FAQ Layanan Kartu Mandiri

Layanan Kartu Mandiri

Apa yang dimaksud dengan Kartu Mandiri?

Kartu Mandiri adalah kartu ATM dan Debit yang merupakan akses dari rekening Tabungan Mandiri dan atau Giro Mandiri rupiah perorangan menggunakan jaringan Visa/ Visa Electron dan PLUS dari Visa international.

Apa fungsi Kartu Mandiri?

  1. Kartu Mandiri dapat dipergunakan sebagai alat transaksi di ATM Mandiri, Cabang Bank Mandiri, ATM Himbara berlogo LINK dan diberbagai tempat di seluruh dunia yang memasang tanda Visa /Visa Electron atau PLUS.
  2. Logo Visa/Visa Electron di toko ( merchant) menunjukan toko tersebut dapat menerima transaksi belanja menggunakan Kartu Mandiri Nasabah.
  3. Logo LINK dan PLUS di ATM menunjukan ATM tersebut dapat menerima transaksi cek saldo dan penarikan uang tunai menggunakan Kartu Mandiri nasabah.

Apa manfaat Kartu Kartu Mandiri?

Nasabah dapat melakukan berbagai transaksi di tempat-tempat yang bertanda Visa/Visa electron atau PLUS tanpa perlu membawa uang tunai. Nasabah juga dapat mengambil uang tunai melalui ATM.

Bagaimana caranya mendapatkan Kartu Mandiri?

Nasabah cukup mengajukan permohonan kartu Mandiri dengan membuka rekening Tabungan Mandiri atau Giro Rupiah Perorangan di cabang – cabang Bank Mandiri terdekat.

Untuk Nasabah yang belum memiliki Kartu Mandiri, nasabah dapat melakukan permohonan aplikasi Kartu Mandiri di cabang Nasabah.

PIN dan Kartu Mandiri

Berdasarkan logo, ada beberapa jenis Kartu Mandiri dan apakah ada perbedaannya?

Terdapat 2 jenis kartu, yaitu Kartu Mandiri berlogo Visa Electron dan Kartu Mandri berlogo Visa. Untuk aplikasi kartu baru, Bank Mandiri menerbitkan Kartu Mandiri berlogo Visa. Sedangkan fungsi dan fitur keduanya sama.

Sekarang saya memiliki Kartu Mandiri berlogo Visa Electron, apakah perlu ditukar dengan kartu Mandiri yang berlogo Visa?

Nasabah tidak wajib menukarkan Kartu Mandiri, namun apabila menginginkan, dapat langsung mengajukan permohonan di cabang Nasabah untuk menggantikan Kartu Mandiri berlogo Visa Electron dengan logo Visa tanpa dikenakan biaya.

Apakah ada perbedaan antar kartu Mandiri dan Mandiri Visa?

Kartu Mandiri adalah kartu ATM dan debit yang berlogo Visa Electron atau Visa dengan BIN (enam digit pertama nomor kartu) 405651 atau 409766. Sedangkan Mandiri Visa adalah kartu kredit yang berlogo Visa dengan BIN 413718 atau 413719.

Kapan transaksi Kartu Mandiri dibukukan?

Pada saat nasabah selesai melakukan transaksi, secara otomatis saldo rekening Tabungan Mandiri atau Giro Rupiah perorangan nasabah (pemegang kartu) akan langsung terpotong (didebit).

Di manakah PIN dan Kartu Mandiri diambil?

PIN dan Kartu Mandiri harus Nasabah ambil sendiri di cabang Bank Mandiri mengajukan permohonan Kartu Mandiri.

Apakah PIN perlu diganti?

Ya, Nasabah perlu mengganti PIN yang sesuai dengan pilihan Nasabah di ATM Mandiri segera setelah Nasabah menerima kartu Mandiri. Hal tersebut dimaksudkan untuk keamanan dan kenyamanan Nasabah.

Apakah yang terjadi apabila nasabah keliru menginput?

Apabila nasabah keliru menginput PIN sebanyak 3 kali secara berturut-turut, maka secara otomatis kartu akan terblokir, untuk pembukaan blokir atau permintaan cetak ulang PIN segera hubungi Cabang nasabah.

Layanan Transaksi Belanja di Merchant

Apa yang dimaksud dengan EDC Terminal?

EDC (Electronic Data Capture) yang tersedia di merchant adalah alat yang berfungsi untuk menerima transaksi Kartu Mandiri secara electronic melalui Jaringan Visa International dan Bank Mandiri.

Bagaimana caranya transaksi menggunakan Kartu Mandiri di merchant

  1. Lihat logo Visa/Visa Electron dimerchant
  2. Berbelanja sesuai dengan kebutuhan Nasabah.
  3. Serahkan Kartu Mandiri ke kasir, kemudian kasir menggesek (swipe) Kartu Mandiri dimesin EDC.
  4. Usahakan nasabah menyaksikan sendiri digesek (di-swipe) di mesin EDC. Hal ini berlaku untuk seluruh jenis merchant (termasuk jenis merchant restoran/bar dan sebagainya).
  5. Yakinkan jumlah belanja di sales draft dengan benar.
  6. Tanda tangani sales draft.

Apakah Kartu Mandiri dapat digunakan untuk transaksi belanja di Internet dan dengan menggunakan sarana surat/fax atau telepon (MOTO = Mail Order and Telephone Order)?

Untuk saat ini, demi keamanan transaksi baik di Internet nasabah , maupun menggunakan surat/fax dan telepon tidak dapat digukanan dan transaksi akan ditolak.

Apakah Kartu Mandiri dapat digunakan sebagai deposit, misalnya di hotel dan rumah sakit pada saat check – in atau Rental?

Nasabah sebaiknya tidak menggunakan kartu Mandiri untuk transaksi deposit, sehubungan Kartu Mandiri hanya untuk transaksi on-line. Apabila deposit nasabah lebih besar dari transaksi, system tidak dapat mengembalikan/mengkredit sisa transaksi rekening nasabah.

Apakah Kartu Mandiri dapat digunakan untuk pembayaran pada saat check-out

Kartu Mandiri nasabah dapat digunakan untuk pembayaran pada saat nasabah check-out di hotel, Rumah Sakit atau Rental.

Mengapa Kartu Mandiri digunakan berbelanja tidak menggunakan PIN

Sehubungan Kartu Mandiri merupakan kartu debit berlisensi Visa Inter national dimana Bank Mandiri harus mengikuti aturan international Visa International yaitu untuk belanja harus menggunakan tanda tangan.

Dengan menggunakan tanda tangan, merchant di Indonesia dan kawasan Asia Pacific lebih banyak menerima kartu yang menggunakan tanda tangan dibandingkan PIN sehingga Nasabah akan mendapatkan kemudahan transaksi.

Sehubungan Kartu Mandiri untuk transaksi di merchant menggunakan tanda tangan, bagaimana caranya menjaga Kartu Mandiri agar tidak digunakan oleh pihak yang tidak diinginkan?

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk meminalisir terjadinya penyalahgunaan Kartu Mandiri adalah sebagai berikut:

  • Segera tandatangani Kartu Mandiri pada panel tanda tangan di belakang kartu pada saat nasabah menerima kartu.
  • Catat nomor Call Mandiri 14000 atu (021) 5299-7777.
  • Simpanlah Kartu Mandiri di tempat aman dan usahakan selalu berada dalam pengawasan Nasabah.
  • Apabila Kartu Mandiri Nasabah hilang/dicuri/tertelan di ATM, segera hubungi Call Mandiri 14000 atu (021) 5299-7777.
  • Segera daftar layanan SMS Banking SMS BANKING di menu Pendaftaran E-BANKING DI ATM Mandiri atau di Cabang Bank Mandiri, untuk memperoleh pemberitahuan otomatis transaksi via SMS ke HP nasabah.
  • Segera hubungi Call Mandiri 14000 atu (021) 5299-7777, apabila Nasabah menemukan mutasi transaksi yang mencurigakan di rekening.

Minimal transaksi berapakah nasabah akan mendapatkan pemberitahuan SMS Banking?

Nasabah akan mendapatkan pemberitahuan SMS Banking untuk setiap minimal transaksi Rp.1 juta baik debit maupun kredit.

Untuk mendapatkan perubahan pemberitahuan SMS, nasabah dapat menghubungi Call Mandiri 14000 atu (021) 5299-7777 atau Cabang Bank Mandiri.

Apakah Kartu Mandiri dapat tidak berfungsi untuk transaksi belanja?

Atas permintaan nasabah, Kartu Mandiri dapat difungsikan hanya untuk ATM saja (fungsi untuk belanja dihilangkan). Fungsi ATM ini tetap berlaku di ATM Mandiri, ATM LINK, ATM PLUS/Visa/Visa Electron dan Cabang Bank Mandiri.

Apabila nasabah ingin mendapatkan layanan ini segera hubungi Cabang Bank Mandiri.

Layanan Transaksi di ATM

Bagaimana caranya bertansaksi menggunakan Kartu Mandiri di ATM?

  1. Lihat logo ATM Mandiri, LINK atau PLUS
  2. Masukkan Kartu Mandiri Nasabah kemudiana tekan PIN (Personal Identification Number)
  3. Pilih transaksi sesuai dengan keinginan Nasabah.
  4. Jangan lupa untuk mengambil kartu setelah selesai transaksi. Kartu yang tidak diambil dimungkinkan dimanfaatkan oleh orang berikutnya.

Apakah Kartu Mandiri dapat digunakan di ATM Luar Negeri untuk tarik tunai dan cek saldo?

Nasabah dapat menggunakan Kartu Mandiri di Luar Negeri di ATM yang berlogo Visa/Visa Eectron/Plus untuk tarik tunai dan cek saldo.

Apabila tarik tunai di ATM luar negeri, uang apakah yang keluar?

Mata uang yang akan keluar di ATM Luar Negeri adalah mata uang lokal negara di tempat nasabah bertransaksi.

Apakah Bank Mandiri yang menentukan kurs untuk transaksi dengan Kartu Mandiri di luar negeri?

Pada saat nasabah bertransaksi di luar negeri menggunakan Kartu Mandiri, yang menentukan kurs adalah Visa International.

Keluhan Nasabah

Bagaimana kalau Kartu Mandiri nasabah hilang?

Segera hubungi Cabang Bank Mandiri atau menghubungi Call Mandiri 14000 atau (021) 5299-7777 untuk meminta agar memblokir Kartu Mandiri nasabah. Apabila nasabah menghendaki penggantian kartu, buat lapotran tertulis serta serahkan surat kehilangan dari Kepolisian ke cabang nasabah. Kelalaian nasabah melaporkan dapat menyebabkan kerugian yang bukan menjadi tanggung jawab Bank Mandiri.

Menjadi beban siapakah transaksi atas kartu Mandiri yang telah dilaporkan hilang?

Apabila transaksi terjadi sebelum dilaporkan hilang, transaksi menjadi beban nasabah. Apabila transaksi terjadi setelah dilaporkan hilang, transaksi tidak menjadi beban nasabah.

Apakah yang harus dilakukan apabila kalau kartu Mandiri saya tertelan di ATM Bank Lain atau ATM Mandiri?

Secepatnya hubungi Call Mandiri 14000 atau (021) 5299-7777 atau Cabang Bank Mandiri terdekat.

Apakah yang harus dilakukan apabila saya lupa PIN Kartu Mandiri saya?

Segera hubungi Cabang nasabah untuk menerbitkan PIN baru. Untuk penerbitan ini, nasabah akan dikenakan biaya penggantian PIN sesuai dengan ketentuan berlaku.

Apakah ada kemungkinan Kartu Mandiri tidak bisa diakses (ditolak) ketika berbelanja menggunakan mesin EDC Terminal di merchant atau di ATM?

Kemungkinan itu ada dan penyebabnya anatara lain oleh karena:

  • PIN Nasabah keliru
  • Sistem atau jaringan sedang mengalami gangguan
  • Pita magnetik kartu rusak
  • Saldo rekening nasabah tidak mencukupi

Untuk memperoleh informasi mengenai hal tersebut silahkan nasabah menghubungi Call Mandiri 14000 atau (021) 5299-7777.

Apakah yang harus dilakukan apabila transaksi di merchant / di ATM gagal, tetapi rekening terdebit. Apakah nasabah harus komplain ke merchant?

Nasabah tidak perlu komplain ke merchant, segera hubungi Call Mandiri 14000 atau (021) 52999-7777. Setelah melalui penelitian yang kami lakukan apabila komplain nasabah benar, maka kami akan lakukan koreksi dengan mengredit ke rekening nasabah.

Apakah Bank Mandiri mengenakan biaya tambahan dari setiap transaksi belanja di merchant tertentu?

Bank Mandiri sebagai penerbit Kartu Mandiri tidak mengenakan biaya tambahan untuk transaksi di merchant, namun sebagian merchant mengenakan biaya sebesar 1,5%-3% dari nilai transaksi, yang merupakan biaya perawatan EDC dan biaya late settlement.

Apakah transaksi Kartu Mandiri dapat dilakukan apabila saldo rekening tidak mencukupi?

Apabila saldo nasabah tidak mencukupi untuk transaksi, maka sistem akan menolak transaksi tersebut.

Apakah yang harus dilakukan apabila nasabah merasa ada kesalahan pencatatan pada rekening?

Sebaiknya segera ke Cabang Bank Mandiri atau hubungi Call Mandiri 14000 atau (021) 5299-7777 atau cabang Bank Mandiri.

Limit Harian & Biaya Kartu Mandiri

Berapa limit maksimal transaksi Kartu Mandiri di ATM dan belanja di merchant dalam sehari?

Jenis Transaksi Limit Awal Kartu Mandiri
Reguler Priority
Tarik Tunai di ATM Mandiri, LINK dan PLUS Rp. 5 juta Rp. 10 juta
Transfer antar rekening di ATM Mandiri Rp. 20 juta Rp. 50 juta
Bill Payment di ATM Mandiri Sesuai saldo nasabah
Belanja di Merchant Rp. 5 juta Rp. 10 juta
Frekuensi (jumlah) transaksi belanja di Merchant 5 kali Tidak terbatas

Limit transaksi diatas dapat berubah sewaktu – waktu.

Apakah maksimal limit awal Kartu Mandiri dapat dirubah?

Atas permintaan nasabah, limit awal Kartu Mandiri dapat dirubah di Cabang Bank Mandiri, dengan mengisi form FFO 056 (Formulir Permintaan/Keluhan Nasabah) dan menyerahkan Kartu Mandiri dan KTP nasabah dapat memilih limit transaksi yang diinginkan yaitu:

Jenis Transaksi Alternatif Maksimal Limit Kartu Mandiri
SRV1 SRV7 SRV8 SRV95 SRV96
Tarik Tunai di ATM Mandiri, LINK dan PLUS Rp. 5 juta Rp. 5 juta Rp. 10 juta Rp. 10 juta Rp. 10 juta
Transfer antar rekening di ATM Mandiri Rp. 20 juta Rp. 20 juta Rp. 50 juta Rp. 50 juta Saldo nasabah
Bill Payment di ATM Mandiri Saldo nasabah
Belanja di Merchant Tidak bisa Rp. 5 juta Rp. 10 juta Rp. 20 juta Saldo nasabah
Frekuensi belanja di Merchant Tidak bisa 5 kali Tidak dibatasi Tidak dibatasi Tidak dibatasi

Apabila dalam sehari, jumlah transaksi pemegang Kartu Mandiri reguler sudah 5 kali sedangkan total belanja masih kurang Rp. 5 juta, apakah transaksi belanja di merchant masih dapat dilakukan di hari yang sama?

Sistem akan menolak transaksi yang ke 6 yang dilakukan oleh Pemegang Kartu Mandiri reguler walaupun total belanja dalam satu hari masih kurang dari Rp. 5 juta.

Biaya apa saja yang muncul; terhadap penggunaan di ATM?

Biaya pertransaksi yang muncul apabila menggunakan Kartu Mandiri di ATM adalah:

Logo ATM Cek Saldo Tarik Tunai
ATM Mandiri Tidak ada biaya Tidak ada biaya
ATM LINK (BNI, BRI dan BTN) Rp. 2.000,- / transaksi Rp. 3.000,- / transaksi
ATM PLUS/Visa/Visa Electron Rp. 3.000,- / transaksi
  • ATM dalam negeri Rp. 15.000,- / transaksi
  • ATM luar negeri Rp. 20.000,- / transaksi

Biaya diatas dapat berubah sewaktu-waktu.

Apabila di ATM terdapat logo LINK dan PLUS/Visa/Visa Electron, biaya mana yang akan dikenakan kepada nasabah?

Nasabah akan tetap dikenakan biaya ATM LINK walaupun di ATM tersebut terdapat logo PLUS/Visa/Visa Electron.

Apa saja biaya lain yang berkaitan dengan Kartu Mandiri?

Jenis Biaya Jumlah
Penggantian kartu Rp. 15.000,- / transaksi
Denied transaction Rp. 5.000,- / transaksi
Penggantian PIN Rp. 5.000,- / transaksi
Biaya administrasi kartu Rp. 0,-

Biaya diatas dapat berubah sewaktu-waktu.

Denied transaction adalah transaksi yang ditolak oleh sistem Visa (bukan oleh sistem Bank Mandiri atau LINK) yang disebabkan oleh kesalahan nasabah seperti saldo rekening tidak cukup, atau PIN salah.

Sunset