Mandiri Raih Tiga Penghargaan Tertinggi di Bidang Customer Service se Asia Pacific

News Release - Jum'at, 12 Desember, 2008

Hongkong, 12 Desember 2008, Bank Mandiri sebagai satu wakil delegasi Indonesia meraih penghargaan tertinggi Customer Service se Asia Pacific 2008 dari Asia Pacific Customer Service yang berkantor di Hongkong. Penghargaan yang diraih mencakup 3 (tiga) kategori yaitu Asia Pacific Best Customer Service Centre, Asia Pacific Outstanding Contact Centre, dan Asia Pacific Best Customer Service Manager .

Penjurian untuk kategori Asia Pacific Best Customer Service Award lebih ditekankan kepada penilaian Service Excellence yang dibandingkan ke seluruh industri (termasuk perbankan) dan penilaian layanan pada seluruh customer touch points (bankwide), seperti pelayanan contact center, pelayanan cabang termasuk pelayanan face to face dan sales.

Untuk kategori Asia Pacific Outstanding Contact Center Award lebih ditekankan pada penilaian Layanan Prima 7x24 jam pada customer contact center, yang dapat diketahui dari operational metric customer contact center.

Sedangkan untuk kategori Asia Pacific Manager Excellence Award penilaian ditekankan kepada manager yang dinilai dapat memberikan standar layanan yang tinggi untuk seluruh layanan nasabah di dalam organisasi dan dapat menggiring teamnya untuk berhasil.

Dikatakan Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Bank Mandiri Sasmita, penghargaan Asia Pacific ini memiliki nilai strategis baik secara nasional maupun regional untuk Bank Mandiri kepada stakeholders.

“Hal ini memperlihatkan komitmen manajemen untuk tetap terus mendorong Bank Mandiri secara kontinyu menjadi Regional Champion Bank, dan memperlihatkan kepada pasar nasional dan regional bahwa Bank Mandiri memiliki nilai budaya yang kokoh dan sangat fokus kepada kebutuhan nasabah. Serta memberikan bukti, bahwa layanan prima Bank Mandiri merupakan hal yang mutlak dimiliki sehingga memperkokoh customer engagement,” katanya..

Penghargaan tidak hanya terbatas pada evaluasi bagaimana perusahaan memberikan layanan semata tetapi juga tetap mendengarkan ‘voice of customer’ dari berbagai customer touch points.

Ajang “Annual Service Recognition of Excellence” diikuti oleh lebih dari 100 perusahaan di 15 negara dalam kawasan Asia Pasifik yang telah memberikan layanan prima kepada nasabahnya sesuai dengan bidang masing-masing perusahaan yang dikelompokan dalam 4 (empat) bidang jasa yaitu perbankan, telekom, asuransi dan hospitality.

Negara-negara dan perusahaan tersebut yang turut dalam persaingan meraih penghargaan tertinggi di bidang Customer Service tersebut diantaranya adalah Indonesia, Singapore, Filipina, Thailand, Malaysia, China, Hongkong, India dan Australia. Sedangkan perusahaannya diantaranya adalah UOB, Maybank, Oversea Chinese Bank, China Mobile Group,, China Telecom, Cigna Worldwide Life Insurance, Crown Macau.

Sebelumnya di 2007, Bank Mandiri hanya berhasil meraih penghargaan Asia Pacific Best Customer Service Centre dan ternyata kategori in pun berhasil dipertahankan oleh Bank Mandiri.

“Kami berharap penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh elemen Bank Mandiri untuk memberikan layanan prima baik bagi nasabah dan sebagai alat jual bagi seluruh business unit Bank Mandiri, untuk senantiasa secara kontinyu memberikan layanan prima kepada nasabah,” jelas Sasmita.

Hasil pencapaian tersebut telah djalani oleh Bank Mandiri melalui proses interview, ujian, presentasi dan evaluasi oleh tim panel juri APCS. Proses penjurian tersebut yaitu Review Written Submission and create a short list pada 31 Oktober 2008. Penjurian Regional Evaluation 3 -7 November 2008, Interview by panel of judges & presentation 6 - 7 November 2008 dan penjurian Customer Engagement Survey dilaksanakan pada 10 -21 November 2008. Kesemuanya dilakukan oleh dewan juri yang berasal dari APCS di Hongkong.

TENTANG BANK MANDIRI
Bank Mandiri adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance dan Treasury & International Banking. Bank Mandiri pada saat ini memiliki anak perusahaan-anak perusahaan untuk mendukung bisnis utamanya yaitu Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), serta Bank Sinar Harapan Bali (UMKM).

Bank Mandiri pada saat ini mempekerjakan 22.079 karyawan dengan 1.000 kantor cabang dan 6 kantor cabang/perwakilan/anak perusahaan di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 3.346 ATM, disamping 7.386 ATM yang merupakan jaringan LINK dan 13.610 jaringan ATM Bersama, Jaringan Electronic Data Capture (EDC) 28.546 unit serta electronic channels yang meliputi Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000.

Keterangan lebih lanjut :
Sukoriyanto Saputro
Corporate Secretary
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Jl. Gatot Subroto kav 36-38, Jakarta
Telp. 021-5245740 Fax 021-5268246
sukoriyanto.saputro@bankmandiri.co.id

Sunset