FAQ Mandiri Mobile

Informasi Umum :

Apa yang dimaksud dengan mandiri mobile ?

Merupakan layanan e-banking untuk melakukan transaksi finansial dan non finansial dengan menggunakan menu transaksi dan tampilan menu, dimana aplikasi harus diunduh terlebih dahulu menggunakan handset telepon selular/komputer tablet serta teknologi 3G/GPRS/WIFI.

Apa keuntungan dengan menggunakan mandiri mobile?

  • Memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi karena menu lebih jelas, lebih mudah digunakan dan tampilan yang lebih menarik.
  • Dapat digunakan nasabah dimana saja dan kapan saja karena diakses lewat telepon selular atau komputer tablet.
  • Hemat dan singkat, karena terdapat menu transaksi Favoritku yang dapat menyimpan data transaksi nasabah sehingga alur transaksi menjadi lebih singkat.
  • Personalized, karena setiap nasabah dapat memilih dengan tampilan foto pribadi di menu utama.
  • Aman, karena setiap masuk ke dalam aplikasi harus memasukkan password atau identitas rahasia.
  • Proses pendaftaran yang mudah dengan berbagai mekanisme pengunduhan aplikasi.

Bagaimana caranya saya dapat menggunakan layanan mandiri mobile?

  • Nasabah dapat melakukan pendaftaran untuk mengunduh layanan mandiri mobile melalui layanan unduh aplikasi resmi mitra Bank Mandiri, seperti Blackberry App World, App Store, Play Store.
  • Selanjutnya apabila aplikasi sudah selesai diunduh, maka nasabah wajib membuat password atau identitas rahasia yang akan digunakan setiap kali login ke dalam aplikasi.
  • Untuk dapat melakukan transaksi keuangan, maka nasabah wajib terdaftar sebagai user aktif mandiri sms karena otorisasi transaksi mandiri mobile menggunakan PIN mandiri sms.
  • Untuk pengguna iPhone, disamping menggunakan PIN mandiri sms juga ditambahkan dengan SMS OTP (one time password). SMS OTP adalah 6 digit angka yang unik yang berlaku hanya untuk 1 (satu) kali transaksi. OTP akan dikirim ke inbox, untuk memunculkan OTP berupa pop-up message, nasabah bisa masuk ke menu setting notification pada iPhone.

Apakah untuk mengunduh aplikasi mandiri mobile terdapat persyaratan tipe telepon selular atau komputer tablet tertentu?

Semua telepon selular (termasuk smartphone) dan komputer tablet yang memiliki fasilitas 3G/GPRS/Wifi, sudah Java enabled, dan berbasis symbian, windows dan android. Pada saat ini layanan baru tersedia untuk smartphone dengan platform Blackberry, iPhone dan Android dengan rincian Operating System sebagai berikut :

Blackberry

OS 4.6

OS 5

OS 6

OS 7

OS 10

Curve 529
Curve 8529
Curve 9300
Curve 9360
Q5
Bold 9000
Curve 8900
Curve 9920
Curve 9380
Q10
Bold 9700
Curve 9315
Bold 9790
Z10
Curve 9320
Torch 9810
Z3
Bold 9700
Torch 9860
Z30
Bold 9780
Bold 9900
Torch 9800
Porsche 9981

 

iPhone

  • iOS 7 dan iOS 8

Android

  • OS 2.1, OS 2.2 dan OS 2.3
  • OS 3.2
  • OS 4.0, OS 4.0.1, OS 4.1, OS 4.1.1, OS 4.1.2, OS 4.2, OS 4.2.1, OS 4.2.2, OS 4.3 dan OS 4.4

* Apabila tipe handphone dan atau OS belum support, saat nasabah download akan mendapat pesan ’tipe handphone dan atau sistem operasi handphone Anda tidak dapat digunakan untuk mengakses layanan ini. Silahkan hubungi Call Mandiri 14000 atau (021) 52997777’

Siapa saja yang dapat menggunakan layanan mandiri mobile?

  • Semua nasabah Bank Mandiri yang mempunyai rekening tabungan atau giro perorangan dan sudah terdaftar menjadi user mandiri sms.
  • Semua non nasabah, namun sebatas menu umum mandiri mobile dan tidak bisa melakukan login ke menu transaksi. Jika belum menjadi nasabah Bank Mandiri, sangat dianjurkan untuk mendaftar menjadi nasabah sekaligus user aktif mandiri sms ke cabang terdekat sehingga bisa menggunakan layanan penuh mandiri mobile.

Apakah yang dimaksud dengan user aktif mandiri sms?

Semua nasabah Bank Mandiri yang sudah mendaftar menjadi pengguna mandiri sms baik melalui ATM dan atau cabang untuk dapat melakukan transaksi keuangan melalui mandiri sms.

Mengapa saya harus terdaftar menjadi user aktif mandiri sms terlebih dahulu sebelum dapat bertransaksi di layanan mandiri mobile?

Demi keamanan, setiap transaksi finansial wajib diotorisasi dengan PIN. PIN yang digunakan adalah PIN yang sama dengan PIN mandiri sms sehingga dapat digunakan nasabah untuk transaksi dengan channel SMS ketik maupun STK.

Bagaimana saya mengetahui jika sudah berhasil mengunduh aplikasi mandiri mobile?

Setelah selesai mengunduh aplikasi mandiri mobile, maka ikuti perintah yang tertera pada telepon selular atau komputer tablet untuk melanjutkan ke langkah berikutnya sampai muncul menu umum mandiri mobile atau halaman untuk login.

Bagaimana jika saya lupa password login mandiri mobile? Apakah saya dapat bertanya password saya kepada Bank Mandiri?

Password login bersifat rahasia dan tidak diketahui oleh siapapun. Password otomatis terblokir jika Nasabah salah memasukkan password sebanyak 3 kali berturut-turut. Nasabah diminta untuk mengaktivasi ulang (re-activate) layanan mandiri mobile..

Bagaimana mekanisme jika saya melakukan pendaftaran mandiri mobile melalui SMS ke 3355?

Setelah mengirimkan perintah Reg Mobile dan dikirim ke 3355, nasabah akan mendapatkan jawaban sms dari 3355 berupa link yang harus diklik untuk melanjutkan proses unduh aplikasi.

Bagaimana jika link jawaban dari 3355 tidak bisa saya klik dan gunakan?

Link yang dikirimkan adalah unik dan berbeda untuk setiap pendaftaran dan berlaku hanya untuk 1 kali penggunaan. Link tersebut akan kadaluarsa jika sudah pernah digunakan 3 kali klik link atau sudah melewati batas waktu 3 jam sejak diterima nasabah. Nasabah dianjurkan untuk mengirimkan permintaan pendaftaran baru ke 3355.

Mengapa kalau saya mengganti kartu SIM (dengan nomor yang berbeda) di telepon selular yang sudah diunduh layanan mandiri mobile tidak bisa digunakan?

Untuk keamanan nasabah, layanan mandiri mobile hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) nomor SIM Card (MSISDN) yang dengan 1 (satu) nomor perangkat telepon selular (IMEI) yang telah terdaftar pada saat mengunduh aplikasi mandiri mobile. Jika nasabah ingin melakukan penggantian kartu SIM, maka disarankan agar kartu SIM tersebut didaftarkan untuk layanan mandiri sms dan melakukan unduh ulang aplikasi mandiri mobile.

Mengapa kalau saya menggunakan kartu SIM yang sama namun mengganti telepon selular, layanan mandiri mobile tidak bisa digunakan?

Untuk keamanan nasabah, layanan mandiri mobile hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) SIM Card yang dengan 1 (satu) telepon selular yang telah terdaftar pada saat mengunduh aplikasi mandiri mobile. Jika nasabah ingin melakukan penggantian telepon selular, maka disarankan agar melakukan unduh ulang aplikasi tersebut sebelumnya.

Transaksi apa saja yang bisa dilakukan di mandiri mobile?

Sebelum login nasabah dapat menggunakan menu umum mandiri mobile untuk :

  • Daftar lokasi ATM dan Cabang.
  • Rate untuk Informasi nilai tukar dan suku bunga.
  • Mandiri call 14000, akses untuk langsung menghubungi mandiri call 14000.
  • Demo, untuk melihat contoh transaksi mandiri mobile.
  • Setting, untuk mengubah password login, bahasa, pilihan koneksi, tampilan, dan ukuran font aplikasi.

Setelah login di layanan mandiri mobile, maka nasabah dapat memilih menu transaksi untuk :

  1. Fitur standar untuk akses rekening seperti transfer antar rekening, transfer antar bank, inquiry saldo, lihat 5 (lima) transaksi terakhir, dan penggantian PIN
  2. Pembayaran dan pembelian untuk :
    • Tagihan telepon : Telkom, kartu Halo, Matrix, IM3 Bright, XL/Xplor, Esia, FREN, dll
    • Isi ulang pulsa : Simpati, Mentari, IM3 Smart, Esia, XL/Bebas, FREN, dll.
    • Kartu Kredit : Bank Mandiri, Citibank, HSBC, Standard Chartered, RBS, ANZ, dll.
    • Pembayaran Umum / Utilities lainnya : PLN, PAM, PBB, Pendidikan, Asuransi, Internet/TV Kabel, Kredit, Tiket Pesawat/Kereta Api, dll.
    • Administrasi: perubahan PIN mandiri sms, perubahan daftar transfer, inbox.

Transaksi apa saja yang bisa disimpan ke dalam menu Favoritku pada layanan mandiri mobile?

Data transaksi yang bisa disimpan dalam menu Favoritku adalah untuk :

  • Transfer: transfer antar rekening dan transfer antar bank.
  • Tagihan rutin: telepon, PLN, PAM, kartu kredit, tv kabel, internet, asuransi dan pembayaran rutin lainnya.
  • Isi ulang pulsa.

Bagaimana cara mengecek apakah transaksi yang dilakukan melalui mandiri mobile sudah berhasil?

Setelah nabasah memasukkan PIN mandiri sms untuk otorisasi transaksi, maka layar berikutnya akan menampilkan pemberitahuan apabila transaksi berhasil dan jika ingin mengecek detil histori transaksi yang telah berhasil nasabah dapat melihatnya pada menu kotak pesan.
Cara mengakses menu kotak pesan: masuk menu utama, kemudian pilih admin, kemudian pilih kotak pesan.

Apakah resi transaksi yang ada di kotak pesan dapat dikirimkan sebagai bukti transaksi kepada orang lain ?

Ya, Nasabah dapat mengirimkan resi transaksi kepada orang lain dengan cara memasukkan no handphone yang dituju. Biaya pengiriman SMS menjadi beban nasabah pengirim dan besar biaya mengikuti biaya yang dibebankan oleh masing-masing penyedia jasa telekomunikasi.

Apa yang dilakukan bila pada transaksi yang dilakukan terjadi masalah?

Ya, resi transaksi akan terus tersimpan di handset sampai dengan nasabah melakukan hal-hal berikut :

  • Penghapusan untuk resi transaksi yang tersimpan melalui menu hapus atau menu hapus semua.
  • Melakukan re-install layanan mandiri mobile yang baru sehingga resi transaksi yang sudah tersimpan akan terhapus.

Mengapa saya tidak bisa melakukan transaksi mandiri mobile padahal saya sudah pernah berhasil melakukan transaksi sebelumnya?

Nasabah diminta untuk mengecek hal-hal berikut :

  • Apakah nasabah sudah memasukkan PIN mandiri sms yang benar untuk otorisasi transaksi?
  • Apakah nasabah melakukan transaksi di atas limit transaksi harian mandiri sms?
  • Apakah nasabah sudah melakukan input data transaksi yang sesuai.

Jika hal-hal tersebut sudah sesuai, mohon agar nasabah menunggu beberapa saat dan kembali mencoba layanan mandiri mobile karena mungkin terjadi masalah jaringan komunikasi.

Berapa limit transaksi harian bila menggunakan layanan mandiri mobile?

Limit transaksi mandiri mobile adalah :

 

Fitur

Limit (Rp) / hari

1

Transfer

100.000.000

2

Pembayaran non kartu kredit

100.000.000

3

Pembayaran kartu kredit

 

 

  • KK Bank Mandiri
  • KK Bank Lain

100.000.000

50.000.000

4

Isi ulang pulsa

5.000.000

Limit transaksi ini berlaku akumulatif untuk semua channel mobile banking yang diakses oleh nasabah, yaitu mandiri sms (ketik dan STK), mandiri mobile, dan mandiri sms *141*6#.

Berapa biaya yang dikenakan bila menggunakan layanan mandiri mobile?

Biaya untuk penggunaan layanan mandiri mobile adalah biaya data  (3G/GPRS/WIFI) yang tergantung layanan data yang digunakan nasabah serta biaya transaksi sesuai biaya jasa dari masing-masing mitra. Bagi pengguna iPhone akan ada biaya lainnya berupa biaya SMS untuk pengiriman SMS OTP sebesar Rp 500,-/SMS.

Apakah saya bisa mengubah ukuran font dari mandiri mobile? Bagaimana cara mengubah ukuran font mandiri mobile?

Ya. Nasabah dapat mengubah ukuran font mandiri mobile dengan memilih font yang sudah tersedia pada menu ubah font.
Cara mengakses menu: masuk menu umum (layar untuk login), pilih menu setting, pilih menu ubah font.

Apakah saya bisa mengubah bahasa yang digunakan pada menu mandiri mobile?

Ya. Nasabah dapat mengubah bahasa mandiri mobile dengan pilihan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang tersedia pada menu ubah bahasa.
Cara mengakses menu ubah bahasa: masuk menu umum (layar untuk login), pilih menu setting, pilih menu ubah bahasa.

Bagaimana cara menghapus atau menonaktifkan aplikasi mandiri mobile?

Nasabah dapat melakukan hal-hal berikut :

  • Menghapus aplikasi melalui menu setting atau aplikasi yang ada dimasing-masing telepon selular atau komputer tablet.
  • Melaporkan kepada mandiri call 14000 untuk menonaktifkan aplikasi mandiri mobile sementara atau permanen melalui mekanisme penghapusan / pemblokiran layanan mandiri sms.

Apa yang dilakukan bila pada transaksi yang dilakukan terjadi masalah?

Lapor segera ke mandiri call 14000 atau 021-52997777, dengan menyampaikan data terkait.

Siapa saja yang dapat dihubungi jika terdapat pertanyaan mengenai mekanisme penggunaan layanan mandiri mobile?

Nasabah dapat menghubungi mandiri call 14000 atau 021-52997777.

 

Mandiri Mobile