Indomaret Card

FAQ
Seputar kartu Mandiri Prabayar - Indomaret Card

Apa itu kartu Mandiri Prabayar ?

Kartu mandiri Prabayar adalah kartu prabayar contactless/nirsentuh yang di terbitkan oleh Bank Mandiri.

Jenis kartu mandiri prabayar yang saat ini dimiliki oleh Bank Mandiri adalah GazCard, Indomaret Card, dan e-Toll Card.

Apa yang dimaksud dengan Indomaret Card?

Merupakan salah satu jenis kartu prabayar contactless smart card yang diterbitkan oleh Bank Mandiri bekerjasama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret).

Indomaret Card digunakan untuk transaksi pembayaran pembelanjaan di outlet Indomaret dan selanjutnya dapat digunakan untuk transaksi di merchant lainnya.

Apa sajakah fitur-fitur Indomaret Card?

Fitur Indomaret Card antara lain adalah sebagai pengganti uang cash untuk transaksi belanja dan pembayaran tagihan bulanan, kartu dapat dipindahtangankan, saldo terdapat di kartu, dapat diisi ulang, memiliki saldo maksimal Rp. 1 juta dan saldo minimal Rp. 10 ribu.

Apa manfaat Indomaret Card bagi Pemegang Kartu?

  • Sebagai pengganti uang tunai.
  • Transaksi pembayaran lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan cash.
  • Dapat digunakan untuk transaksi di luar outlet Indomaret (SPBU, beberapa merchant F&B, dsb).
  • Belanja dengan Indomaret Card di oultlet Indomaret akan mendapatkan diskon untuk produk tertentu dari mulai 10% sampai dengan 20% setiap bulan.

Transaksi- transaksi apa sajakah yang dapat dilakukan di toko Indomaret yang telah bekerja sama dengan Bank Mandiri?

Anda dapat melakukan transaksi-transaksi sebagai berikut :

  1. Pembelian Indomaret Card atau kartu Mandiri Prabayar lainnya.
  2. Isi Ulang (top up) Indomaret Card atau kartu Mandiri Prabayar lainnya atau secara tunai.
  3. Pembelanjaan dengan menggunakan Indomaret Card atau kartu Mandiri Prabayar lainnya.
  4. Pembayaran tagihan rutin, pembelian tiket, pembelian pulsa dari Biller dengan menggunakan Mandiri Debit atau Indomaret Card atau kartu Mandiri Prabayar
  5. Up date saldo untuk pemegang kartu prabayar yang sudah melakukan isi ulang melalui Mandiri SMS dan Mandiri Internet, dapat memperbaharui saldo di kartu pada mesin EDC yang tersedia di toko Indomaret.

Pembayaran tagihan rutin apa sajakah yang dapat dilakukan dengan menggunakan Indomaret Card ?

Tunai :
PLN, Telkom, Indovision, Astro, First Media, Oto Multiartha
(daftar biller akan terus bertambah).

Berapa nilai perdana yang terdapat pada Indomaret Card ?

Pembelian dilakukan di outlet Indomaret dengan denominasi kartu perdana bernilai Rp. 0 (nol) dan harus langsung diisi ulang dengan nilai minimum Rp. 50 ribu.

Dimanakah saya dapat membeli Indomaret Card dan mulai kapan dipasarkan untuk umum ?

Indomaret Card dapat dibeli di seluruh outlet Indomaret (nasional).

Indomaret Card mulai dipasarkan untuk umum sejak Oktober 2008

Di Outlet Indomaret mana saja Indomaret Card dapat diterima untuk transaksi pembayaran ?

Nasabah saat ini dapat melakukan transaksi pembayaran di seluruh outlet Indomaret yang saat ini berjumlah +/- 4.000 outlet (nasional).

Berapa lama masa berlaku Indomaret Card?

Tidak ada masa berlaku kartu.

Apakah Indomaret Card mempunyai expired date ?

Tidak, namun apabila dalam jangka waktu 12 bulan (1 tahun) kartu tidak digunakan untuk transaksi isi ulang ataupun pembayaran/purchase, maka pemegang kartu akan dikenakan biaya administrasi Rp 10 ribu (dapat berubah sesuai ketentuan yang berlaku) pada saat pengaktifan kembali. Kartu tetap dapat digunakan.

Apakah ada nilai mininum transaksi pembelanjaan dengan menggunakan Indomaret Card ?

Tidak ada minimum transaksi untuk pembelanjaan dengan Indomaret Card.

Apakah Indomaret Card sudah dapat digunakan di SPBU dan merchant lainnya ?

Dan apakah Indomaret Card dapat digunakan untuk transaksi pembayaran tol ?

Untuk saat ini Indomaret Card sudah dapat digunakan sejumlah SPBU Pertamina dan merchant lainnya yang bertanda mandiri prabayar.

Indomaret Card tidak dapat digunakan untuk transaksi pembayaran tol.

Bagaimana cara isi ulang (top up) Indomaret Card?

Nasabah dapat melakukan transaksi isi ulang (top up) Indomaret Card di EDC mandiri prabayar, mandiri e-Banking, (mandiri internet, mandiri SMS, mandiri ATM) atau secara tunai di Cabang Bank Mandiri dan seluruh outlet Indomaret.

Khusus untuk transaksi isi ulang (top up) melalui mandiri e-Banking, pemegang kartu harus melakukan Update Saldo di EDC mandiri prabayar, kecuali di ATM Non-Tunai yang telah dilengkapi reader dapat langsung meng-update saldo kartu (isi kartu langsung bertambah).

Di lokasi mana saja Pemegang Kartu dapat melakukan isi ulang Indomaret Card di EDC

Pemegang Kartu dapat melakukan isi ualng GazCard di :

  • Seluruh outlet Indomaret
  • Seluruh Cabang Bank Mandiri di Jabodetabek dan cabang Bank Mandiri tertentu di luar Jabodetabek.
  • Self Service Terminal EDC di :
    • Kantor Pusat BM, Plaza Mandiri Lobby Selatan
    • Kantor Pusat BM, Plaza Mandiri Lt. 11
    • Kantor Cabang BM Kebon Sirih
    • Kiosk/Pooling ATM Mal Pasific Place
    • Kiosk/Pooling ATM Senayan City
    • Kiosk/Pooling ATM Plaza Semanggi
    • Kiosk/Pooling ATM Mal Taman Anggrek
    • Kiosk/Pooling ATM Mal Citraland
    • Kiosk/Pooling ATM Mal Emporium Pluit
    • Kiosk/Pooling ATM Cabang Pluit Kencana
    • Kiosk/Pooling ATM Bandara Soetta - Terminal 2
    • Kiosk/Pooling ATM Mal Artha Gading
    • Kiosk/Pooling ATM Mal Kelapa Gading 3
    • Kiosk/Pooling ATM SPBU 142.01 Kelapa Gading

Di lokasi isi ulang mana sajakah saya dapat melakukan isi ulang (top up) secara tunai ?

Di seluruh outlet Indomaret dan di kantor Cabang Bank Mandiri.

Berapa biaya/fee yang dikenakan untuk transaksi isi ulang Indomaret Card ?

Saat ini isi ulang Indomaret Card atau mandiri prabayar lainnya tidak dikenakan biaya (dapat berubah sesuai ketentuan yang berlaku).

Berapa nilai maksimum untuk isi ulang Indomaret Card?

Nasabah dapat melakukan isi ulang senilai nominal yang dinginkan, selama tidak melebihi nilai maksimum saldo kartu Indomaret Card, yaitu Rp 1 juta.

Berapa nilai minimum untuk isi ulang kartu Indomaret Card?

Tidak ada nilai minimum isi ulang kartu Indomaret Card.

Apa yang dimaksud dengan layanan Mandiri Prabayar melalui mandiri internet ?

Nasabah dapat memperoleh layanan untuk mandiri prabayar (GazCard, Indomaret Card, e-Toll Card) melalui mandiri internet, yaitu untuk transaksi isi ulang (top up) baik Single Top Up maupun Mass Top Up.

Kemana saya harus mengakses mandiri internet?

Anda dapat mengakses www.bankmandiri.co.id

Bagaimana caranya agar saya dapat melakukan transaksi Indomaret Card melalui mandiri internet ?

  • Anda harus memiliki rekening tabungan/giro Mandiri
  • Anda harus terdaftar sebagai user Mandiri Internet (pendaftaran melalui ATM/Cabang)
  • Setelah Pendaftaran di ATM/Cabang lakukan pembuatan USER ID & Password di website Bank Mandiri (menu aktivasi pengguna baru)
  • Anda harus mempunyai Token Mandiri(diperoleh melalui cabang ).

Transaksi apa saja yang bisa saya lakukan melalui layanan Mandiri Internet dengan kartu Mandiri Prabayar dan Indomaret Card ?

Dengan kartu Mandiri prabayar Anda dapat melakukan:

  1. Pengecekan Histori Kartu dengan langkah-langkah sebagai berikut :
    • Lakukan Login di Mandiri Internet dengan memasukan User ID dan Password
    • Pilih menu Kartu Prabayar
    • Pilih menu Histori Kartu
    • Masukan nomor kartu Mandiri Prabayar Anda pada kolom Nomor Kartu
    • Klik tanda kirim untuk melanjutkan, maka akan tampil Informasi saldo kartu Mandiri Prabayar Anda pada layar komputer
    • Pilih kolom Simpan untuk menyimpan data histori kartu atau Pilih kolom Print untuk mencetak data histori kartu.
  2. Isi ulang (Top Up) kartu Mandiri Prabayar dengan langkah-langkah sebagai berikut:
    • Lakukan Login di Mandiri Internet dengan memasukan User ID dan Password.
    • Pilih menu Kartu Prabayar
    • Pilih menu Isi Ulang
    • Pilih jenis rekening Anda pada kolom Dari Rekening
    • Masukan nomor kartu Mandiri Prabayar Anda pada kolom Nomor Kartu
    • Masukan nilai nominal isi ulang yang Anda inginkan pada kolom Jumlah
    • Klik lanjutkan untuk melanjutkan transaksi isi ulang
    • Masukan challenge code pada token Anda untuk menghasilkan Pin Mandiri
    • Masukan Pin yang dihasilkan oleh token pada kolom Pin Mandiri
    • Klik lanjutkan untuk melanjutkan transaksi isi ulang
    • Cek kebenaran transaksi isi ulang Anda
    • Jika sudah benar, Klik lanjutkan untuk melanjutkan transaksi isi ulang
    • Pilih kolom Simpan untuk menyimpan data isi ulang atau Pilih kolom Print untuk mencetak data isi ulang
    • Silakan lakukan Update Saldo di mesin EDC merchant/SPBU (list terlampir).

Bagaimana caranya agar saya dapat melakukan transaksi kartu Mandiri Prabayar melalui Mandiri SMS ?

  • Anda harus memiliki rekening tabungan / giro Mandiri
  • Anda harus terdaftar sebagai user Mandiri SMS dengan kode layanan SMS01

Apakah nomor Indomaret Card saya harus didaftarkan terlebih dahulu di ATM/Cabang ?

Tidak perlu

Transaksi Indomaret Card apa saja yang bisa saya lakukan melalui layanan Mandiri SMS ?

Melalui layanan mandiri sms, Anda dapat melakukan :

  1. Isi ulang (top up) dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
    • Ketik SMS dengan format ISI<spasi>pre<spasi>list rekening<spasi> no kartu Mandiri Prabayar<spasi> nominal isi ulang<spasi>
    • Contoh: ISI pre 1 6032982000123456 10000
    • SMS dikirimkan ke nomor 3355
    • Anda akan menerima SMS PIN Challenge dari 3355
    • Apabila transaksi berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi SMS transaksi berhasil
    • Setelah transaksi berhasil, pemegang kartu wajib melakukan update saldo di kartu melalui mesin EDC kartu prabayar yang ada di Merchant/Cabang
  2. Pengecekan perkiraan saldo mandiri prabayar, sedangkan untuk mendapat informasi saldo terkini, pemegang kartu dapat melakukan pengecekan saldo di mesin EDC kartu prabayar yang ada di cabang/merchant

Nominal berapa saja yang terdapat pada Layanan Isi Ulang Mandiri Prabayar melalui Mandiri Internet dan Mandiri SMS ?

Nasabah dapat menginput nilai nominal sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Kapan waktu pelayanan transaksi Indomaret Card melalui mandiri internet dan mandiri sms ?

24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Setelah melakukan isi ulang melalui Layanan mandiri internet dan mandiri sms, saldo yang ada pada Indomaret Card langsung bertambah ?

Tidak, sehubungan saldo tercatat di kartu, maka setelah pengisian ulang melalui mandiri internet atau mandiri sms, nasabah wajib melakukan Update Saldo di Mesin EDC Cabang/Merchant terdekat yang menyediakan EDC Prabayar.

Bagaimana Cara melakukan Update Saldo Indomaret Card pada Mesin EDC ?

  • Pilih menu "Prepaid"
  • Pilih menu "Update Saldo"
  • Letakan kartu mandiri prabayar di "mesin reader/dongle" dan secara otomatis sistem akan melakukan penambahan saldo di kartu.

Di mana sajakah Update Saldo Indomaret Card dapat dilakukan ?

Saat ini Update Saldo kartu mandiri prabayar sudah dapat dilakukan di kantor cabang Bank Mandiri, outletIndomaret, SPBU Pertamina yang telah bekerja sama, serta merchant lainnya.

Apabila Indomaret Card hilang/dicuri, apakah Bank dapat memblokir kartu ?

Bank tidak dapat memblokir kartu yang hilang/dicuri, dan Bank tidak mengganti sisa saldo kartu hilang/dicuri, karena saldo Indomaret Card terdapat di kartu, sifatnya sebagai pengganti uang cash, dapat dipindahtangankan dan transaksi pembelian dilakukan offline.

Bagaimana jika saya melakukan isi ulang (top up) melalui mandiri internet atau mandiri sms gagal, rekening tabungan sudah terdebit tapi saldo Indomaret Card tidak bertambah?

Pemegang kartu dapat menghubungi cabang terdekat (untuk diteruskan ke mandiri call 14000 atau 021-52997777) dan/atau menghubungi langsung mandiri call 14000 atau 021-52997777 untuk menyampaikan keluhannya. Keluhan Pemegang Kartu harus disertai dengan bukti Histori Transaksi Indomaret Card.

Bisakah saya melakukan purchase/sale dengan menggunakan Indomaret Card melalui mandiri internet atau mandiri sms ?

Tidak, karena kartu mandiri prabayar bersifat contactless/nirsentuh, maka untuk dapat melakukan transaksi Purchase kartu harus ditempelkan ke Mesin Reader/Dongle di EDC Merchant.

Apa yang harus dilakukan apabila Indomaret Card tidak dapat digunakan dan pelanggan komplain di SPBU atau merchant lainnya.

Petugas SPBU atau kasir merchant melakukan pengecekan di EDC yang tersedia. Apabila kartu memang tidak dapat dibaca oleh reader, maka petugas SPBU atau kasir merchant mengarahkan Pemegang Kartu untuk menghubungi cabang Bank Mandiri terdekat.

Apabila terdapat keluhan selain di atas, apa yang harus dilakukan ?

Pelanggan dapat melaporkan keluhan tersebut ke Call Center Bank Mandiri di 14000 atau 021-52997777.

Indomaret Card