Mandiri News Detail Portlet

Pertumbuhan Penjualan Eceran April Meningkat dan Diperkirakan Berlanjut Pada Mei 2018

Pertumbuhan Penjualan Eceran April Meningkat dan Diperkirakan Berlanjut Pada Mei 2018

ECONOMIC REVIEW

Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia mengindikasikan pertumbuhan penjualan eceran yang meningkat pada April 2018.

Indeks Penjualan Riil (IPR) April 2018 tumbuh 4,1% yoy, lebih tinggi daripada pertumbuhan bulan sebelumnya yang sebesar 2,5% yoy. Penjualan eceran kelompok bahan bakar kendaraan bermotor mencatatkan pertumbuhan tertinggi sebesar 11,5% yoy, meningkat dibandingkan 5,9% pada Maret 2018.

 

Peningkatan penjualan eceran diperkirakan berlanjut pada Mei 2018.

BI memperkirakan IPR Mei 2018 tumbuh sebesar 4,4% yoy, lebih tinggi daripada pertumbuhan bulan April 2018. Pertumbuhan penjualan diperkirakan terutama bersumber dari penjualan kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya yang tumbuh sebesar 3,5% yoy, dari 2,4% yoy pada bulan sebelumnya. Penjualan kelompok peralatan informasi dan komunikasi diperkirakan juga mengalami perbaikan dengan pertumbuhan sebesar -9,1% yoy dari bulan sebelumnya yang sebesar -12,7% yoy.

 

Tekanan kenaikan harga pada 3 bulan mendatang (Juli 2018) diperkirakan lebih rendah daripada bulan sebelumnya.

Hal ini diindikasikan oleh Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 153,7 atau menurun dibandingkan 169,0 pada bulan sebelumnya. Tekanan kenaikan harga diperkirakan kembali meningkat pada 6 bulan mendatang (Oktober 2018), tercermin dari IEH 6 bulan mendatang yang sebesar 163,1, lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 150,8.

 

Tren penjualan eceran pada tahun 2018 diperkirakan akan membaik.

Tim riset ekonomi Bank Mandiri memperkirakan konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 5,1% pada 2018, lebih tinggi daripada tahun lalu yang sebesar 4,9%. Pemerintah terus memberikan stimulus melalui berbagai program dana bantuan sosial untuk meningkatkan konsumsi masyarakat. Tingkat inflasi yang rendah diharapkan juga dapat mempertahankan daya beli masyarakat dan mendorong konsumsi rumah tangga. (nkd)

 

Unduh Dokumen Media