Edukasi E-commerce
Edukasi E-commerce

Frequently Asked Questions (FAQ)
Mandiri E-Commerce (Internet Acquiring)
Apa itu layanan Mandiri E-Commerce?
Layanan Mandiri E-Commerce merupakan solusi perbankan berupa API pembayaran yang dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan penerimaan pembayaran transaksi dengan kartu tanpa tatap muka (secara online), baik melalui website nasabah maupun tanpa website.
Jenis kartu apa yang dapat ditransaksikan melalui layanan Mandiri E-Commerce?
Seluruh jenis kartu kredit/debit Bank Mandiri maupun bank lain yang berlogo Visa, Mastercard, dan JCB.
Siapa saja yang bisa menggunakan layanan Mandiri E-Commerce?
Layanan ini dapat digunakan oleh nasabah perusahaan/yayasan/universitas yang berbadan hukum serta Badan Layanan Umum Pemerintah.
Apakah nasabah harus mempunyai website atau aplikasi untuk menggunakan layanan Mandiri E-Commerce?
Secara ideal, transaksi online dilakukan melalui media website maupun aplikasi milik merchant. Apabila merchant tidak memiliki website , layanan Mandiri E-Commerce dapat digunakan melalui fitur Payment Link.
Apa itu Payment Link?
Payment Link merupakan fitur e-commerce berupa link pembayaran yang dikirimkan oleh merchant ke usernya melalui SMS, WhatsApp atau e-mail untuk melakukan penagihan pembayaran. Proses transaksi ini dilakukan tanpa integrasi dengan website.
Keuntungan menggunakan layanan Mandiri E-Commerce/Payment Link dibandingkan yang lain?
- Bank Mandiri memiliki database pemegang kartu yang luas.
- Merchant Discount Rate (MDR) yang kompetitif.
- Terintegrasi dengan banyak pilihan Payment Gateway yang dilengkapi dengan layanan Fraud Detection System (FDS).
- Dilengkapi dengan realtime dashboard monitoring transaksi.
- Kesempatan untuk mendapatkan program promosi dengan Bank Mandiri.
- Menyediakan layanan helpdesk yang akan membantu operasional selama 24 Jam x 7 Hari.
Fitur apa saja yang dapat digunakan dalam layanan Mandiri E-Commerce/Payment Link?
- Secure Transaction (3d Secure), yang menggunakan One Time Password (OTP) untuk verifikasi.
- Fitur Cicilan Bank Mandiri (Power Buy) dengan tenor 3,6,12,dan 18 bulan.
- Refund Online, proses pengembalian dana / refund langsung secara online melalui dashboard (tanpa harus menggunakan form yang dikirimkan ke customer service).
- Pre-Authentication, yaitu transaksi untuk mencadangkan dana dari limit kartu untuk transaksi selanjutnya. Seperti fitur pre auth jika di EDC.
- Direct Debit, menerima pembayaran menggunakan kartu debit bank Mandiri yang terintegrasi dengan layanan SMS Banking.
Hal apa saja yang harus dipersiapkan oleh nasabah untuk menggunakan layanan Mandiri E-Commerce?
- Memiliki website/aplikasi dengan kriteria sbb: (opsional untuk fitur Payment Link)
- bersertifikasi SSL
- memiliki katalog dan deskripsi produk
- bertransaksi dalam mata uang Rupiah
- memuat syarat & ketentuan pengembalian barang
- memiliki kontak customer care
- Memiliki system Fraud Detection System baik yang dimiliki sendiri atau melalui Payment Gateway.
Payment Gateway apa saja yang sudah bekerjasama dengan layanan Mandiri E-Commerce/Payment Link?
Midtrans, Doku, Nicepay, Infinitium, Cybersource, MTI.
Dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar layanan Mandiri E-Commerce/Payment Link?
- Form Aplikasi & PKS yang telah ditandatangani nasabah.
- Form FDS (Fraud Detection System) Payment Gateway.
- Dokumen legal perusahaan, yaitu : Salinan Akta Pendirian/Perubahan, Salinan Surat Pengesahan Menteri Hukum dan HAM RI, Salinan KTP/Passport/KITAP/KITAS Direktur, Salinan NPWP (Perusahaan), Salinan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), Salinan NIB/TDP.
- Sales Receipt
Biaya apa saja yang menjadi komponen dalam menggunakan layanan Mandiri E-commerce/Payment Link?
Merchant Discount Rate (MDR) yang akan dibebankan langsung ke dana settlement (tidak termasuk biaya layanan FDS Payment Gateway)
Bagaimana alur pendaftaran Mandiri E-Commerce/Payment Link?
Merchant dapat mengajukan ke cabang Bank Mandiri terdekat dengan flow onboarding sebagai berikut:
Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000