Mandiri SMS

Mandiri SMS

 

Mandiri SMS adalah layanan perbankan yang dapat Anda gunakan untuk menerima notifikasi terkait perbankan melalui SMS di ponsel Anda. Dengan mengirimkan SMS sesuai dengan kode notifikasi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk SMS.

Biaya Mandiri SMS

Biaya untuk layanan Mandiri SMS dikenakan sebagai SMS Premium dan akan dibebankan dalam bentuk pulsa ke nasabah sesuai dengan nominal yang ditentukan oleh operator.

Jenis Transaksi

Saat ini Mandiri SMS mengakomodir 3 servis

  • Cek dan Daftar Saldo Livin Poin.
  • Aktivasi Kartu Kredit
  • Notifikasi transaksi debit dan kredit

Syarat Pendaftaran Layanan

  1. Memiliki rekening Tabungan, rekening Giro Rupiah dan atau Deposito Rupiah Mandiri serta telah memiliki Sim Card yang dapat mengakses sms banking Bank Mandiri.
  2. Pendaftaran Mandiri SMS dapat dilakukan melalui ATM Bank Mandiri maupun kantor cabang Bank Mandiri. Pendaftaran melalui ATM Bank Mandiri hanya dapat dilakukan oleh Nasabah yang memiliki Kartu ATM Mandiri. Sedangkan pendaftaran melalui kantor cabang Bank Mandiri mensyaratkan Nasabah untuk menunjukkan identitas diri yang sah (KTP, SIM, Paspor, atau KIMS) serta bukti kepemilikan rekening (Buku Tabungan atau Kartu ATM Mandiri).

Cara Memperoleh Layanan

  1. Daftarkan nomor ponsel Anda di ATM Mandiri atau ke cabang Bank Mandiri.
  2. Jika mendaftar di ATM Mandiri, masuk ke Menu Pendaftaran eBanking, pilih SMS Banking dan tekan Pendaftaran Mandiri SMS lalu ikuti langkah selanjutnya.

Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi cabang Bank Mandiri Terdekat atau hubungi Call Mandiri 14000

Syarat dan Ketentuan Mandiri SMS

Istilah

  1. Mobile banking adalah layanan melalui saluran distribusi elektronik Bank untuk mengakses rekening yang dimiliki Nasabah di Bank melalui teknologi SMS, USSD, dan mobile application dan atau jaringan komunikasi lainnya dengan sarana telepon seluler atau komputer tablet menggunakan jaringan seluler.
  2. Mandiri ATM adalah layanan melalui terminal atau mesin komputer yang digunakan oleh Bank Mandiri yang dihubungkan dengan komputer lainnya melalui komunikasi data yang memungkinkan nasabah Bank Mandiri untuk melakukan transaksi perbankan.
  3. Mandiri debit adalah kartu elektronik yang diterbitkan oleh Bank Mandiri yang dapat digunakan sebagai alat transaksi di merchant atau ATM serta sebagai alat verifikasi kepemilikan di Cabang dengan menggunakan PINPAD.
  4. Bank adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang berkedudukan dan berkantor pusat di Jakarta.
  5. SMS adalah transmisi pesan pendek yang dapat dikirim dan atau diterima melalui telepon selular serta dapat dilihat melalui layar ponsel.
  6. Operator Seluler adalah penyedia layanan jaringan/telekomunikasi bergerak selular.
  7. Nasabah adalah perorangan / badan pemilik rekening Mandiri Giro, Mandiri Tabungan, Mandiri Tabungan Bisnis baik Rupiah / Valas.
  8. Nasabah Pengguna adalah Nasabah yang telah terdaftar sebagai Pengguna layanan mobile banking.
  9. Daftar Rekening Sendiri adalah semua nomor rekening Mandiri Tabungan dan atau Giro Rupiah di Bank yang dimiliki oleh Nasabah sendiri yang didaftarkan sebagai rekening sumber pendebitan maupun tujuan pengkreditan dalam layanan mobile banking.
  10. PIN (Personal Identification Number) mobile banking adalah nomor identifikasi pribadi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh Nasabah Pengguna serta harus dicantumkan/diinput oleh Nasabah Pengguna di ponsel pada saat menggunakan layanan mobile bankinguntuk transaksi finansial.
  11. Notifikasi SMS adalah layanan pemberitahuan oleh Bank melalui SMS ke ponsel Nasabah Pengguna mobile banking terhadap layanan tertentu yang disediakan oleh Bank.
  12. Transaksi Non Finansial adalah transaksi mobile banking untuk fitur-fitur yang bersifat informasi seperti cek saldo, mutasi rekening dan sebagainya.

Syarat Pendaftaran Mandiri SMS

  1. Nasabah mengisi dan menandatangani Formulir untuk pendaftaran mandiri SMS yang disediakan oleh Bank, atau melakukan pendaftaran melalui ATM.
  2. Nasabah juga dapat melakukan pendaftaran mandiri SMS melalui mandiri ATM dengan menggunakan kartu mandiri debit. Untuk pendaftaran melalui ATM, nasabah harus membuat PIN mobile banking yang dikehendakinya melalui ATM.
  3. Untuk pendaftaran melalui cabang, nasabah harus menunjukkan bukti asli identitas diri yang sah (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan pemegang rekening.
  4. Untuk Nasabah Badan, maka pengisian aplikasi dilakukan oleh pengurus badan yang berwenang sesuai ketentuan anggaran dasar badan yang bersangkutan atau oleh pihak yang ditunjuk untuk mewakili Badan untuk mengelola rekening Tabungan/Giro berdasarkan Surat Kuasa dari pengurus Badan yang berwenang sesuai anggaran dasar.
  5. Nasabah harus memiliki SIM Card dari Operator Selulear yang telah bekerja sama dengan Bank.
  6. Apabila Nasabah telah memenuhi syarat maka sebagai tanda persetujuannya, Bank akan memberikan PIN mobile banking yang dikirim langsung ke ponsel Nasabah Pengguna ataupun dibuat sendiri oleh Nasabah pada mesin PINPad di cabang.
  7. Dengan dilaksanakannya pendaftaran layanan mandiri SMS oleh Nasabah melalui cabang, ATM atau saluran distribusi lainnya yang dipersiapkan oleh Bank, maka Nasabah menyatakan tunduk pada syarat dan ketentuan layanan mandiri SMS yang berlaku.

Ketentuan Penggunaan Mandiri SMS

  1. Nasabah Pengguna dapat menggunakan layanan mandiri SMS untuk melakukan transaksi non finansial yang telah ditentukan oleh Bank.
  2. Layanan mandiri SMS hanya dapat dilakukan terhadap rekening yang terdapat dalam Daftar Rekening Sendiri yang telah terdaftar pada Bank.
  3. Nasabah Pengguna wajib memastikan ketepatan dan kelengkapan perintah transaksi dan atau kebenaran menu perintah transaksi yang dipilih (termasuk memastikan bahwa semua data yang diperlukan untuk transaksi telah diisi secara lengkap dan benar) sesuai format dan atau menu perintah SMS yang telah ditentukan oleh Bank. Bank tidak bertanggung jawab terhadap segala dampak apapun yang mungkin timbul yang diakibatkan kelalaian, ketidaktepatan dan atau ketidaklengkapan perintah/data dari Nasabah Pengguna. Segala konsekuensi yang timbul sebagai akibat kelalaian, ketidaktepatan, dan/atau ketidaklengkapan perintah/data dari Nasabah Pengguna menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Nasabah Pengguna.
  4. Segala transaksi yang telah diperintahkan kepada Bank dan disetujui oleh Nasabah Pengguna tidak dapat dibatalkan.
  5. Setiap perintah yang telah disetujui dari Nasabah Pengguna yang tersimpan pada pusat data Bank merupakan data yang benar yang diterima sebagai bukti perintah dari Nasabah Pengguna kepada Bank untuk melaksanakan transaksi yang dimaksud, kecuali Nasabah Pengguna dapat membuktikan sebaliknya.
  6. Nasabah Pengguna diwajibkan memberitahukan Bank dengan segera jika menerima data atau informasi yang tidak lengkap atau tidak tepat melalui cabang atau 14000.
  7. Bank menerima dan menjalankan setiap perintah dari Nasabah Pengguna sebagai perintah yang sah berdasarkan penggunaan nomor ponsel atau faktor otentikasi lainnya yang ditentukan oleh Bank, dan untuk itu Bank tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan penggunaan ponsel atau faktor otentikasi lainnya tersebut, atau menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan perintah dimaksud. Oleh karena itu, perintah tersebut dianggap sah dan mengikat Nasabah Pengguna sebagaimana mestinya, kecuali Nasabah Pengguna dapat membuktikan sebaliknya.
  8. Bank berhak untuk tidak melaksanakan perintah dari Nasabah Pengguna, apabila terdapat indikasi adanya penipuan atau aksi kejahatan lainnya
  9. Operator akan mengenakan biaya SMS untuk setiap SMS yang dilakukan oleh Nasabah Pengguna termasuk apabila transaksi tersebut tidak berhasil dilaksanakan oleh Bank.

FAQ

Apa itu layanan Mandiri SMS ?

Mandiri SMS adalah layanan perbankan yang dapat digunakan untuk menerima notifikasi terkait perbankan melalui SMS pada Ponsel/HP.

Apa saja syarat untuk memperoleh layanan Mandiri SMS ?

Syarat-syaratnya adalah :

  • Nasabah Bank Mandiri pemilik rekening (perorangan) giro atau tabungan
  • Pelanggan operator: Telkomsel, Indosat, XL, Three, dan Smartfren
  • Memiliki handphone/smartphone.
  • Menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan layanan Mandiri SMS yang ada pada form aplikasi Mandiri SMS

Bagaimana cara memperoleh layanan Mandiri SMS ?

Melakukan pendaftaran mandiri sms di Cabang Bank Mandiri atau di mandiri atm.

Bagaimana cara nasabah bertransaksi dengan Mandiri SMS ?

Nasabah dapat bertransaksi Mandiri SMS dengan KETIK SMS. KETIK SMS adalah cara bertransaksi dimana nasabah harus mengetikkan format perintah Mandiri SMS pada menu SMS di ponselnya kemudian mengirim SMS tsb ke nomor 83355.

Apa yang harus dilakukan oleh nasabah pada saat pendaftaran awal Mandiri SMS ?

Pendaftaran di ATM :

  • Dengan menggunakan Kartu ATM Mandiri nasabah datang ke Mandiri ATM
  • Masukkan Kartu ATM disertai dengan 6 digit PIN Kartu ATM
  • Tekan menu Registrasi e-Banking, Pendaftaran Awal, Masukkan no Handphone dan ikuti langkah selanjutnya

Pendaftaran di Cabang :

  • Mengisi Formulir Aplikasi Mandiri SMS dan menandatanganinya
  • Menunjukkan bukti diri (KTP/SIM/Paspor), Buku Tabungan atau Kartu ATM

Berapa lama proses pendaftaran dan aktivasi layanan Mandiri SMS ?

Pendaftaran di ATM :

  • Layanan Mandiri SMS langsung AKTIF untuk transaksi non finansial. Contoh : cek saldo, cek lima mutasi terakhir, dll.

Pendaftaran di Cabang :

  • Layanan akan AKTIF setelah nasabah menerima SMS dari 83355 berisi info PIN Mandiri SMS.

Dapatkah 2 nomor HP didaftarkan untuk 1 rekening yang sama ?

Tidak dapat. Prinsipnya 1 rekening milik nasabah hanya dapat didaftarkan untuk 1 nomor HP.

Haruskah nasabah mendaftar ulang Mandiri SMS jika sim card diganti ?

Bila no telepon/HP sama dengan nomor sebelumnya, nasabah tidak perlu mendaftar ulang. Namun bila no telepon/HP berbeda, nasabah harus menutup layanan Mandiri SMSnya terlebih dahulu melalui Mandiri Call 14000 dan selanjutnya mendaftar ulang di ATM/Cabang.

Apa saja biaya yang dibebankan oleh Bank Mandiri kepada nasabah pengguna Mandiri SMS?

Biaya yang dikenakan per SMS bergantung pada masing-masing operator

Apa saja penyebab SMS konfirmasi transaksi terlambat/tidak terkirim ke HP nasabah ?

Penyebabnya antara lain SMS-Center operator sibuk/antri, HP mati, pulsa HP habis, sinyal HP tidak ada