Perkuat Transactional Banking, Bank Mandiri Bersama Samsat Jawa Timur Luncurkan E-Samsat

News Release - Selasa, 27 September, 2011

Surabaya, 27 September 2011 – Bank Mandiri bersama Samsat Jawa Timur meluncurkan layanan E-Samsat untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Penandatanganan Nota Kesepahaman telah dilakukan oleh Senior Vice President Regional Commercial Sales 2 Group Santoso Budi Riyanto dan Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Timur Rasiyo di Hotel Tunjungan Surabaya, Selasa (19/7/2011).

Melalui kerjasama ini, masyarakat Jawa Timur dapat membayar pajak kendaraan bermotor melalui seluruh channel Bank Mandiri baik cabang maupun elektronic channel seperti ATM, Internet Banking, maupun SMS Banking mulai 27 September 2011 ini. Pembayaran juga dapat dilakukan dimana saja dengan waktu yang tidak terbatas.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi mengatakan peluncuran E-Samsat ini merupakan realisasi keseriusan Bank Mandiri dalam meningkatkan kualitas layanan elektronik channel sehingga mampu menjadikan Bank Mandiri sebagai transactional banking utama di Indonesia.

“Kami berharap layanan e-Samsat ini dapat meningkatkan efisiensi penarikan Pajak Kendaraan Bermotor oleh Samsat Jawa Timur, sehingga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” kata Riswinandi.

Melalui transaksi E-samsat ini, masyarakat dapat membayar pajak kendaraan bermotor dimana saja dan kapan saja. Caranya, Masyarakat cukup mengakses website e-samsat jatim untuk mendapatkan kode bayar. Setelah kode bayar didapat, masyarakat kemudian membayar pajak kendaraannya di ATM Bank Mandiri atau kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan memasukkan kode bayar pada pilihan multi payment e-samsat. Jika telah menjadi pengguna Mandiri Internet banking dan SMS Banking, maka pembayaran pajak kendaraan bermotor menjadi lebih mudah, karena dapat dilakukan secara online melalui jaringan internet maupun seluler.

Riswinandi optimis, layanan e-samsat ini dapat mendukung peningkatan transaksi perbankan di Mandiri karena jumlah pemilik kendaraan bermotor di wilayah Jawa Timur saat ini mencapai 10 juta pemilik. “Besarnya jumlah pemilik kendaraan bermotor merupakan peluang bisnis yang sangat potensial untuk memperkuat jaringan elektronik Bank Mandiri,” ujar Riswinandi.

Bank Mandiri terus berkomitmen untuk tumbuh menjadi transactional banking utama di Indonesia. Untuk mendukung keinginan tersebut, Sampai Juni 2011, Bank Mandiri telah menambah 262 unit kantor cabang menjadi 1.442 unit. Pertambahan juga dilakukan pada jumlah anjungan tunai mandiri (ATM) yang bertambah 3.256 unit menjadi 8.480 unit, dan jumlah Electronic Dana Capture (EDC) yang bertambah 25.704 unit menjadi 61.664 unit. Bank Mandiri akan terus mengembangkan jaringan kantor cabang dan elektronik untuk mendukung fokus bisnis di segmen wholesale, transactional Banking, dan retail financing

Kerjasama layanan e-Samsat ini adalah langkah awal dan merupakan salah satu dukungan Bank Mandiri dalam mendorong peningkatan penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah yang merupakan pendapatan utama bagi Pemprov Jatim. Bank Mandiri yakin sesuai dengan tag linenya “Dalam setiap kesempatan, Mandiri selalu ingin tumbuh bersama dengan setiap mitranya” terbuka kemungkinan kerjasama ini akan diperluas dalam layanan jasa perbankan lainnya untuk peningkatan kinerja kedua belah, mengingat peranan dan kegiatan usaha Samsat Jatim yang sangat luas.

Hal ini tentunya sejalan dengan misi Samsat Jatim yang ingin selalu mewujudkan pelayanan publik yang excellent, terpercaya dan transparan. Dengan memanfaatkan dan mendayagunakan sistem teknologi dan informasi yang dimilikinya Samsat Jatim menjadikan layanan e-Samsat ini sebagai terobosan baru untuk melengkapi layanan Samsat sebelumnya seperti Samsat Payment Point, Samsat Corner, Samsat Drive Thru’ Samsat Keliling, Samsat SMS dll. Kedepan bahkan ingin segera diwujudkan layanan “Samsat Mandiri” yang merupakan layanan One Stop Service penerimaan pajak kenadaraan bermotor.

Sunset