Mandiri News Detail Portlet

Kinerja Logistik Pelayaran pada Juni 2020 Menunjukkan Kenaikan

Kinerja Logistik Pelayaran pada Juni 2020 Menunjukkan Kenaikan

ECONOMIC REVIEW

DAILY ECONOMIC AND MARKET REVIEW

Office of Chief Economist, PT Bank Mandiri

 

 

Agustus, 27, 2020 | Daily Economic Review: Kinerja Logistik Pelayaran pada Juni 2020 Menunjukkan Kenaikan

 

Jumlah barang yang diangkut pada Juni 2020 naik 4,6% mom menjadi 22,7 juta ton.

Secara kumulatif, jumlah barang yang diangkut selama Januariā€“Juni 2020 mencapai 143,9 juta ton atau naik 0,65% yoy (vs. 3,33% yoy pada 6M19). Hal ini menunjukkan logistik pelayaran dapat survive ditengah pandemi Covid-19, meskipun secara perlahan.

 

 

Sebaliknya, data kinerja Indonesia Port Corporation (IPC) menunjukkan adanya penurunan kinerja pada Juni 2020.

Terdapat empat komponen kinerja IPC yang mengalami penurunan yaitu kontainer turun sebesar -5,9% yoy, non kontainer sebesar -11,8% yoy, arus kapal sebesar -13,9% yoy, dan penumpang sebesar -64,3%.

 

 

Sebagai informasi, laju pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) lapangan usaha transportasi dan pergudangan turun paling dalam.

Pada 2Q20, PDB transportasi dan pergudangan turun sebesar -30,84% yoy (vs. 5,88% yoy pada 2Q19). Salah satu penyebab penurunan sektor logistik adalah penurunan volume ekspor dan impor. Ekspor barang dan jasa turun sebesar 11,66% yoy, sementara impor turun sebesar 16,96% yoy. Penurunan terhadap volume ekspor dan impor menyebabkan penurunan pada aktivitas kargo.

 

 

Kedepan, tim riset ekonomi Bank Mandiri memperkirakan sektor logistik akan lebih cepat mengalami recovery.

Kami berharap daya beli masyarakat akan terus meningkat, sehingga dapat menggerakkan ekonomi dan menaikkan kinerja sektor logistik nasional. Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) memperkirakan kegiatan logistik yang masih bisa bertahan di masa new normal yaitu jasa logistik e-commerce, jasa angkutan barang kiriman (courier service), jasa pergudangan bahan pokok dan bahan retail, jasa layanan logistik yang berkaitan dengan transaksi b to c (business to consumer) dan c to c (consumer to consumer). (HEF)

 

Unduh Dokumen Media