Livin' Merchant 1.4.0 Version
Update Versi LVM

Update Versi Livin’ Merchant
A. Sekilas mengenai Livin’ Merchant versi 1.4.0
Apa saja yang baru di Livin’ Merchant versi 1.4.0?
Sekarang jualan jadi makin gampang. Di versi terbaru ini, ada beberapa kemudahan yang bisa langsung merchant rasakan:
- Peningkatan layanan registrasi: perluasan kategori jenis usaha sehingga sesuai kebutuhan merchant, dan kini pendaftaran dapat dilakukan dimana saja.
- Peningkatan layanan multi outlet: verifikasi penambahan outlet dilakukan oleh sistem sehingga merchant dapat menambahkan outlet dalam hitungan menit.
- Peningkatan layanan pembayaran:
- Semua fitur pembayaran di Livin’ Merchant, termasuk Card Dongle dapat digunakan merchant mulai dari level Standar (dengan limit pencairan sesuai level)
- Terima pembayaran QRIS Dinamis dan Card Dongle praktis dari home screen (shortcut)
- Pantau transaksi masuk dengan notifikasi nominal suara real-time, tanpa biaya tambahan
- Peningkatan layanan pencairan:
- Bebas pilih opsi pencairan QRIS: real-time, batch 5x sehari, atau tarik instan kebutuhanmu (on demand)
- Belanja kebutuhan usaha semakin mudah, dengan tambahan distributor di beberapa wilayah*
*Saat ini tersedia bagi merchant dengan lokasi usaha di wilayah Tangerang Selatan dan Jakarta Utara
Bagaimana cara untuk dapat menikmati layanan fitur-fitur Livin’ Merchant versi 1.4.0?
Untuk dapat menikmati layanan Livin’ Merchant versi 1.4.0, merchant dapat melakukan update aplikasi melalui Play Store melalui langkah-langkah sebagai berikut:
- Cari “Livin’ Merchant” pada kolom pencarian Play Store dan klik aplikasi Livin’ Merchant (icon biru)
- Klik Update
- Klik Buka untuk masuk ke aplikasi Livin’ Merchant terbaru
Bagaimana cara mengetahui bahwa aplikasi Livin’ Merchant yang digunakan oleh merchant sudah versi terbaru 1.4.0?
Merchant dapat membuka aplikasi Livin’ Merchant lalu mengikuti langkah-langkah berikut:
- Buka menu “Settings” pada aplikasi Livin’ Merchant
- Scroll ke bawah halaman hingga muncul keterangan “versi” aplikasi yang digunakan
Apa yang harus dilakukan jika terdapat isu layanan pada aplikasi Livin’ Merchant versi 1.4.0?
Anda dapat melakukan pengecekan status transaksi/pencairan serta akses layanan fitur dengan menghubungi layanan contact center 24/7 Livin’ Merchant sebagai berikut:
- Merchant Call Center 14021, untuk layanan pertanyaan melalui telepon.
- WA Merchant Contact Center 08114014021, untuk layanan pertanyaan melalui WA chat.
- Email Merchant Contact Center hiyokke@yokke.co.id, untuk layanan pertanyaan melalui email.
B. Peningkatan layanan onboarding
Apakah bisa dilakukan perubahan e-mail outlet di Livin’ Merchant versi 1.4.0?
Ya. Merchant bisa melakukan perubahan e-mail masing-masing outlet dengan mengakses menu Settings lalu membuka profil outlet atau klik menu Outlet dan pilih outlet yang mau diperbarui e-mail-nya.
E-mail outlet perlu diverifikasi agar dapat menerima informasi seputar aktivitas di Livin’ Merchant, seperti notifikasi QRIS Statis, Laporan MSR, dan notifikasi lainnya termasuk apabila merchant melakukan unduh Laporan Pendapatan atau membuat PIN pada aplikasi Livin’ Merchant.
Apa saja perubahan pada proses registrasi di Livin’ Merchant versi 1.4.0?
Terdapat beberapa pembaruan yang dilakukan untuk memudahkan merchant dalam melakukan registrasi di Livin’ Merchant termasuk:
- Penambahan informasi di halaman Pilih Nomor Rekening jika nomor handphone yang terdaftar di rekening merchant sudah terdaftar di akun Livin’ Merchant lainnya atau terdaftar sebagai nomor handphone pegawai di akun Livin’ Merchant lainnya.
Contoh tampilan informasi:
- Penambahan halaman Konfirmasi Data Usaha untuk fitur pendaftaran Badan Usaha agar merchant dapat memastikan data usaha yang diinput untuk registrasi akun Livin’ Merchant sudah sesuai.
Contoh halaman Konfirmasi Data Usaha:
Apakah pengguna lama (sebelum versi 1.4.0) yang sudah menambah outlet dan diminta memperbaiki data tetap bisa melakukan pengajuan perubahan data?
Merchant tetap dapat submit perubahan data di aplikasi versi 1.4.0 dengan cara klik tombol “Update Data” di halaman home screen, serta verifikasi perubahan data kini dapat dilakukan hanya dalam hitungan menit.
Contoh layar home screen dengan kebutuhan Update Data pengajuan tambah outlet:
C. Peningkatan layanan pembayaran
Apa saja layanan pembayaran yang terintegrasi pada aplikasi Livin’ Merchant 1.4.0?
Layanan pembayaran yang terintegrasi di Livin’ Merchant 1.4.0 mencakup:
- Penerimaan pembayaran QRIS Statis.
- Penerimaan pembayaran QRIS Dinamis.
- Penerimaan pembayaran kartu debit maupun kartu kredit melalui Card Dongle.
Berapa limit pencairan harian dari setiap metode pembayaran yang dilakukan melalui Livin’ Merchant?
Limit maksimum pencairan harian di Livin’ Merchant adalah Rp10 juta.
Apakah limit pencairan di Livin’ Merchant bersifat tetap?
Ketentuan limit pencairan di Livin’ Merchant berlaku sesuai dengan level merchant. Untuk bisa menikmati pencairan hingga unlimited, merchant perlu aktif bertransaksi agar memenuhi syarat untuk naik level pencairan.
Bagaimana caranya agar merchant memenuhi syarat untuk naik level pencairan?
Merchant wajib aktif bertransaksi untuk dapat memenuhi syarat pengajuan kenaikan level pencairan. Jika merchant sudah memenuhi syarat maka merchant akan mendapatkan banner penawaran di halaman Homescreen dan butuh melakukan upload dokumen seperti:
- NIB atau izin usaha lainnya seperti SIUP, TDP atau SKU (Surat Keterangan Usaha).
- Foto usaha.
- Foto kegiatan usaha.
Merchant akan mendapatkan notifikasi di aplikasi Livin’ Merchant, beserta email (jika sudah melakukan verifikasi email outlet).
Bagaimana cara aktivasi perangkat Card Dongle di Livin’ Merchant versi 1.4.0?
Merchant dapat melakukan aktivasi setelah mendapatkan perangkat Card Dongle melalui menu Settings > Card Dongle sebagai berikut:
Bagaimana cara untuk mendapatkan perangkat Card Dongle agar dapat melakukan pembayaran kartu yang terintegrasi di Livin’ Merchant versi 1.4.0?
Untuk saat ini, pemberian perangkat Card Dongle masih ditujukan ke beberapa merchant tertentu melalui penawaran dari tim sales Bank Mandiri.
Apa kegunaan Card Dongle dan fitur apa saja yang terintegrasi dengan aplikasi Livin' Merchant 1.4.0?
Card Dongle hadir sebagai alat penerimaan pembayaran kartu baik kredit maupun debit yang terhubung dengan aplikasi Livin' Merchant dengan metode Contact (dip kartu) maupun Contactless (tap kartu) dengan memanfaatkan jaringan GPN maupun Global Network (VISA dan Mastercard). Perangkat Card Dongle yang terintegrasi dengan aplikasi Livin’ Merchant versi 1.4.0 dapat menjadi solusi efisien untuk transaksi volume tinggi di event atau bazaar karena ukurannya yang praktis dan ringan serta dilengkapi dengan beberapa fitur seperti kemudahan dalam aktivasi dan input nominal transaksi melalui perangkat Android merchant.
Apakah terdapat akses untuk input nominal pembayaran dengan cepat di menu utama aplikasi Livin' Merchant 1.4.0?
Ya. Peningkatan layanan pembayaran di Livin’ Merchant versi 1.4.0 juga termasuk penambahan alur pembayaran praktis untuk menginput nominal pembayaran melalui QRIS Dinamis dan Card Dongle pada halaman home screen.
Bagaimana langkah pembayaran melalui halaman home screen?
• Klik ”Input Nominal Kartu & QRIS” pada halaman home screen
• Masukkan nominal pembayaran
• Merchant dapat melakukan penagihan pembayaran melalui QRIS Dinamis ataupun Card Dongle yang terhubung, sesuai nominal pembayaran yang sebelumnya diinput merchant
Apakah notifikasi yang menyebutkan nominal transaksi masuk sudah dapat dinikmati di Livin’ Merchant versi 1.4.0?
Ya. Opsi pengaturan notifikasi penyebutan nominal transaksi masuk sudah dapat dilakukan di Livin' Merchant versi 1.4.0.
Bagaimana cara mengatur notifikasi transaksi masuk agar dapat menyebutkan nominal saat transaksi berhasil?
Merchant dapat mengaktifkan fitur notifikasi suara yang menyebutkan nominal dengan langkah-langkah berikut:
- Fitur dapat diakses melalui menu banner pada home screen atau menu Settings lalu klik menu “Pembayaran”
- Klik Sebutkan Nominal, lalu klik Simpan Pengaturan
- Pengaturan Notifikasi pembayaran berhasil untuk pembayaran melalui QRIS Statis, QRIS Dinamis, dan Card Dongle
- Apabila muncul tampilan pilih mesin teks-ke-ucapan (text-to-speech) Google, klik tombol Buka Pengaturan|
- Pada pengaturan Text-to-Speech, pilih Speech Recognition and Synthesis dari Google
- Periksa apakah text-to-speech Bahasa Indonesia sudah terunduh dengan pilih tombol Putar/Play (1). Apabila tidak terdengar suara, tekan tombol pengaturan, Tap Bahasa Indonesia, lalu download (2)
- Izinkan akses untuk mengirimkan notifikasi
- Untuk dapat mendengar notifikasi, pastikan pengaturan volume suara media dan notifikasi dinyalakan serta HP tidak dalam keadaan silent/do not disturb
D. Peningkatan layanan pencairan
Apa saja opsi metode pencairan yang tersedia di Livin’ Merchant 1.4.0?
Di Livin' Merchant 1.4.0, terdapat penambahan opsi metode pencairan transaksi QRIS secara:
- Real-time ketika transaksi dibayarkan
- Terjadwal 3x sehari (pukul 08.00, 16.00, dan 20.00 WIB)
- Terjadwal 5x sehari (pukul 06.00, 10.00, 14.00, 18.00, dan 22.00 WIB)
- Terjadwal 1x sehari (pukul 06.00 WIB)
- Terjadwal mingguan (setiap hari senin pukul 06.00 WIB)
- Terjadwal bulanan (setiap tanggal 1 pukul 06.00 WIB)
Apakah penambahan opsi pencairan pada versi 1.4.0 juga dapat dilakukan di metode pembayaran Livin’ Merchant lainnya selain QRIS?
Tidak. Opsi pencairan pada versi 1.4.0 hanya berlaku untuk metode pembayaran Livin’ Merchant melalui QRIS
Bagaimana cara mengubah pengaturan metode pencairan QRIS sesuai opsi yang tersedia?
Berikut adalah cara memilih metode pencairan:
- Buka menu Settings.
- Klik menu metode pembayaran
- Klik menu QRIS
- Sebagai pemilik, merchant dapat mengubah metode pencairan
- Pilih menu Pencairan Terjadwal atau Pencairan real-time.
- Klik Simpan Pengaturan
- Lakukan validasi perubahan dengan memasukkan PIN
Apakah waktu pencairan akan dapat langsung efektif berganti setelah perubahan pengaturan yang dilakukan?
Ketika merchant mengubah metode pencairan, waktu pencairan sesuai opsi yang telah dipilih baru akan efektif diterapkan di H+1 setelah pengaturan dilakukan.
Apa metode pencairan yang ter-setting pertama kali di aplikasi Livin’ Merchant 1.4.0?
Bagi merchant yang baru registrasi pada aplikasi versi 1.4.0 akan menerima pencairan secara terjadwal 5x sehari (jika tidak melakukan perubahan pengaturan metode pencairan).
Sementara bagi pengguna aplikasi Livin’ Merchant versi sebelumnya yang baru update ke versi 1.4.0, untuk saat ini secara otomatis akan menerima pencairan secara terjadwal 3x sehari.
Apakah merchant dapat melakukan pencairan instan sewaktu-waktu di luar opsi metode pencairan secara terjadwal dan real-time?
Ya. Merchant dapat mencairkan transaksi QRIS walaupun di luar jadwal yang ditentukan sesuai total nominal yang dapat ditarik maupun secara sebagian sesuai kebutuhan merchant.
Bagaimana cara melakukan pencairan instan sewaktu-waktu di luar opsi metode pencairan secara terjadwal dan real-time?
- Pastikan pengaturan metode pencairan yang dipilih merupakan “Pencairan Terjadwal”
- Pada halaman home screen: Klik tombol “Tarik Pendapatan QRIS Sekarang"
- Edit pencairan nominal dengan klik logo pensil
- Masukkan PIN
- Pencairan Instan berhasil
Bagaimana laporan pencairan yang akan ditampilkan apabila penarikan instan dilakukan secara sebagian dari total nominal yang dapat ditarik?
Masuk ke Menu Laporan di halaman home screen, kemudian Klik Laporan > Laporan Transaksi > Pencairan
Apakah rincian nominal pencairan instan yang telah dilakukan beserta total nominal belum cair dapat dilihat melalui Laporan Pencairan di Livin’ Merchant 1.4.0?
Ya. Rincian nominal pencairan, beserta sisa nominal dari pencairan instan yang telah dilakukan dapat dilihat pada bagian-bagian Laporan Pencairan sebagai berikut:
- Pada bagian Sudah Cair, akan muncul riwayat Penarikan Instan dengan nominal sesuai dengan yang ditarik berikut dengan jam waktu penarikannya.
- Pada bagian Belum Cair, terdapat informasi nominal pencairan dari jadwal berikutnya (masih termasuk dengan nominal penarikan instan yang telah dilakukan sebelumnya).
- Untuk melihat rincian total pendapatan yang belum dicairkan (setelah penarikan instan secara sebagian), klik Belum Cair > Terdapat Detail Penarikan Instan > Total Belum Cair
Nominal Total Belum Cair akan dicairkan sesuai jadwal waktu pencairan berikutnya.
E. Fitur Belanja
Apa itu fitur Belanja?
Fitur belanja merupakan fitur yang memberikan akses langsung ke merchant untuk dapat berbelanja kebutuhan usahanya dengan berbagai pilihan produk dan varian.
Apa saja jenis pilihan produk dan varian yang dapat dibelanjakan merchant melalui fitur Belanja?
Merchant dapat membeli produk - produk dengan kategori makanan olahan, minuman kemasan, produk perawatan pribadi, dan produk rumah tangga yang dapat dijual kembali oleh merchant jenis usaha retailer (contoh: toko kelontong).
Apakah keuntungan berbelanja melalui fitur Belanja di Livin’ Merchant?
Produk yang dijual di fitur Belanja Livin’ Merchant merupakan produk penawaran langsung dari distributor, sehingga merchant dapat memperoleh harga “grosir” dan bebas biaya pengiriman.
Apakah fitur Belanja sudah tersedia bagi merchant di seluruh wilayah Indonesia?
Saat ini fitur belanja tersedia di beberapa wilayah tertentu (Jakarta Utara dan Tangerang Selatan) sesuai cakupan distributor yang kedepannya akan diperluas ke wilayah-wilayah lainnya.
Bagaimana cara menggunakan fitur Belanja ?
- Buka menu “Belanja” pada aplikasi Livin’ Merchant
- Tambah produk yang akan merchant beli ke keranjang
- Checkout melalui keranjang belanja serta pastikan alamat yang tertera sudah sesuai dan lengkapi dengan menambahkan catatan.
- Melakukan pembayaran dengan Mandiri Virtual Account atau dana talangan untuk merchant yang terpilih
- Cek status pesanan melalui riwayat pesanan untuk dapat memantau perkembangan pengiriman produk
Info Lebih Lanjut
Mandiri Call 14000 | Contact Center 14021