news-detail
Mandiri News Detail Portlet
Potensi Produk Organik Indonesia Bersaing di Pasar Internasional

ECONOMIC REVIEW
Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen mendorong eskpor produk organik Indonesia di pasar internasional.
Melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) Kemendag mendorong ekspor produk organik Indonesia, salah satu upayanya melalui penyelenggaraan seminar “Pemasaran Produk Organik Indonesia” yang diharapkan para pelaku usaha dapat menggiatkan ekspor produk tersebut ke mancanegara.
Pasar produk organik dunia tumbuh pesat dalam 10 tahun terakhir.
Pada tahun 2018 pasar produk organik diperkirakan mencapai USD 161,5 miliar dengan laju pertumbuhan sebesar 15% per tahun. Pada tahun 2016 pasar produk organik sebesar USD 93,1 miliar.
Indonesia memiliki potensi produk organik yang cukup besar untuk bersaing di pasar internasional dan potensi ini harus didukung dengan strategi pemasaran yang tepat.
Besarnya potensi produk organik di Indonesia ditandai dengan meningkatnya jumlah petani yang mengelola pertanian organik dari tahun ke tahun, bertambahnya toko produk organik di supermarket dan rumah makan, meningkatnya organisasi pecinta produk organik, serta berdirinya berbagai Lembaga Sertifikasi Organik (LSO).
Kemendag telah menetapkan target pertumbuhan ekspor nonmigas tahun ini sebesar 11%.
Salah satu strategi yang dipilih untuk meningkatkan ekspor adalah dengan perluasan pasar ekspor. Dan ekspor produk organik Indonesia ke depannya diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar untuk mencapai target ekspor nonmigas tersebut. (fy)
Download Document Media