Keuangan Terstruktur

Untuk menjaga kelancaran kegiatan perdagangan, Anda membutuhkan skema pembiayaan yang sesuai. Structured Trade Finance merupakan kegiatan penataan skema pembiayaan dalam rangka memperbaiki risk profile.

Structured Trade Finance membantu Anda memenuhi kebutuhan pembiayaan jangka pendek dan jangka panjang dalam rupiah maupun valuta asing dengan tingkat suku bunga yang kompetitif. Fasilitas yang ditawarkan adalah Fasilitas Pembiayaan Ekspor dan Fasilitas Pembiayaan Impor.

Tenaga profesional kami dibidang Structured Trade Finance dapat membantu Anda mempermudah pembayaran penyediaan dalam rangka impor dari hasil penjualan ekspor dan meminimalkan risiko unpaid atau keterlambatan hasil ekspor.

Fasilitas Pembiayaan Ekspor

  • Banker's Acceptance, fasilitas pendiskontoan wesel ekspor berjangka yang telah diakseptasi oleh bank penerbit L/C sebesar nilai tunai tagihan wesel ekspor berjangka setelah dikurangi diskon tertentu.
  • Fasilitas Pembiayaan Kembali Kredit Modal Kerja Ekspor
  • Fasilitas Pembiayaan Kembali Tagihan Wesel Ekspor
  • Pendiskontoan Kembali Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN)
  • Fasilitas Penjaminan Pembayaran Ekspor Melalui Export Financing Scheme (EFS), fasilitas ini antara lain diberikan oleh Islamic Development Bank (IDB) yang merupakan fasilitas penjamin pembayaran hasil ekspor untuk tujuan ekspor ke negara-negara Anggota Konferensi Islam (OKI) dan, untuk Importir, fasilitas penundaan pembayaran impor.

Fasilitas Pembiayaan Impor

  • Penjaminan dan/atau Pembiayaan L/C Impor, layanan diberikan dalam bentuk:
    • Fasilitas penjaminan dan/atau pembiayaan kembali L/C (L/C impor atau L/C lokal -SKBDN Rupiah) yang diterbitkan oleh Bank Mandiri untuk mengimpor bahan baku/suku cadang dalam rangka ekspor
    • Pembiayaan kembali diskonto tagihan ekspor atau tagihan dalam rangka kegiatan ekspor
    • Pembiayaan kembali Kredit Modal Kerja Ekspor
    • Pembiayaan kembali pra-pengapalan atau pra-transaksional
  • Penjaminan L/C Impor oleh Bank Koresponden Bank Mandiri, fasilitas penjaminan pembayaran L/C oleh bank koresponden yang diberikan sehubungan dengan L/C yang dibuka melalui Bank Mandiri atas permintaan Importir.
  • Refinancing Sight L/C, fasilitas modal kerja kepada Importir dimana Bank Mandiri akan membayar kepada Eksportir sesuai dengan syarat sight L/C, sementara Importir menunda pembayaran atas Sight L/C yang dibuka dengan jangka waktu tertentu.
  • Refinancing Usance L/C, fasilitas modal kerja kepada importir dimana Bank Mandiri akan membayar kepada Eksportir sesuai dengan syarat Usance L/C, yaitu pada tanggal jatuh tempo wesel, sementara Importir mendapatkan fasilitas penundaan pembayaran sampai dengan jangka waktu tertentu yang dihitung sejak bank membayar kepada Eksportir, yaitu pada saat jatuh tempo wesel berjangka.
  • Buyer's Credit, failitas modal kerja kepada Importir yang mengimpor barang dari negara tertentu, yaitu negara bank pemberi fasilitas. Eksportir akan mendapat pembayaran at right , sementara Importir dapat menunda pembayaran sampai dengan jangka waktu tertentu.
  • Pembiayaan Impor produk pertanian dari Amerika Serikat dengan program GSM 102 dan GSM 103, fasilitas pembiayaan impor kepada importir yang mengimpor produk pangan atau produk pertanian dari Amerika Serikat. Eksportir akan mendapat pembayaran at right dari bank, sementara Importir mendapat fasilitas penundaan pembayaran sampai dengan jangka waktu maksimal dua tahun
  • Cotton Import Facility dari Australia, fasilitas pembiayaan impor kepada importir yang mengimpor kepada pemasok khusus dari Australia. Pemasok akan mendapat pembayaran at right, sementara Importir dapat menunda pembayaran impor sampai dengan jangka waktu tertentu.
  • Line of Import Trade Financing Operation(ITFO) dari Islamic Development Bank (IDB), fasilitas pembiayaan impor atas dasar murabaha yang diberikanoleh IDB kepada Importir dengan Bank Mandiri sebagai penjamin pembayaran impor atau sebagai Guarantee Payment Importir.
  • Direct Operation dari Islamic Development Bank (IDB) dengan Bank Guarantee, fasilitas pembiayaan impor atas dasar murabaha yang diberikan oleh IDB kepada Importir dengan jaminan berupa Bank Garansi. Pengajuan fasilitas Direct Operation dilaksanakan importir melalui Bank Mandiri dan Departemen Keuangan Republik Indonesia.

Silahkan Anda menghubungi unit-unit bisnis di seluruh Cabang Bank Mandiri atau

PT Bank Mandiri (Persero) Kantor Pusat, Jl. Gatot Subroto Kav 36-38 Jakarta Gedung Plaza Mandiri Asset and Structured Finance Department - Corporate Product Management Group Telpon: (021) 5245293, 5265045 ext 3345 Fax nomor: (021) 52964012

Sunset