Mandiri Produk Ekspor

Letter of Credit (LC) adalah instrument yang diterbitkan oleh bank (Issuing Bank), atas permintaan buyer / applicant yang berisi janji bank untuk membayar sejumlah uang kepada Anda sebagai seller / beneficiary apabila dokumen yang dipresentasikan kepada Issuing Bank sesuai dengan syarat dan kondisi LC.

Produk - produk ekspor kami yang terkait dengan LC antara lain adalah :

Pre-Export Financing (PEF)

Pre-Export Financing dapat memberikan solusi atas kebutuhan pembiayaan untuk pembelian bahan baku, produksi barang maupun pengadaan barang. PEF akan diberikan atas dasar LC yang Anda terima.


Bank Mandiri akan memberikan limit yang bersifat revol-ving yang dapat Anda gunakan untuk merealisasikan transaksi ekspor Anda. Penarikan fasilitas ini dapat dilakukan setelah Anda menyerahkan original LC yang tunduk pada Uniform Customs and Practices for Documentary Credit (UCP) publikasi terbaru. Modal kerja yang dapat digunakan adalah maksimum sebesar 80% dari nilai LC yang diterima.

Benefit

  • Membantu merealisasikan transaksi ekspor tanpa memberatkan cash flow Anda
  • Fasilitas dengan suku bunga prime sehingga dapat meminimalisir biaya yang Anda keluarkan

Fitur

  • Limit bersifat revolving
  • Pembiayaan maksimal 80% dari nilai LC
  • LC diterbitkan oleh correspondent bank Mandiri

Bill Purchasing

Pada transaksi ekspor dengan LC, terdapat tenggang waktu antara saat Anda melakukan presentasi dokumen dengan saat Anda akan menerima pembayaran dari Issuing Bank. Tenggang waktu tersebut akan semakin lama apabila LC yang diterima diterbitkan dengan syarat pembayaran secara Usance (Berjangka). Produk Bill Purchasing kami memungkinkan Anda memperoleh pembayaran segera setelah presentasi dokumen sehingga akan mempercepat cash inflow Anda.

Skema Bill Purchasing


Bill Purchasing adalah pengambilalihan dokumen dan/atau draft atas dasar LC. Pengambilalihan dilakukan oleh Bank Mandiri dengan cara membayar terlebih dahulu sebelum pembayaran dilaksanakan oleh Issuing Bank pada saat jatuh tempo pembayaran LC. Bill Purchasing dapat dilakukan baik untuk LC dengan tenor Sight (Atas Unjuk) maupun Usance (Berjangka) dan akan dilakukan dengan Hak Regres (with recourse).

Pengambilalihan dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, untuk kondisi dokumen complying presentation yang ditarik atas Issuing Bank yang telah memiliki commercial line pada Bank Mandiri dapat langsung dilakukan pengambilalihan. Kedua, untuk kondisi dokumen lainnya dan Issuing Bank belum memiliki commercial line dapat menggunakan limit yang disebut Bill Purchasing Line (BPL). Kami dapat mengkredit rekening Anda pada hari yang sama dengan presentasi dokumen apabila kami menerima dokumen lengkap sebelum pkl. 12.00 WIB.

Benefit

  • Membantu pengembangan usaha karena proceeds yang Anda peroleh dapat segera digunakan untuk kebutuhan bisnis.
  • Meningkatkan daya saing Anda di mata counter party dengan menawarkan penundaan pembayaran tanpa mengganggu cash flow Anda.
  • Memitigasi kemungkinan unpaid dari Issuing Bank karena adanya discrepancy, dengan layanan Document Preparation kami.

Outward Documentary Collection

Outward Documentary Collection merupakan cara yang lebih sederhana dalam melakukan perdagangan internasional, di mana kegiatan ekspor Anda akan dilakukan tanpa menggunakan LC. Pada transaksi ini dokumen-dokumen atas barang yang dikapalkan oleh Anda tidak akan dikirimkan langsung kepada buyer, namun ditagihkan kepada buyer melalui bank. Dokumen hanya akan diberikan kepada buyer oleh bank apabila syarat dari Documentary Collection tersebut telah dipenuhi.


Proses collection dimulai saat Anda telah mengirimkan barang, mempersiapkan dokumen yang diperlukan dan memberikan dokumen tersebut kepada Bank Mandiri untuk dikirimkan dan ditagihkan kepada buyer melalui banknya (Presenting Bank). Setelah dokumen sampai di presenting bank, maka buyer hanya akan mendapatkan dokumen tersebut setelah melakukan pembayaran (D/P) atau akseptasi (D/A).

Documentary Collection against Payment (D/P) dan Documentary Collection against Acceptance (D/A) merupakan dua jenis metode pembayaran yang cost effective yang dapat Anda tawarkan pada buyer Anda sebagai alternatif dari transaksi LC. Sebelum Anda memutuskan apakah buyer akan membayar secara tunai (D/P) atau membayar pada saat yang akan datang (D/A), Anda dapat datang ke Trade Servicing Center kami untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Benefit

  • Dokumen atas barang yang telah dikirim hanya akan diberikan kepada buyer setelah pembayaran diterima (D/P)
  • Memungkinkan Anda untuk menjual barang yang Anda ekspor secara tunai (D/P)
  • Merupakan alternatif pembayaran dari LC
Produk Ekspor