Mandiri News Detail Portlet

Virus Corona dapat Menghambat Sektor Otomotif Tiongkok

Virus Corona dapat Menghambat Sektor Otomotif Tiongkok

ECONOMIC REVIEW

DAILY ECONOMIC AND MARKET REVIEW

Office of Chief Economist, PT Bank Mandiri

 

Januari, 29, 2020 | Daily Economic Review: Virus Corona dapat Menghambat Sektor Otomotif Tiongkok

 

Penyebaran virus corona di Tiongkok semakin mengkhawatirkan.

Pemerintah Tiongkok telah bergerak cepat untuk melakukan penutupan sementara dan mewajibkan seluruh masyarakat Tiongkok menggunakan masker di tempat umum. Melihat respon pemerintah Tiongkok dalam menangani virus corona, sepertinya level penularan akan cenderung rendah dan terkonsentrasi di beberapa wilayah saja, khususnya di titik awal penyebaran, yakni Wuhan. Hanya saja, Wuhan memegang peranan penting bagi perekonomian Tiongkok, khususnya sektor otomotif.

 

Wuhan adalah salah satu pusat manufaktur otomotif Tiongkok.

Terdapat tujuh pabrik mobil domestik dan asing di Wuhan, seperti Nissan, PSA, Honda, General Motors, Geely, dan Renault. Selain itu, di Wuhan terdapat juga ratusan pabrik suku cadang kendaraan yang melayani seluruh pabrik otomotif di Tiongkok.

 

Konsumen juga cenderung menunda pembelian mobilnya.

Asosiasi Produsen Otomotif Tiongkok (CAAM) memperkirakan penjualan mobil di Tiongkok akan kembali menurun 2% (yoy) menjadi sekitar 25,2 juta unit pada 2020.

 

Lesunya penjualan mobil di Tiongkok berdampak pada lemahnya harga karet global.

Tiongkok merupakan importir karet alam terbesar dunia. Rendahnya penjualan mobil di Tiongkok menyebabkan permintaan karet alam berpotensi menurun karena mayoritas karet alam diserap oleh industri otomotif. Harga karet alam jenis TSR tercatat sebesar USD 1,36/kg pada 28 Januari 2020, melemah 10,9% sejak level tertingginya pada 16 Januari yang mencapai USD 1,52/kg. (abs)

 

Untuk informasi yang lebih lengkap, Report tersebut dapat Bapak/Ibu unduh pada website kami melalui link berikut ini:

Download Document Media