Mandiri API
Mandiri - API - DCAS
Kembangkan Bisnis Anda Bersama
Mandiri API
Mandiri API memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk mengintegrasikan produk dan layanan perbankan terbaik Bank Mandiri pada platform dan aplikasi Anda secara real time.
Syarat dan Ketentuan Mandiri API

Mulai Pengalaman Keuangan yang Lebih Baik Bersama Mandiri API!
Coba Mandiri API dan perluas peluang bisnis Anda. Lengkapi platform Anda dengan pengalaman finansial terbaik dari Bank Mandiri.
4 langkah mudah untuk menggunakan Mandiri API

Registrasi
Daftarkan akun Anda untuk mengakses dan mencoba Mandiri API.

Select
Temukan API yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Develop
Coba Mandiri API dalam mode sandbox.

Integrate
Integrasikan Mandiri API di platform Anda dengan mode produksi dan selesai!
Jelajahi Galeri Mandiri API
Temukan berbagai manfaat mandiri API sesuai kebutuhan bisnis anda.

Direct Debit
Fasilitas pembayaran online menggunakan Kartu Debit Mandiri

Inhouse Transfer
Transfer uang antar Rekening Mandiri

Top Up E-Money
Top up saldo e-money

Interbank Transfer
Transfer uang dari rekening Mandiri ke rekening bank lain
Explore Our API Gallery
Dapatkan Inspirasi dari Berbagai Pengalaman Penggunaan Mandiri API
Inovasi yang menciptakan keunggulan kompetitif dalam bisnis.
FAQ API
Frequently Asked Questions (FAQs)
Mandiri API adalah layanan integrasi sistem berbasis Application Programming Interface (API) yang memungkinkan nasabah atau mitra mengakses layanan perbankan Mandiri secara langsung dari sistem internal mereka, tanpa melalui platform front end Bank.
Mandiri API dapat diakses melalui web developer.bankmandiri.co.id.
Mandiri API dapat diakses oleh:
- Nasabah korporasi Bank Mandiri
- Mitra bisnis dengan kegiatan transaksi finansial yang telah memiliki perjanjian kerja sama
- Pihak yang telah memenuhi persyaratan teknis, operasional, dan compliance
*Persyaratan: NPWP, izin usaha, rekening Bank Mandiri, dan tunduk pada ketentuan bank Indonesia/OJK.
Manfaat utama Mandiri API antara lain:
- Otomatisasi transaksi dan proses bisnis
- Integrasi real-time antara sistem nasabah dan Bank
- Efisiensi operasional dan pengurangan proses manual
- Monitoring transaksi yang lebih cepat dan terukur
- Mendukung pengembangan ekosistem digital nasabah
Informational:
- Balance: Pengecekan saldo rekening nasabah
- Transaction: Pengecekan status transaksi dan mutasi transaksi
- Beneficiary Name: Pengecekan nama rekening penerima sebelum proses transfer
- Bill/Tax Payment Inquiry: Pengecekan jumlah tagihan nasabah
Account Opening:
- RDN: Pembukaan Rekening Dana Nasabah.
- RDL: Pembukaan Rekening Dana Lender.
- RDB: Pembukaan Rekening Dana Borrower.
Transfer:
- Transfer ke sesama rekening Bank Mandiri
- Transfer ke rekening bank lain (SKN, RTGS, Online, BI-Fast)
- Transfer valuta asing ke bank lain
- Pembayaran payroll
Collection:
- Auto Debit: Pendebitan rekening Payer yang terdaftar
- Virtual Account: Penerimaan pembayaran dengan menggunakan rekening virtual
- QRIS: Penerimaan pembayaran dengan menggunakan QRIS
Payment:
- Bill/Tax Payment: Pembayaran jumlah tagihan nasabah
- eMoney: Pembayaran dan update saldo uang elektronik
- Direct Debit: pembayaran online dengan kartu debit Mandiri
Biaya yang dikenakan pada layanan Mandiri API mengikuti biaya transaksi sesuai dengan fitur yang akan digunakan oleh Calon Mitra yaitu Starter, Business dan Pro. Informasi mengenai detail biaya dapat diakses melalui developer.bankmandiri.co.id atau menghubungi Relationship Manager masing-masing Perusahaan.
Persyaratan Calon Nasabah:
- Nasabah pemilik rekening Giro aktif dari segmen Corporate, Commercial, Kelembagaan, Financial Institution dan Small Medium Enterprise (SME).
- Berbentuk badan usaha berbadan hukum dan memenuhi aspek legalitas perusahaan atau institusi sesuai bentuk badan usaha (wajib memenuhi perizinan dan/ atau sertifikasi yang berlaku).
- Telah menerapkan digitalisasi bisnis proses melalui platfrom ERP atau platform digital sejenis.
- Memiliki izin usaha yang berusia minimal 1 tahun sejak tanggal penerbitan izin.
- Tidak bergerak dalam bidang usaha yang dilarang oleh otoritas berwenang dan/ atau ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku.
- Tidak tercantum dalam Daftar Hitam Nasional (DHN) Bank Indonesia.
Tata Cara Pengajuan Calon Nasabah:
- Melakukan pengajuan kerja sama Mandiri API melalui developer.bankmandiri.co.id.
- Menandatangani dokumen Perjanjian Kerja Sama tentang integrasi layanan Mandiri API.
- Mengirimkan dokumen pendukung lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bank.
- Melakukan pengembangan sistem aplikasi dan melakukan pengujian sistem atas fitur yang akan diimplementasikan dengan kebutuhan Calon Nasabah.
- Mengikuti standar dokumen sepsifikasi teknis dan tata Kelola yang diatur oleh Bank Mandiri serta tata Kelola Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) yang diatur oleh Bank Indonesia untuk layanan dengan spesifikasi SNAP.
Risiko yang perlu diperhatikan antara lain:
- Risiko gangguan pada jaringan komunikasi/sistem API yang menyebabkan transaksi tidak dapat dilakukan
- Risiko keamanan kredensial (Security Key API) atau kebocoran data transaksi yang disebabkan oleh kelalaian pengguna layanan
- Gunakan koneksi dan autentikasi yang aman.
- Jaga kerahasiaan kredensial API dan batasi akses hanya untuk pihak yang berwenang.
- Pantau penggunaan dan perbarui keamanan secara berkala untuk mencegah penyalahgunaan.
Anda dapat menghubungi Bank Mandiri melalui api.support@bankmandiri.co.id




