news-detail
Mandiri News Detail Portlet
Menarik Wisatawan Melalui Kerjasama Pemerintah dengan Platform Online Travel

ECONOMIC REVIEW
DAILY ECONOMIC AND MARKET REVIEW
Office of Chief Economist, PT Bank Mandiri
November, 29, 2019 | Daily Economic Review: Menarik Wisatawan Melalui Kerjasama Pemerintah dengan Platform Online Travel
Indonesia berada di peringkat ke-40 berdasarkan Laporan Daya Saing Perjalanan dan Pariwisata 2019.
Pada laporan yang dirilis oleh World Economic Forum (WEF), Indonesia naik 2 peringkat dibandingkan dengan 2017. Indeks ini mengukur beberapa faktor yang berkontribusi terhadap pembangunan dan daya saing sektor perjalanan dan pariwisata di suatu negara.
Nilai terbaik Indonesia dalam laporan adalah kebijakan T&T dan kondisi pendukung dengan nilai 5.0 (peringkat ke-4).
Nilai terendahnya adalah infrastruktur (sub-indeks infrastruktur layanan pariwisata) dengan nilai 3,1, yang datar dari 2017. Sub-indeks kesiapan TIK meningkat cukup tinggi sebesar 0,9 poin menjadi 4,7. Ini karena pesatnya perkembangan teknologi digital di seluruh dunia. Sub-indeks kesehatan dan kebersihan Indonesia juga mengalami peningkatan yang signifikan setelah Jepang.
Berdasarkan klasifikasi kelompok pendapatan, Indonesia berada dalam kelompok berpenghasilan menengah ke bawah.
Dengan kisaran pendapatan per kapita USD 996-3.895. Indonesia termasuk di antara negara-negara kelas menengah di mana sektor pariwisata tumbuh. Negara-negara kelas menengah rata-rata memiliki sumber daya alam (SDA) dan budaya yang berpotensi menjadi tujuan wisata. Namun, tingkat kesiapan sumber daya manusia (SDM) untuk mengantisipasi potensi ini masih tergolong rendah.
Bank Indonesia (BI) berencana bekerja sama dengan platform online travel.
BI saat ini terus mendorong pertumbuhan ekonomi dari sector pariwisata khususnya di Jawa Barat (Jabar). Melihat potensi tersebut BI mulai membuat rencana untuk membuat satu wilayah percontohan daerah dengan banyak potensi wisata. Wilayah percontohan ini harus dapat mencakup infrastruktur yang memadai, sanitasi yang bagus, obyek wisata, bekerja sama dengan UMKM sector kreatif (kuliner, kriya, dan fesyen), pemberdayaan tempat tinggal masyarakat yang dijadikan penginapan, tour guide yang berasal dari masyarakat sekitar, brand ambassador dari public figure nasional bahkan mendunia, dan lain sebagainya yang dapat meningkatkan perekonomian daerah tersebut.
Untuk informasi yang lebih lengkap, Report tersebut dapat Bapak/Ibu unduh pada website kami melalui link berikut ini:
Unduh Dokumen Media