Produk Treasury

Sistem devisa bebas (free-floating) yang diterapkan pemerintah Indonesia saat ini memungkinkan terjadinya fluktuasi kurs yang sangat besar. Untuk mengantisipasi kerugian akibat fluktuasi kurs valuta asing dan untuk memudahkan / memastikan perhitungan biaya produksi serta membuat proyeksi arus kas secara akurat, kami menawarkan produk hedging (lindung nilai) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, untuk kebutuhan jual/beli valuta asing kami upayakan pemberian kurs yang terbaik bagi Anda. Secara umum produk Foreign exchange yang tersedia saat ini adalah:

1. Today, Tomorrow, Spot

  • Today adalah transaksi pembelian atau penjualan valuta asing lawan valuta (asing) lainnya pada hari ini dengan penyerahan hari ini juta.
  • Tomorrow adalah transaksi pembelian atau penjualan valuta asing lawan valuta (asing) lainnya pada hari ini dengan penyerahan 1 hari kerja setelah tanggal transaksi.
  • Spot adalah transaksi pembelian atau penjualan valuta asing lawan valuta (asing) lainnya pada hari ini dengan penyerahan 2 hari kerja setelah tanggal transaksi.

2. Currency Swap

  • Currency Swap atau sering disebut Swap adalah suatu transaksi / kontrak untuk membeli atau menjual valuta asing lawan valuta (asing) lainnya pada tanggal valuta tertentu sekaligus dengan perjanjian untuk menjual atau membeli kembali pada tanggal valuta berbeda di masa yang akan datang, dengan harga yang ditentukan pada tanggal kontrak. Kedua transaksi tersebut dilaksanakan sekaligus dan dengan counterparty yang sama.
  • Jangka Waktu

    Transaksi swap dapat dilakukan untuk jangka waktu 1 minggu sampai dengan 1 tahun.Tujuan transaksi swapUntuk memenuhi kebutuhan akan mata uang lokal sekaligus pembayaran hutang dalam mata uang asing bagi anda yang menerima pinjaman dalam mata uang asing dengan melakukan transaksi swap Sell/buy, yaitu menjual USD lawan Rupiah pada valuta spot (pada saat menerima pinjaman dalam mata uang asing / USD) dan membeli kembali USD lawan Rupiah pada valuta di masa yang akan datang (pada saat pelunasan pinjaman dalam mata uang asing/USD).

  • Tujuan transaksi swap

    Untuk memenuhi kebutuhan akan mata uang lokal sekaligus pembayaran hutang dalam mata uang asing bagi anda yang menerima pinjaman dalam mata uang asing dengan melakukan transaksi swap Sell/buy, yaitu menjual USD lawan Rupiah pada valuta spot (pada saat menerima pinjaman dalam mata uang asing / USD) dan membeli kembali USD lawan Rupiah pada valuta di masa yang akan datang (pada saat pelunasan pinjaman dalam mata uang asing/USD).

Mekanisme transaksi swap digambarkan pada diagram di bawah ini:


Contoh kontrak swap 2 bulan, USD 1 juta lawan Rupiah

3. Forward

Transaksi Forward
adalah suatu transaksi/kontrak pembelian atau penjualan suatu valuta asing lawan valuta (asing) lainnya pada tanggal valuta asing di masa yang akan datang dengan rate / harga yang ditentukan sekarang (pada tanggal kontrak).

Jangka Waktu
Transaksi forward dapat dilakukan untuk jangka waktu 1 minggu sampai dengan 1 tahun.

Tujuan Transaksi Forward

  • Untuk memenuhi kebutuhan cicilan hutang dalam mata uang asing dan mengantisipasi kecenderungan kurs valuta asing yang meningkat, Anda dapat melakukan pembelian forward dengan jangka waktu yang sesuai dengan jadwal pembayaran cicilan hutang.
  • Untuk memenuhi kebutuhan pembayaran L/C impor dan mengantisipasi kecenderungan kurs valuta asing yang meningkat, importir dapat melakukan pembelian forward dengan jangka waktu sesuai saat pembayaran L/C impor.
  • Untuk mengantisipasi kecenderungan kurs valuta asing yang menurun, eksportir dapat melakukan transaksi jual forward dengan jangka waktu sesuai dengan penerimaan pembayaran ekspor (saat negosiasi WEB).

Mekanisme transaksi forward digambarkan pada diagram di bawah ini:


Contoh kontrak forward 1 bulan, USD 1 juta lawan Rupiah

Sunset