Debit - Notif Transaksi Online

Notifikasi WhatsApp
Pembatasan Transaksi Online
(Kartu Mandiri Debit)

Apa Itu notifikasi WhatsApp perihal Pembatasan Transaksi Online?

Merupakan notifikasi yang dikirimkan dari nomor resmi Bank Mandiri (+62 8118414000) ke nomor HP nasabah yang terdaftar di sistem untuk menginformasikan kepada nasabah bahwa karena alasan keamanan kartu nasabah telah dilakukan pembatasan transaksi online tanpa OTP (One Time Password) dengan WhatsApp sebagai berikut.

Nasabah Yth.  

Terima kasih telah menjadi nasabah setia Bank Mandiri. Demi keamanan dan kenyamanan bertransaksi, Kartu Mandiri Debit Bapak/Ibu dengan nomor akhir {{1}} tidak dapat digunakan untuk transaksi online tanpa OTP (One Time Password). 

Apabila Bapak/Ibu ingin melakukan transaksi online tanpa OTP silahkan melakukan pembuatan Mandiri Kartu Debit Virtual melalui Livin by Mandiri atau penggantian fisik Kartu Mandiri Debit melalui Livin by Mandiri atau website: http://join.bankmandiri.co.id/ atau CS Machine atau Cabang Bank Mandiri terdekat.

WhatsApp resmi Bank Mandiri tidak pernah meminta data pribadi seperti PIN, OTP dan CVV.

 

Apa itu OTP (One Time Password)?

Password/authorization code yang nasabah terima di nomor handphone nasabah berupa 6 (enam) angka rahasia. Password/authorization code ini akan selalu berubah setiap kali nasabah melakukan transaksi OTP (One Time Password).

Apakah nasabah dapat menggunakan kartunya untuk bertransaksi ?

Ya, nasabah masih tetap dapat menggunakan Kartu Mandiri Debit untuk melakukan transaksi dengan metode lain, yaitu : transaksi melalui mesin EDC, transaksi melalui ATM, transaksi online/e-Commerce dengan OTP dan transaksi QR.

Apa yang harus dilakukan nasabah jika menerima notifikasi WhatsApp perihal pembatasan transaksi online tanpa OTP?

Apabila nasabah ingin melakukan transaksi online tanpa OTP nasabah dapat melakukan pergantian Kartu Mandiri Debit ke Cabang Bank Mandiri terdekat atau menghubungi Mandiri Call 14000 atau email ke mandiricare@bankmandiri.co.id.

Apa itu Mandiri Debit Virtual?

Mandiri Debit Virtual merupakan fitur kartu debit yang tersedia dalam bentuk digital dan tidak dapat dilakukan pencetakan. Nasabah dapat mengakses melalui Livin’ dan dapat digunakan untuk transaksi online. Berikut adalah panduan untuk mendapatkan Mandiri Debit Virtual melalui Livin’:

  • Login Livin’ menggunakan Password atau Fingerprint
  • Pilih Rekening Tabungan
  • Pilih Tab Kartu Virtual
  • Pilih Buat Sekarang
  • Pilih Lanjutkan atau Cek Detail Kartu
  • Atur akses dan limit kartu kemudian pilih Lanjutkan
  • Buat nama kartu virtual kemudian pilih Lanjutkan
  • Konfirmasi Pembuatan Mandiri Debit Virtual kemudian pilih Lanjutkan
  • Masukkan PIN Livin'
  • Mandiri Debit Virtual berhasil di buat

Info terkait Mandiri debit virtual: https://www.bankmandiri.co.id/en/livin/edukasi/cara-membuat-virtual-debit-card

Bagaimana cara melakukan penggantian Kartu Mandiri Debit secara online?

Apabila nasabah ingin melakukan transaksi online tanpa OTP nasabah dapat melakukan pergantian Mandiri Kartu Kredit dengan menghubungi Mandiri Call 14000 / email ke mandiricare@bankmandiri.co.id

Apa yang harus dilakukan nasabah jika menerima notifikasi WhatsApp perihal konfirmasi keabsahan transaksi?

Cara penggantian kartu Mandiri Debit secara online menggunakan mobile browser yang ada di ponsel/smartphone dengan langkah sebagai berikut:
Nasabah masuk ke laman https://join.bankmandiri.co.id, pilih menu "Penggantian Kartu Debit"

Info: bmri.id/gantimandiridebitdioob

Bagaimana cara melakukan penggantian kartu Mandiri Debit Melalui CS Machine?

Cara melakukan penggantian kartu Mandiri Debit melalui CS Machine:

  • Nasabah memilih opsi “Ganti Kartu Debit”
  • Nasabah memilih opsi ”Bawa”
  • Nasabah memasukkan Kartu Mandiri Debit yang lama sesuai instruksi yang ditampilkan pada layar CS Machine.
  • Nasabah memasukkan PIN Kartu Mandiri Debit yang saat terakhir digunakan.
  • Setelah nasabah memasukkan PIN Kartu Mandiri Debit, maka nasabah akan diminta untuk verifikasi data identitas berupa e-KTP. 
  • Selama proses verifikasi data e-KTP ini, nasabah diminta untuk tetap meletakan e-KTP reader di dongle/e-KTP reader yang ditentukan dan dilanjutkan menempelkan sidik jari telunjuk kanan ke fingerprint scanner yang telah ditentukan. Apabila proses verifikasi telah selesai, maka nama nasabah akan muncul di layar dan nasabah dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.
  • Mekanisme verifikasi fingerprint berbeda di setiap percobaan:
    • Percobaan ke -1: verifikasi fingerprint menggunakan telunjuk kanan
    • Percobaan ke -2: verifikasi fingerprint menggunakan telunjuk kiri
    • Percobaan ke -3: verifikasi fingerprint menggunakan telunjuk kanan
  • Jika tetap tidak bisa terbaca, maka transaksi tidak dapat dilanjutkan dan nasabah dapat bertransaksi di cabang. 
  • Nasabah memilih produk Kartu Mandiri Debit yang diinginkan sesuai kebutuhan dengan memilih jenis kartu pada layar CS Machine.
  • Nasabah dimintakan konfirmasi terkait biaya penggantian Kartu Mandiri Debit.
  • Nasabah membuat PIN Kartu Debit Mandiri baru dengan menggunakan PIN Pad dan memilih opsi ’Lanjut’.
  • Proses penggantian kartu selesai, nasabah dapat mengambil Kartu Mandiri Debit yang baru.

Bagaimana cara melakukan penggantian kartu Mandiri Debit Melalui Cabang?

Nasabah dapat mendatangi cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa dokumen KTP dan Kartu Mandiri Debit

 

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000