mindstores dan/atau Bank Mandiri tidak memberikan pernyataan, garansi, atau jaminan apa pun termasuk jaminan kualitas yang memuaskan, kesesuaiannya untuk suatu tujuan, akurasi, keandalan, dan kebebasan dari perangkat perusak (malware), email phishing, sehubungan dengan pembelian Produk melalui Livin’ Sukha.
  • Dokumen elektronik yang diterbitkan oleh Mindstores dan/atau Bank Mandiri sehubungan dengan pembelian Produk merupakan alat bukti yang sah dan mengikat Pengguna serta Pengguna tidak menyangkal kebenaran dari dokumen elektronik tersebut.
  • Isi pelaksanaan dan pemenuhan Syarat dan Ketentuan ini merupakan kewenangan dari Mindstores. Apabila terjadi permasalahan yang Pengguna alami terkait Produk, Bank Mandiri dapat dengan upaya terbaik Bank Mandiri, membantu mempertemukan Pengguna dengan Mindstores dan/atau jasa ekspedisi untuk mencari penyelesaian atas masalah tersebut. Namun demikian, penyelesaian wajib dilakukan oleh Pengguna dengan Mindstores dan/atau jasa ekspedisi sehingga Bank Mandiri tidak mempunyai kewajiban apapun terhadap setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Pengguna, Mindstores, dan/atau jasa ekspedisi, termasuk pada mengambil tindakan hukum yang dianggap perlu oleh Pengguna, Mindstores, dan/atau jasa ekspedisi.


PENYAMPAIAN INFORMASI DAN PENANGANAN KELUHAN

  • Mindstores melalui Bank Mandiri berhak mengubah Syarat dan Ketentuan ini dan perubahan tersebut akan berlaku efektif dengan pemberitahuan dari Bank Mandiri 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum perubahan tersebut berlaku efektif, atau sesuai jangka waktu yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengguna diwajibkan untuk membaca dengan baik secara berkala setiap perubahan tersebut sehingga apabila Pengguna tetap mengakses dan/atau melakukan pembelian Produk, Pengguna dianggap telah mengetahui, memahami, dan menyetujui perubahan tersebut.
  • Pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan melalui:
    • Transaksi pembayaran : Mandiri Call 14000
    • Pengiriman & Operasional : 081568338266
    • Email : cs@mymindstores.com