Rabu, 30 Juli 2014 - 00:14 WIB


Materi Pengetahuan Produk

Reksa Dana

Reksa Dana dapat diartikan sebagai suatu wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investment. (Ps. 1, UU PM)

N A B (Nilai Aktiva Bersih)

NAB (Nilai Aktiva Bersih) merupakan salah satu tolok ukur dalam memantau hasil dari suatu Reksa Dana.NAB per saham/unit penyertaan adalah harga wajar dari portofolio suatu Reksa Dana setelah dikurangi biaya operasional kemudian dibagi jumlah saham/unit penyertaan yang telah beredar (dimiliki investor) pada saat tersebut

Jenis Reksa Dana

Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund)

Reksa dana ini hanya melakukan investasi pada Efek bersifat Utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun.Tujuannya untuk menjaga likuiditas dan pemeliharaan modal Risiko relatif lebih rendah dibanding reksa dana jenis lain.

Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Funds)

Reksa Dana ini melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya dalam bentuk Efek bersifat Utang. Tujuannya untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil.Risiko relatif lebih besar dari Reksa Dana Pasar Uang.

Reksa Dana Saham (Equity Funds)

Reksa Dana ini melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya dalam bentuk Efek bersifat Ekuitas.Tujuannya pertumbuhan harga saham/unit dalam jangka panjang.Risiko lebih tinggi dari reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap namun menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi.

Reksa Dana Campuran (Discretionary Funds)

Reksa Dana ini melakukan investasi dalam Efek bersifat Ekuitas dan Efek bersifat Utang yang perbandingannya tidak termasuk Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Saham.Tujuannya untuk pertumbuhan harga dan pendapatan.Risiko moderat dengan tingkat pengembalian yang ralatif tinggi daripada Reksa Dana Pendapatan Tetap.


selanjutnya...>>



Copyright © 2001 by Bank Mandiri. All rights reserved.