Livin' Merchant - Laporan Pencairan
Laporan Pencairan 2025
Cara Cek Laporan Pencairan
Pilih menu Laporan
Tap Laporan Pencairan
Tap pada tab Pencairan. Anda dapat melihat pencairan outlet setiap harinya dan tap salah satu pencairan untuk melihat detail tranksaksi atas pencairan tersebut.
Detail pencairan menampilkan seluruh transaksi serta informasi nomor rekening yang digunakan. Anda dapat melihat detail transaksi yang berhasil dicairkan.
R5 - FAQ - Pencairan
Frequently Asked Questions
Apa itu Laporan Pencairan?
Laporan pencairan berisi informasi daftar pencairan dana ke rekening Merchant untuk transaksi yang dilakukan melalui:
- QRIS Statis
- QRIS Dinamis
- Card Dongle
Kenapa dana transaksi belum cair?
- Belum Cair: Belum melewati batch pencairan, dan tidak dilakukan On Demand
- Penarikan Instan: Berhasil dilakukan On Demand sebagian untuk QRIS Statis dan QRIS Dinamis
- Dibatalkan: Berhasil dilakukan void transaksi Card Dongle & tidak dicairkan ke rekening merchant
Apa itu status pencairan "Tercatat"?
Status "Tercatat" adalah status yang diberikan untuk transaksi yang dibayar dengan cara Transfer, Tunai dan EDC. Status ini diberikan, karena pelaksanaan pembayaran dilakukan di luar sistem Livin Merchant.
Kenapa transaksi saya berstatus "Terkendala"?
Transaksi Terkendala dapat disebabkan karena:
- Rekening Merchant tidak aktif
- Nominal pencairan melebihi limit pencairan QRIS/Card Dongle
- Transaksi mencurigakan yang harus divalidasi terlebih dahulu oleh Bank
Apa itu status pencairan "Sudah Cair"?
Status "Sudah Cair" menandakan bahwa dana transaksi QRIS/Card Dongle sudah masuk ke Rekening Merchant.
Apa itu status "Pengembalian Dana"?
Status "Pengembalian Dana" adalah status yang diberikan untuk pesanan yang dibatalkan. Dana harus dikembalikan manual kepada pembeli.
Apa itu status "Dibatalkan"?
Status "Dibatalkan" adalah status yang diberikan untuk transaksi Card Dongle yang dibatalkan (void). Pada transaksi card dongle yang sukses dibatalkan/void, Merchant tidak perlu mengembalikan dana secara manual ke pembeli, karena pengembalian dana berjalan otomatis.
Berapa lama periode maksimum transaksi pencairan yang dapat dilihat?
Periode transaksi maksimum yang disimpan oleh Livin' Merchant adalah 6 bulan terakhir.
Bagaimana cara mengubah periode transaksi pencairan yang ditampilkan?
- Pada halaman Transaksi Pencairan, tap pada dropdown periode
- Pilih periode transaksi yang ingin dilihat sesuai kebutuhan
Bagaimana jika jumlah nominal transaksi yang masuk melebihi limit pencairan hari ini?
Jika nominal melebihi limit pencairan harian, maka kelebihan dana akan dicairkan pada waktu pencairan berikutnya setelah divalidasi. Informasi besaran dana yang belum dicairkan ditampilkan pada informasi Pencairan Terjadwal.
Bagaimana Bank akan memberitahu saya ketika ada perubahan MDR?
Apabila terdapat perubahan MDR, Bank Mandiri akan menginformasikan melalui channel informasi Bank Mandiri, tidak terbatas pada notifikasi aplikasi, email atau media sosial.
Ke mana saya bisa bertanya mengenai pencairan yang kurang?
Apabila pencairan yang kamu dapatkan kurang dari yang seharusnya total nominal hasil penjualanmu, hubungi call center Merchant Helpdesk (14021).
Siapa saja user yang dapat mengakses laporan?
Hanya Pemilik dan Manager yang dapat mengakses laporan. Apabila terdapat Kasir yang membutuhkan akses laporan, Pemilik dapat memberikan role Manager untuk pegawai tersebut melalui menu Pegawai pada Settings.

