Pacu Transaksi Kartu Kredit, Bank Mandiri Bersama Think BIG DigitalSDN, BHD Gelar Program Promosi

News Release - Jum'at, 28 September, 2012

Jakarta, 28 September 2012 – Bank Mandiri bersama Think BIG DigitalSDN, BHD, perusahaan afiliasi AirAsia Group, menandatangani perjanjian kerjasama yang bertujuan untuk meningkatkan nilai transaksi kartu kredit Mandiri.
Think Big DigitalSDN, BHD adalah anak perusahaan dari Tune Money yang mengelola AirAsia BIG Loyalty, program Maskapai AirAsia untuk meningkatkan loyalitas penumpang.
Perjanjian Kerjasama ditandatangani oleh Executive Vice President Coordinator Consumer Finance Bank Mandiri, Mansyur S. Nasution dan CEO Tune Money, Peter Miller, dan disaksikan oleh Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini dan CEO AirAsiaGroup, Tony Fernandes di Jakarta, Jumat (28/9).
Melalui kerja sama itu, pemegang kartu kredit Mandiri dapat menukar Mandiri Power Points miliknya dengan Poin BIG untuk mendapatkan tiket gratis penerbangan AirAsia, merchandise AirAsia, serta AirAsia electronic gift voucher dan berbagai keuntungan lain. Untuk setiap 5 power poin dapat ditukarkan 1 Poin BIG.
Program promosi mulai digelar pada Oktober 2012 hingga Juni 2015, dan diharapkan dapat membantu Bank Mandiri memenuhi target pertumbuhan transaksi kartu kredit di tahun 2012 sebesar 26%.
Disamping program penukaran Poin BIG reguler, pemegang kartu kredit Mandiri juga dapat memperoleh 30.000 Poin BIG untuk ditukarkan tiket gratis penerbangan AirAsia tujuan tertentu dengan bertransaksi Rp5 juta per bulan periode bulan Oktober 2012 hingga Januari 2013.
Pemegang kartu juga akan diberikan Free 200 Poin BIG untuk registrasi awal selama satu bulan sejak kerjasama, dan diberikan kesempatan untuk menukarkan Poin BIG dengan tiket AirAsia untuk beberapa tujuan tertentu dengan nilai konversi Poin BIG yang sangat rendah, mulai dari 10 Poin BIG.
Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan, pertambahan jumlah masyarakat kelas menengah di Indonesia telah meningkatkan kebutuhan atas layanan transportasi udara yang aman dan terjangkau sehingga kerjasama promosi dengan salah satu pemain utama di segment low cost carrier perlu dilakukan.
“Menurut data Bank Dunia, jumlah masyarakat kelas menengah Indonesia pada tahun 2010 tercatat sebanyak 56,5% dari total populasi, meningkat signifikan dari situasi pada 2003 yang mencapai 37,7%. Dan tentunya sebagian adalah nasabah kami,” ungkap Zulkifli.
Pada Agustus 2012, Bank Mandiri telah menerbitkan lebih dari 2,7 juta kartu kredit dengan nilai transaksi yang dibukukan pada periode tersebut mencapai lebih dari Rp11 triliun (unaudited) atau meningkat 22% dariperiode yang sama tahun sebelumnya.
“Kami optimis kerjasama ini akan mendapatkan tanggapan positif dari pemegang kartu, mengingat saat ini transaksi pembelian tiket Air Asia merupakan salah satu transaksi cukup tinggi yang dilakukan pemegang kartu kredit Mandiri, dan dengan adanya kesempatan memperoleh tiket gratis dari poin yang dimiliki, tentu memberi manfaat lebih bagi pemegang kartu dan pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas nasabah,“ Ujar Zulkifli.
Sementara itu Founder Think BIG Digital sekaligus CEO Grup AirAsia Tony Fernandes optimistis kerja sama dengan Mandiri juga bisa meningkatkan jumlah penumpang AirAsia sekaligus jumlah anggota program loyalitas BIG.
“Dengan penduduk sekitar 230 juta, Indonesia merupakan pasar penerbangan terbesar di Asean. Tidak hanya penerbangan gratis, kini pemegang kartu Mandiri juga dapat menikmati penginapan gratis di Tune Hotel yang tersebar di berbagai negara, AirAsia Electronic Gift Voucher (EGV), merchandise AirAsia, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya,” ujar Tony.
Selain dengan Think BIG Digital, saat ini Bank Mandiri juga telah menjalin kerjasama dengan merchant partner dari berbagai kategori, seperti supermarket/hypermarket, restoran, electronik dan gadget, department store, fashion, rumah sakit, perusahaan utilitas umum dan beberapa kategori lain. Dalam setiap kategori, Bank Mandiri selalu memiliki kerjasama strategis dengan merchant partner yang telah memiliki brand yang baik dan dikenal oleh pemegang kartu.

Sunset