Kredit Agunan Deposito
Kredit Agunan Deposito (KAD)

Kredit Agunan Deposito (KAD)
Kopra by Mandiri
Apa yang dimaksud dengan fitur Kredit Agunan Deposito (KAD) Kopra?
Kredit Agunan Deposito (KAD) Kopra adalah fasilitas pinjaman di mana nasabah dapat mengajukan kredit atau pinjaman dengan menjaminkan deposito yang dimiliki, semuanya dilakukan secara online melalui Kopra by Mandiri.
Siapa saja yang dapat menggunakan fitur ini?
Nasabah Badan Usaha yang menggunakan Kopra by Mandiri versi terbaru.
Apa saja manfaat menggunakan KAD Kopra?
- Efisiensi operasional: memenuhi kebutuhan dana tanpa harus mencairkan deposito.
- Likuiditas efisien: memberikan ruang likuiditas tambahan tanpa mengubah komposisi aset yang sudah ada, sehingga stabilitas keuangan tetap terjaga.
- Monitoring real-time dan notifikasi pengingat angsuran otomatis: memantau status pengajuan KAD dan jatuh tempo pinjaman (liabilitas) kapan saja.
Apa dokumen persyaratan yang perlu disiapkan untuk mengajukan KAD melalui Kopra?
- Formulir Aktivasi Fitur
- Akta Pendirian Perusahaan
- Akta Perubahan Terakhir
- SK Kemenkumham
- Nib
- NPWP Perusahaan
- Surat Persetujuan Dewan Komisaris dan Surat Persetujuan RUPS
Apa saja valuta dan tenor pinjaman yang tersedia di KAD Kopra?
- Valuta : IDR
- Tenor : 1 – 36 Bulan
Berapa nominal maksimal yang dapat diajukan?
Kapan pengajuan KAD melalui Kopra dapat dilakukan?
Pengajuan KAD melalui Kopra dapat dilakukan pada hari Senin – Jumat, pukul 07.00–22.00 WIB, kecuali hari libur nasional/ tanggal merah.
Apakah deposito agunan harus dibuat di Kopra?
Tidak. Anda dapat menggunakan:
- Deposito yang dibuat melalui Kopra
- Deposito yang dibuat di cabang (bilyet fisik)
Apakah saya dapat mengajukan pinjaman baru jika masih ada pengajuan berjalan?
Tidak. Pengajuan sebelumnya harus diselesaikan terlebih dahulu.
Apa metode pelunasan yang tersedia di Kopra?
- Pelunasan pokok di akhir: bunga dibayar bulanan, namun pokok dibayar saat jatuh tempo.
- Angsuran per bulan (Instalment): bunga dan angsuran pokok dibayar setiap bulan.
Tanggal berapa angsuran di debit?
Auto-debit dilakukan setiap tanggal 15 selama bulan berjalan dan pada tanggal jatuh tempo.
Apakah rekening pinjaman yang dibuat di cabang dapat dilihat di Kopra?
Tidak. Hanya pinjaman yang dibuat melalui Kopra yang dapat dilihat di Kopra.
Apakah pengajuan KAD melalui Kopra dikenakan biaya?
Ya, terdiri dari:
- Biaya provisi : 0.25% per tahun
- Biaya administrasi : Rp250.000
Bagaimana mekanisme pembayaran angsuran?
Pembayaran angsuran dilakukan secara otomatis melalui auto debit dari rekening pelunasan yang dipilih pada saat pengajuan.
Apakah saya perlu menyerahkan bilyet deposito yang diagunkan ke cabang?
Ya. Bilyet fisik harus diserahkan ke kantor cabang Bank Mandiri yang Anda pilih saat pengajuan.
Kapan bilyet harus diserahkan ke cabang?
Selambat-lambatnya lima hari kerja sejak tanggal pengajuan KAD di Kopra.
Dokumen apa saja yang harus dibawa saat menyerahkan bilyet?
- Asli Bilyet deposito
- Formulir pengajuan KAD (unduh melalui email, formulir tidak perlu ditandatangani, dan nomor pengajuan tercantum di body email)
- Berita acara serah terima bilyet (unduh melalui email)
- Surat kuasa penyerahan bilyet (jika diwakilkan dan unduh melalui email)
Jika pinjaman lunas, kapan saya bisa mengambil bilyet?
Setelah pelunasan, Anda dapat mengatur jadwal pengambilan bilyet melalui Kopra.
Apa saja dokumen yang perlu dibawa saat pengambilan bilyet?
- Nomor pengajuan pinjaman
- Berita acara serah terima (email)
- Surat kuasa (jika diwakilkan)
Setelah pengambilan, konfirmasi di Kopra agar deposito kembali aktif/dapat digunakan.
Apakah KAD di Kopra bisa dilunasi lebih cepat?
Tidak, pelunasan dipercepat tidak tersedia untuk KAD melalui Kopra.
Apakah bisa buka deposito dan ajukan KAD di hari yang sama?
Bisa, selama dilakukan sebelum 22.00 WIB.
Bagaimana proses pengajuan KAD melalui Kopra?
Maker
- User maker login > menu Loan Center
- Klik ‘Ajukan Pinjaman’
- Pilih rekening deposito yang akan dijadikan agunan
- Klik Selanjutnya
- Isi limit, tenor
- Pilih metode pelunasan
- Pilih rekening pencairan
- Pilih rekening pelunasan dan biaya
- Klik Selanjutnya
- Cek informasi data perusahaan & bidang usaha
- Pilih cabang penyerahan bilyet deposito (jika bilyet fisik)
- Baca dan setujui syarat & ketentuan
- Maker klik Ajukan
Approver
- Approver login > My Task > approve pengajuan
- Proses masuk tahap Verifikasi Bank (~30 menit)
- Proses pengajuan lanjut ke tahap Persetujuan Perjanjian Kredit
- Approver kembali melakukan approval PK
- Pinjaman akan dicairkan
Risiko apa saja yang perlu diperhatikan ketika menggunakan fitur ini?
Risiko utama yang perlu diperhatikan adalah kegagalan pembentukan rekening pinjaman atau pencairan pinjaman yang dapat terjadi akibat gangguan sistem atau konektivitas jaringan. Untuk meminimalkan risiko tersebut, nasabah disarankan melakukan rilis transaksi sebelum pukul 22.00 WIB (cut-off time) agar transaksi dapat diproses pada hari yang sama.
Jika mengalami kendala siapa yang dapat dihubungi?
Nasabah dapat menghubungi layanan Mandiri Call 14000, email ke kopra@bankmandiri.co.id atau mengunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat.
Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000