Press Release Detail Portlet

DAILY ECONOMIC AND MARKET REVIEW

Thursday, 11 September 2025

DAILY ECONOMIC AND MARKET REVIEW
Office of Chief Economist, PT Bank Mandiri
September, 11, 2025 | Daily Economic Review: Pergeseran Perilaku Konsumen FMCG di Indonesia

Prioritas belanja rumah tangga di Indonesia secara umum bergeser lebih ke arah pemenuhan kebutuhan pokok selama periode 2019-2024, menurut survei sosial ekonomi nasional Maret 2019 dan 2024.
Hal ini tercermin dari kenaikan rata-rata porsi pengeluaran untuk barang konsumsi (Fast-Moving Consumer Goods/FMCG) dari 29,5% menjadi 30,2% dari total belanja rumah tangga. Pendorong utama dari tren ini adalah peningkatan alokasi anggaran untuk makanan, yang proporsinya naik dari 15,7% menjadi 16,3%.

Peningkatan agregat tersebut ternyata secara spesifik diakibatkan perubahan perilaku konsumsi pada kelompok masyarakat kelas atas dan menengah.
Porsi belanja FMCG pada kelas menengah meningkat dari 21,6% menjadi 22,8%, dengan kenaikan signifikan pada alokasi makanan dari 8,7% menjadi 9,9%.

Fenomena sebaliknya justru terjadi pada kelompok masyarakat berpendapatan rendah.
Proporsi belanja makanan FMCG pada kelompok miskin mengalami penurunan dari 26,7% menjadi 25,3%. Ironisnya, penurunan pada pos belanja nutrisi ini diiringi oleh kenaikan tipis pada porsi belanja produk tembakau dari 5,7% menjadi 6,0%. Pola ini mengisyaratkan adanya trade-off dalam alokasi belanja rumah tangga miskin, di mana pemenuhan kebutuhan pokok terpaksa bersaing dengan pengeluaran nonesensial lainnya.

Prospek pasar FMCG ke depan akan sangat bergantung pada kemampuan perusahaan merespons polarisasi daya beli konsumen.
Pertumbuhan nilai pasar akan terus ditopang oleh segmen kelas atas yang permintaannya terhadap produk premium dan beragam terus meningkat. Namun, keberlanjutan volume pasar secara keseluruhan ditentukan oleh kemampuan produk untuk tetap terjangkau bagi segmen menengah ke bawah. Dengan demikian, prospek industri tetap kuat selama para pemain mampu menyeimbangkan inovasi produk dengan strategi harga yang tepat untuk kedua segmen tersebut. (ha)

Untuk informasi yang lebih lengkap, Report tersebut dapat Bapak/Ibu unduh pada website kami melalui link berikut ini: