FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)
mandiri e-cash

 

Q
: Apa yang dimaksud dengan mandiri e-cash?
A
:
mandiri e-cash adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi USSD dan aplikasi di telepon seluler yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi perbankan seperti Top up e-Money, penyetoran dan penarikan tunai, pengecekan saldo, transfer antar rekening mandiri e-cash dan fitur transaksi lainnya yang akan dikembangkan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank Mandiri.
   
Q
: Apa saja fitur mandiri e-cash?
A
:

Fitur mandiri e-cash yang dapat dinikmati oleh pemegang , sbb:

  • Informasi saldo dan histori transaksi
  • Isi ulang saldo dari e-Channel Bank Mandiri,  transfer ATM Bersama, dan tunai melalui retail store
  • Transfer ke nomor telepon seluler lainnya dan ke rekening giro/tabungan Bank Mandiri
  • Tarik Tunai di ATM Bank Mandiri tanpa menggunakan kartu ATM
  • Bayar/beli Tagihan maupun pada merchant-merchant yang bekerjasama
   
Q
: Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari mandiri e-cash ?
A
:

Beberapa kemudahan yang dapat dinikmati oleh pemegang, sbb:

  • Sebagai pengganti uang tunai
  • Dapat digunakan di semua jenis handphone
  • Kemudahan pendaftaran tanpa harus datang ke cabang Bank Mandiri
  • Tidak perlu repot mencari uang pas untuk pembayaran transaksi dengan nominal kecil
  • Kemudahan transfer ke nomor handphone tanpa harus menghapal nomor rekening Bank
   
Q
:
Layanan mandiri e-cash tidak melibatkan bank secara langsung, apakah aman ?
A
:
Layanan ini sangat aman karena setiap pendaftaran rekening mandiri e-cash pemegang diharuskan membuat kode rahasia  dan PIN. Dan setiap transaksi hanya bisa dijalankan jika pemegang sudah memasukkan PIN yang sesuai.
   
Q
:
Jika saya bukan nasabah Bank Mandiri apakah saya boleh menikmati layanan mandiri  e-cash ?
A
:
Setiap orang yang memiliki telepon seluler dan kartu SIM yang aktif dapat menjadi pemegang mandiri e-cash.
   
Q
:
Bagaimana cara mendapatkan layanan mandiri e-cash ?
A
:

Pengguna telepon seluler dapat mengakses mandiri e-cash menggunakan USSD dengan mengetik *141*6# kemudian pilih call/panggil. Bagi pengguna smartphone, mandiri e-cash dapat diakses dengan men-download aplikasi di Apps Store, Google Play, Nokia Store, Blackberry World, dan Windows Store.
Setelah itu, pengguna dapat melakukan pendaftaran mandiri e-cash terlebih dahulu dengan mengisi beberapa data singkat seperti :

USSD     : Nama, Kata Rahasia, dan PIN
Aplikasi   : Nama, No. KTP, Alamat, Tanggal Lahir, Kata Rahasia dan PIN

Pengguna yang telah melakukan pendaftaran akan terdaftar sebagai pemegang unregistered. Untuk dapat menjadi pemegang registered, pengguna harus melakukan upgrade layanan mandiri e-cash terlebih dahulu.

   
Q
:
Apa yang dimaksud dengan pemegang unregistered dan pemegang registered ?
A
:

Pemegang unregistered adalah pemegang mandiri e-cash yang baru melakukan pendaftaran menggunakan data singkat berupa nama, tanggal lahir, dan email (opsional).
Sedangkan pemegang registered adalah pemegang mandiri e-cash yang telah melakukan upgrade layanan mandiri e-cash

Berikut perbedaan antara pengguna unregistered dan pengguna registered :

No

Perbedaan

unregistered

registered

1

Saldo Maksimal

Satu Juta Rupiah

Lima Juta Rupiah

2

Isi Ulang

Ok

Ok

3

Fitur Bayar - Beli

Ok

Ok

4

Fitur Transfer

Tidak

Ok

5

Fitur Tarik Tunai

Tidak

Ok

     
Q
: Bagaimana caranya menjadi pemegang mandiri e-cash registered?
A
:

Pemegang unregistered yang  telah melakukan pendaftaran mandiri e-cash dapat menjadi pemegang registered dengan melakukan upgrade layanan. Upgrade layanan dapat dilakukan di e-Channel Bank Mandiri dan melalui cabang.

Upgrade Layanan melalui cabang dilakukan dengan mengisi formulir upgrade layanan dan menyertakan fotocopy kartu identitas yang masih berlaku.

     
Q
:
Apakah pemegang akan dikenakan biaya untuk transaksi mandiri e-cash yang dilakukan ?
A
:

Ya, pemegang mandiri e-cash akan dikenakan biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan, sbb:

No.

Jenis Transaksi

Biaya

1.

Isi Ulang melalui ATM

Gratis

2.

Tarik Tunai melalui ATM

Rp. 3.000,-

3.

Transfer

Gratis

4.

Pembelian/Pembayaran Tagihan

variatif sesuai ketentuan Bank

5.

Pembayaran di Merchant

Gratis

6.

Rekening Dormant

Rp. 10.000,- per bulan

     
Q
:
Apakah setiap transaksi yang dilakukan akan dikenakan pemotongan pulsa?
A
:

Hanya beberapa transaksi tertentu yang akan dikenakan pemotongan pulsa, sebagai berikut :

Menggunakan aplikasi mandiri e-cash

No.

Jenis Transaksi

Pulsa yang dikenakan

1.

SMS Verifikasi (khusus pengguna aplikasi)

Rp 550,-

2.

Transfer
<= 100 ribu
> 100 ribu

Gratis

Rp 550,- (biaya OTP)

3.

Beli Pulsa/PLN

Gratis

4.

Bayar Toko/Belanja Online

Rp 550,- (biaya OTP)

5.

Tarik Tunai di ATM

Rp 550,- (biaya OTP)

6.

Top Up

Gratis

7.

Admin (cek saldo, ubah profile, ubah PIN)

Gratis

8.

Re-issue PIN

Rp 550,- (biaya notifikasi SMS)

     
 

Menggunakan USSD *141*6#

No.

Jenis Transaksi

Pulsa yang dikenakan

1.

Seluruh transaksi dengan USSD
- XL
- Tsel dan Isat

 

Rp 1.100
Rp 250

2.

Transfer
<= 100 ribu
> 100 ribu


Gratis
Rp 550,- (biaya OTP)

3.

Beli Pulsa/PLN

Gratis

4.

Bayar Toko/Belanja Online

Rp 550,- (biaya OTP)

5.

Tarik Tunai di ATM

Rp 550,- (biaya OTP)

6.

Top Up

Gratis

7.

Admin (cek saldo, ubah profile, ubah PIN)

Gratis

8.

Re-issue PIN

Rp 550,- (biaya notifikasi SMS)

 
* untuk transaksi menggunakan USSD, akan dikenakan pemotongan pulsa sebesar poin 1 ditambah dengan poin jenis transaksi yang dilakukan. Misal, jika si A melakukan transaksi bayar toko dengan Tsel, maka akan dikenakan pemotongan pulsa sebesar Rp 250 + Rp 550 = Rp 800
     
Q
:
Provider apa saja yang bisa mengakses layanan mandiri e-cash ?
A
:
Jenis mandiri e-cash
Tsel
XL
Indosat
Esia
Flexi
Smart
USSD (semua jenis handphone)
v
v
v
-
-
-
Aplikasi mandiri e-cash (smartphone)
v
v
v
v
v
v
   
Q
:
Apakah nomor handphone yang sama bisa didaftarkan berulang kali ?
A
:
Satu nomor handphone hanya bisa  didaftarkan sekali saja.
   
Q
:
Apakah saya bisa memiliki lebih dari satu rekening mandiri e-cash ?
A
:
Bisa, namun harus dengan nomor handphone yang berbeda.
   
Q
:
Apakah saya bisa mengakses layanan mandiri e-cash di luar negeri ?
A
:
Pemegang dapat mengakses layanan mandiri e-cash di luar negeri sepanjang pemegang mendapat akses ke jaringan internet (untuk pengguna smartphone) dan akses SMS dari luar negeri (untuk pengguna feature/basic phone)
   
Q
:
Apakah ada batasan saldo minimum rekening mandiri e-cash ?
A
:
Tidak ada batasan saldo minimum untuk rekening mandiri e-cash.
   
Q
:
Apakah rekening mandiri e-cash dikenakan biaya administrasi dan diberikan bunga seperti halnya rekening tabungan reguler ?
A
:
Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, rekening mandiri e-cash tidak dikenakan biaya administrasi dan tidak diberikan bunga.
   
Q
:
Berapa batasan transaksi dari rekening mandiri e-cash ?
A
:
Batas transaksi dari rekening mandiri e-cash adalah maksimal nominal transaksi Rp.20 juta per bulan. Jika sudah melakukan transaksi sejumlah Rp.20 juta, maka nasabah tidak diperbolehkan melakukan transaksi lagi di bulan yang sama. Nasabah harus menunggu bulan berikutnya untuk melakukan transaksi.
   
Q
:
Bagaimana saya terinformasi apakah transaksi saya berhasil atau tidak ?
A
:
Apabila transaksi telah dilakukan, akan ada SMS notifikasi yang menginformasikan apakah suatu transaksi berhasil/tidak.
   
Q
:
Jika saya melakukan transfer uang, berapa lamakah uang akan diterima oleh penerima ?
A
:
Sesaat setelah proses transfer dilakukan dan SMS konfirmasi telah diterima oleh pengirim dan penerima.
     

Rekening Dormant

Q
:
Apakah yang dimaksud dengan Rekening Dormant ?
A
:
Rekening dormant adalah rekening pengguna mandiri e-cash yang sudah tidak digunakan untuk bertransaksi finansial selama 6(enam) bulan berturut-turut. Pemegang akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,-/bulan pada tanggal 1 di  bulan ke-7 dan seterusnya.
   
Q
:
Bagaimana cara mengaktifkan kembali Rekening Dormant ?
A
:
Pemegang dapat mengaktifkan kembali rekening dormant dengan cara menghubungi mandiri call center 14000 maupun ke cabang Bank Mandiri.
Rekening dormant yang telah diaktifkan kembali harus digunakan untuk bertransaksi pada hari tersebut. Jika tidak, maka rekening akan kembali menjadi rekening dormant pada hari berikutnya.
     
Q
: Apa saja transaksi finansial yang harus dilakukan agar tidak menjadi rekening dormant?
A
: transaksi finansial yang dimaksud adalah transaksi berupa transfer keluar, bayar toko, belanja online, beli token PLN, beli pulsa, dan tarik tunai.
     
Q
: Apabila mandiri e-cash saya dormant dan saldo yang tersisa kurang dari Rp 10.000,- apakah biaya dormant akan dikenakan juga?
A
: Ya, biaya dormant tetap akan dikenakan sebesar sisa saldo yang tersedia dan tidak bersifat akumulatif. Jika bulan depan saldo sudah mencapai Rp 0,- maka biaya dormant tidak lagi dikenakan di bulan berikutnya.
 

Keluhan Pemegang

Q
:
Apa yang harus dilakukan pemegang jika sudah mengikuti petunjuk melakukan transaksi ternyata SMS konfirmasi tidak diterima ?
A
:
Pemegang diminta cek saldo/mutasi rekeningnya. Apabila ternyata saldo tidak berkurang (transaksi tidak berhasil), silahkan mencoba lagi untuk bertransaksi. Namun, jika saldo sudah berkurang namun transaksi tidak berhasil dilakukan, silahkan hubungi mandiri call 14000 maupun melalui cabang.
   
Q
:
Apa saja penyebab SMS konfirmasi transaksi terlambat/tidak terkirim ke handphone pemegang ?
A
:
Penyebabnya antara lain SMS-Center operator sibuk/antri, handphone mati, pulsa telepon selular tidak memadai, gangguan jaringan handphone maupun penyebab lainnya.
   
Q
:
Bagaimana jika saya lupa pin saya ?
A
:
Jika pemegang lupa PIN, pemegang dapat melakukan reset PIN melalui USSD maupun aplikasi mandiri e-cash dengan memasukkan verifikasi data berupa nama dan kata rahasia.
   
Q
:
Bagaimana jika saya lupa kata rahasia saya ?
A
:
Jika pemegang lupa kata rahasia, pemegang dapat menghubungi mandiri call 14000 maupun melalui cabang dengan membawa KTP yang berlaku untuk melakukan re-issue PIN dengan verifikasi data. Re-issue PIN hanya dapat dilakukan bagi pemegang registered.
   
Q
:
Bagaimana jika SIM Card dan/atau handphone saya hilang atau dicuri ?
A
:
Pemegang dapat melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke provider telepon dan mandiri call 14000 untuk ditindaklanjuti penyelesaiannya. Apabila pemegang ingin mengajukan permintaan pembukaan blokir, maka pemegang dapat menghubungi mandiri call 14000 maupun melalui cabang dengan membawa KTP yang berlaku. Pembukaan blokir hanya dapat dilakukan bagi pemegang registered.
   
Q
:
Apakah saya akan kehilangan uang di rekening mandiri e-cash jika SIM Card/handphone saya hilang   atau dicuri ?
A
:
Tidak, uang anda aman di rekening mandiri e-cash, sepanjang tidak ada orang lain yang mengetahui kode rahasia dan PIN anda.
   
Q
:
Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan kembali saldo pada rekening mandiri e-cash saya jika SIM Card/handphone saya hilang/dicuri ?
A
:
Anda dapat mengajukan re-cycle kartu ke provider dengan nomor handphone yang sama. Sistem mandiri e-cash akan melakukan validasi pemegang berupa nama, kata rahasia, dan PIN untuk dapat menggunakan kembali mandiri e-cash anda.

 

e-cash