Mandiri Siapkan Sistem Pembayaran Online Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri

News Release - Kamis, 19 Januari, 2012

Jakarta, 19 Januari 2012 – Bank Mandiri menyediakan layanan sistem pembayaran online untuk mendukung pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2012. Melalui layanan tersebut, Bank Mandiri akan menerima pembayaran uang pendaftaran calon peserta SNMPTN yang diikuti oleh 61 Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Dibandingkan SNMPTN 2011, ada penambahan satu PTN peserta SNMPTN, yaitu Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan Bank Mandiri telah mengembangkan sistem teknologi informasi untuk mempermudah pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sehingga, calon mahasiswa tidak perlu datang ke kampus atau panitia lokal untuk mengisi formulir pendaftaran.

“Para calon mahasiswa maupun orang tua dapat mengakses website SNMPTN untuk mendaftar dimana saja melalui jaringan internet. Pembayarannya pun dapat dilakukan secara online di seluruh jaringan Bank Mandiri seperti ATM, Internet Banking, SMS Banking, dan cabang-cabang yang ada di seluruh Indonesia sehingga tidak perlu antri panjang di loket pembayaran,” kata Zulkifli.

Zulkifli mengemukakan bahwa Bank Mandiri terus berkomitmen untuk mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia, termasuk penyediaan layanan perbankan untuk meningkatkan efisiensi pendaftaran SNMPTN.

Selain akan menerima biaya pendaftaran seluruh calon peserta SNMPTN 2012, Bank Mandiri juga membantu sosialisasi SNMPTN yang salah satunya melalui pencetakan dan pendistribusian buku panduan informasi awal SNMPTN ke sekolah-sekolah setingkat SMA/MA/SMK seluruh Indonesia.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengemukakan pendaftaran sekaligus pembayaran yang dapat dilakukan secara online merupakan salah satu upaya kementerian dalam meningkatkan efisiensi dan memberi kemudahan bagi seluruh calon mahasiswa dalam mendaftar SNMPTN.

“Banyaknya jalur masuk PTN dengan biaya pendaftaran yang berbeda-beda dikhawatirkan akan mengurangi kesempatan calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk membeli formulir seleksi masuk PTN. Melalui SNMPTN calon mahasiswa hanya perlu mendaftar satu kali dan bisa memilih PTN mana saja. Setiap calon mahasiswa dimanapun dia berada bisa memilih dan mengikuti seleksi PTN yang diminati, ini merupakan bagian dari upaya untuk efisiensi dan optimalisasi,” ujar Musliar Kasim.



“Kami ingin seluruh calon mahasiswa di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri dan mendapatkan kemudahan dalam proses pendaftaran,” ujar Akhmaloka, Ketua SNMPTN 2012.

Masih di bidang pendidikan, secara terpisah, Bank Mandiri juga menggelar perhelatan expo Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dan Mandiri Young Technopreneur (MYT) 2012 yang diikuti oleh para mahasiswa dan alumni finalis penghargaan WMM dan MYT di Jakarta Convention Center pada 19-22 Januari. Melalui kegiatan WMM dan MYT, Bank Mandiri ingin menumbuhkan semangat berwirausaha mahasiswa sehingga tercipta paradigma baru di kalangan mahasiswa, dari job seeker menjadi job creator. Pada program tersebut, Bank Mandiri tidak hanya memberikan dukungan pembiayaan, tapi juga pendampingan untuk meningkatkan kapabilitas wirausahawan dan calon wirausahawan.

Sunset