KSM-Kredit Serbaguna Mandiri

Info Survei KSM

Sebagai upaya continuous business improvement pengajuan Kredit Serbaguna Mandiri (KSM) melalui Livin' by Mandiri, Bank Mandiri menyelenggarakan Survei Product Awareness & Kepuasan Nasabah terhadap Produk KSM.

Menindaklanjuti hal tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui dalam pelaksanaan survei sebagai dasar dalam menjawab / merespon pertanyaan dari nasabah.

Apa yang dimaksud Survei Product Awareness & Kepuasan Nasabah terhadap Produk KSM dan apa tujuan dari survei tersebut ?

Survei Product Awareness & Kepuasan Nasabah terhadap Produk KSM diselenggarakan oleh Micro Personal Loan Group – Bank Mandiri yang secara khusus bertujuan untuk mendapatkan gambaran terkait pemahaman dan pengalaman nasabah terhadap produk KSM.

Tujuan dari riset adalah:

  1. Mengetahui awareness calon nasabah terhadap fitur dan produk KSM.
  2. Mengetahui feedback dan pengalaman calon nasabah dalam pengajuan KSM.
  3. Meningkatkan kualitas layanan / fasilitas pengajuan KSM.

Siapa yang menjadi responden dalam survei tersebut?

Kriteria responden riset tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Nasabah Tabungan Bank Mandiri (Payroll maupun non Payroll)
  2. Nasabah yang sedang menerima fasilitas produk KSM 
  3. Nasabah yang sedang menerima fasilitas produk paylater
  4. Nasabah berusia 21 – 45 Tahun yang tersebar di seluruh Indonesia
  5. Nasabah yang berprofesi sebagai pegawai ASN / TNI / POLRI / Pegawi BUMN / Pegawai Swasta, dan Pengusaha dengan minimal pendidikan terakhir D3

Media apa yang digunakan oleh responden untuk menyampaikan informasi terhadap riset tersebut?

  1. Survei dilakukan secara online melalui secured web yang ditunjuk oleh Bank Mandiri.
  2. Jika nasabah tertarik untuk berpartisipasi, cukup mengakses tautan berikut: bmri.id/surveyksm yang juga dikirimkan oleh Bank Mandiri melalui WhatsApp resmi.
  3. Setelah masuk ke halaman situs, silakan ikuti petunjuk pengisian yang telah disediakan.

Kapan periode riset tersebut berlangsung ?

Survei akan berlangsung selama bulan Juni 2025.

Bagaimana saya bisa terpilih menjadi responden dari sekian banyak nasabah Bank Mandiri?

Bank Mandiri melakukan pemilihan responden secara acak guna merepresentasikan kondisi yang mencerminkan seluruh wilayah Indonesia.

Bagaimana dengan kerahasiaan data saya sebagai nasabah Bank Mandiri?

  1. Data yang dikumpulkan melalui survei bukan merupakan data sensitif yang berkaitan dengan transaksi keuangan, seperti nama ibu kandung, saldo rekening, nomor PIN, username, dan sebagainya.
  2. Informasi yang dihimpun merupakan pengalaman dan pengetahuan umum debitur, disampaikan dalam bentuk rentang nilai (range), bukan dalam nilai spesifik.
  3. Bank Mandiri menjamin kerahasiaan data yang diberikan dalam survei ini. Data tersebut hanya akan digunakan untuk keperluan research & development fasilitas pengajuan KSM melalui Livin’ by Mandiri.

Apakah saya berhak untuk tidak berpartisipasi dalam survei ini?

Apabila tidak berkenan berpartisipasi dalam survei ini, Bapak/Ibu berhak untuk menolak dengan tidak menanggapi undangan yang dikirimkan melalui WhatsApp Bank Mandiri.

Apakah saya harus menjawab seluruh pertanyaan dalam survei tersebut?

Bapak/Ibu diharapkan dapat memberikan jawaban secara lengkap dan sesuai dengan kondisi sebenarnya. Seluruh pertanyaan yang ditandai dengan tanda bintang (*) bersifat wajib diisi.

Apakah ada biaya yang dibebankan ke nasabah/responden untuk berpartisipasi dalam survei ini?

Tidak ada. Nasabah/responden tidak dibebankan biaya apapun atas partisipasinya dalam survei ini.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi survei online tersebut?

Estimasi waktu pengisian survei sekitar 10 – 15 menit

Berapa jumlah pertanyaan pada survei tersebut?

Survei berisi sekitar 30 set pertanyaan seputar profil dan pengalaman nasabah dalam mengakses fasilitas pengajuan KSM melalui Livin’ by Mandiri

Apakah responden akan mendapatkan hadiah secara langsung atas partisipasinya dalam survei ini?

Tidak semua responden akan mendapatkan hadiah secara langsung. Sebagai bentuk apresiasi, 100 responden tercepat akan menerima hadiah berupa 1.000 Livin’poin (setara Rp50.000) atas partisipasinya dalam survei ini. Informasi dan aspirasi yang diberikan oleh debitur sangat berharga untuk pengembangan produk dan layanan Bank Mandiri ke depan.

Bagaimana jika nasabah tidak merasa pernah mengajukan KSM tetapi menerima pesan WhatsApp dari Bank Mandiri untuk mengikuti survei?

Target responden survei mencakup nasabah Bank Mandiri secara umum. Apabila Bapak/Ibu menerima undangan partisipasi, keikutsertaan bersifat sukarela dan dapat diabaikan dengan tidak menanggapi pesan WhatsApp dari Bank Mandiri.

Beberapa list pertanyaan dalam survei KSM by Livin Experience :

  1. ⁠Apakah Anda setuju untuk melanjutkan proses survei ini?
  2. Sebutkan nama lengkap Anda sesuai KTP (untuk keperluan pemberian Livin’poin kepada 100 nasabah terpilih) (Opsional)
  3. Berapa usia Anda saat ini?  
  4. ⁠Di provinsi mana Anda tinggal saat ini?
  5. ⁠Apa pekerjaan Anda saat ini?
  6. ⁠Apa jenis kelamin Anda?  
  7. ⁠Apa status pernikahan Anda saat ini?  
  8. ⁠⁠Berapa rata-rata pendapatan bersih (take home pay) Anda per bulan?  
  9. ⁠Dari produk dan layanan unggulan Bank Mandiri berikut, mana saja yang sudah Anda ketahui?  
  10. Apakah gaji anda disalurkan melalui Bank Mandiri?  
  11. Apa saja kebutuhan pribadi atau keluarga yang ingin Anda penuhi di tahun 2025? 
  12. ⁠Berapa estimasi dana yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut? 
  13. Dari mana rencana sumber dana untuk memenuhi kebutuhan tersebut? 
  14. ⁠Menurut Anda, seberapa penting edukasi keuangan sebelum mengajukan pinjaman?
  15. Apakah Anda pernah mendengar tentang Kredit Serbaguna Mandiri (KSM)? 
  16. ⁠Dari mana Anda pertama kali mengetahui informasi tentang KSM? 
  17. Bagaimana kesan dan tanggapan Anda terhadap informasi KSM tersebut?
  18. Jika Anda membutuhkan pinjaman, apakah Anda akan mempertimbangkan produk KSM dari Bank Mandiri ?
  19. Sebutkan tujuan penggunaan KSM Anda
  20. Bagaimana pengalaman Anda saat pengajukan pinjaman?
  21. Apa yang bisa kami perbaiki untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam pengajuan KSM?
  22. Apa faktor yang membuat Anda tertarik dengan produk KSM ketika membutuhkan pendanaan (pinjaman)?
  23. Apa faktor yang membuat Anda tidak mempertimbangkan KSM ketika membutuhkan pendanaan (pinjaman)?
  24. Menurut Anda, berapa suku bunga yang dianggap ringan atau terjangkau?
  25. Menurut Anda, siapa penyedia layanan pinjaman/pendanaan tanpa agunan terbaik saat ini?
  26. Dari mana Anda biasanya mendapatkan rekomendasi mengenai produk finansial?
  27. Jika Anda tertarik mengajukan pinjaman di bank, di mana Anda biasanya mencari informasi?
  28. Menurut Anda, informasi apa saja yang perlu diketahui sebelum mengajukan pinjaman?
  29. Kepada siapa Anda biasanya bertanya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang keuangan?
  30. Menurut Anda, seberapa mudah untuk mendapatkan informasi tentang produk KSM?
  31. Apa faktor utama yang memengaruhi keputusan Anda dalam memilih atau tidak memilih KSM?
  32. Apakah Anda lebih suka mengajukan pinjaman secara online atau datang langsung ke cabang? Mengapa?
  33. Seberapa penting fitur digital (pengajuan online, pelacakan status, chatbot, kalkulator, dll.) dalam keputusan Anda memilih pinjaman? 
  34. ⁠Jika ingin berkomunikasi dengan bank terkait pinjaman, platform apa yang Anda sukai? 
  35. Apa pendapat Anda secara keseluruhan tentang produk KSM? 
  36. ⁠Apakah Anda akan merekomendasikan produk pinjaman kami kepada teman atau keluarga? Mengapa?

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000 | bmri.id/ksm