Mandiri Standby LC

Standby Letter of Credit (SBLC) adalah suatu janji tertulis bank yang bersifat irrevocable yang diterbitkan atas permintaan applicant untuk membayar kepada beneficiary, apabila dokumen yang diserahkan telah sesuai / comply with dengan persyaratan dokumen yang tercantum dalam SBLC.

Fungsi Standby LC

SBLC dapat berfungsi sebagaimana layaknya LC dimana beneficiary (penerima jaminan) akan mendapat pembayaran dari bank sepanjang persyaratan SBLC terpenuhi. Namun pada umumnya SBLC mempunyai fungsi yang sama dengan Bank Garansi, di mana SBLC diterbitkan sebagai jaminan (hanya untuk jaga - jaga). SBLC hanya akan dicairkan kalau applicant gagal memenuhi kewajibannya (wanprestasi) dan beneficiary melakukan klaim.

Contoh Aplikasi Penggunaan SBLC

Salah satu aplikasi penggunaan SBLC yang cukup umum adalah SBLC berfungsi sebagai cover (garansi) dari transaksi open account (transaksi non LC) di mana seller mengirimkan barang dan pembayaran akan dilakukan oleh buyer pada saat yang akan datang. Untuk melindungi resiko unpaid goods maka eksportir mensyaratkan importir untuk melakukan penerbitan SBLC melalui bank terlebih dahulu sebelum barang dikirimkan. Selama transaksi berjalan normal, di mana seller mengirimkan barang dan buyer selalu melakukan pembayaran maka SBLC tidak akan pernah diklaim. SBLC tersebut hanya akan diklaim selama buyer tidak melakukan pembayaran (wanprestasi).


Keunggulan Kami

Sesuai dengan fungsinya sebagai jaminan dari bank, SBLC dapat digunakan pada berbagai macam jenis transaksi dengan tujuan meminimalisir adanya risiko. Staff ahli kami di bidang SBLC dapat membantu Anda sebagai pihak pemohon untuk menstruktur SBLC yang dapat melindungi kepentingan Anda namun tetap sesuai dengan permintaan benef iciary. Dengan lebih dari 1000 jaringan bank korespondensi di seluruh dunia maka SBLC yang akan Anda terbitkan akan lebih cepat dan mudah diterima oleh counter party maupun bank counter party Anda. Apabila Anda adalah penerima/benef iciary dari SBLC, kami dapat membantu Anda me-review terms & conditions SBLC. Selain itu, kami juga dapat melakukan klaim kepada Issuing Bank atas nama Anda.

Benefit

  • Meningkatkan citra perusahaan Anda
  • Sangat fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan transaksi bisnis Anda
  • Menggunakan standar/rule internasional sehingga memperlancar transaksi internasional Anda
  • Aman karena menggunakan sarana SWIFT
  • Tunduk pada peraturan internasional; International Standby Practices 1998 (ISP 98) atau Uniform Customs for Documentary Credit (UCP) 600

Informasi lebih lanjut

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai produk-produk kami, silahkan anda hubungi Call Mandiri di 14000. Atau klik disini untuk menghubungi kantor Commercial Banking Kami.

Standby LC