BANK MANDIRI RAIH PENGHARGAAN MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS

News Release - Rabu, 29 Oktober, 2008

Jakarta,29 Oktober 2008- Bank Mandiri menerima penghargaan Millenium Development Goals Awards 2008 untuk kategori Pendidikan. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan atau pemerintah kota/kabupaten atas upaya terbaik yang diberikan dalam mempercepat pencapaian Millenium Development Goals /MDGs. Millenium Development Goals di Indonesia ini diwujudkan sebagai gagasan hasil kerjasama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), dan Perserikatan Bangsa-bangsa serta Metro TV.

Pada Konferensi Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa Bangsa bulan September 2000 di New York, Pemerintah Indonesia dan 189 negara lainnya telah menyepakati Deklarasi Pembangunan Milenium dengan tujuan dan target pembangunan milenium yang disebut Millenium Development Goals (MDGs). Target-target MDGs tersebut tertuang dalam 8 tujuan pokok yaitu pengentasan kemiskinan dan penghapusan kelaparan, pencapaian pendidikan dasar secara universal, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, penurunan kematian anak, perbaikan pelayanan kesehatan ibu, penanganan HIV/AIDS, malaria dan penyakit lainnya, jaminan atas kelestarian lingkungan, dan pengembangan kemitraan internasional untuk pembangunan.

Penghargaan MDGs Awards ini merupakan suatu apresiasi atas upaya yang telah dilakukan sekaligus merupakan inspirasi atas peran Bank Mandiri yang efektif dalam menanggulangi kemiskinan dan pencapaian MDGs di Indonesia. Dewan Penilai terdiri dari El-Mostafa Benlamlih (UN Resident Coordinator untuk Indonesia), Erna Witoelar (Duber Khusus PBB untuk MDGs di Asia Pasific), Bambang Widianto (Deputi Bidang Evaluasi Kinerja Pembangunan, Bappenas), Henri Bastaman (staf Khusus Kementerian Lingkungan Hidup), Desi Anwar (Metro TV), Suryopratomo (Media Group), Alit Merthayasa (Yayasan Inovasi Pemerintah Daerah).

”Kami sangat bangga dan mendapat kehormatan atas penghargaan yang diberikan ini, mengingat kami telah dinilai oleh para Dewan Penilai yang memiliki komitmen tinggi untuk menanggulangi kemiskinan dalam aspek pendidikan. Penghargaan ini akan semakin memicu kami untuk terus meningkatkan upaya kami dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta membangun generasi mandiri yang berkualitas,” kata Bambang Setiawan Direktur Bank Mandiri saat menerima penghargaan tersebut.

Upaya penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dilakukan oleh Bank Mandiri. Sejak 2002 Bank Mandiri telah menyalurkan bantuan senilai Rp143,59 milyar, khususnya penyaluran di Bidang Bina Lingkungan. Bantuan yang diberikan terbagi dalam 6 bidang yaitu Bencana alam, Pendidikan/Pelatihan, Sarana/ prasarana umum, kesehatan, sarana ibadah dan pelestarian alam. Bank Mandiri berupaya untuk menanggulangi kemiskinan dengan cara mencerdaskan kehidupan anak negeri dan memfokuskan program bantuan dalam bidang pendidikan.

”Khusus bidang Pendidikan, Bank Mandiri telah menyalurkan bantuan senilai Rp50,8 Milyar yang meliputi pemberian beasiswa, pelatihan dan kursus serta penyediaaan perlengkapan dan peralatan sekolah,” jelas Bambang Setiawan.

Sejak tahun 2007, program utama yang dijalankan Program Bina Lingkungan adalah Wirausaha Muda Mandiri (WMM). Program ini bertujuan mengajak dan mengubah generasi muda untuk menjadi generasi pencipta lapangan kerja dan bukan hanya generasi pencari kerja. Kegiatan yang telah dijalankan dalam rangka program WMM ini antara lain Workshop, Kompetisi Business Plan, pemberian Beasiswa, pemberian penghargaan kepada wirausaha muda serta bantuan pembiayaan dan pembinaan/pendampingan kepada para entrepreneur muda.

Tentang Bank Mandiri
Bank Mandiri adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance dan Treasury & International Banking. Bank Mandiri pada saat ini memiliki anak-anak perusahaan untuk mendukung bisnis utamanya yaitu Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), serta Bank Sinar Harapan Bali (UMKM).

Bank Mandiri pada saat ini mempekerjakan 21.679 karyawan dengan 958 kantor cabang dan 6 kantor cabang/perwakilan/anak perusahaan di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 3.346 ATM, disamping 7.386 ATM yang merupakan jaringan LINK dan 13.610 jaringan ATM Bersama, serta electronic channels yang meliputi Mandiri Internet , Mandiri SMS dan Call Mandiri 14000.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :
Sukoriyanto Saputro
Corporate Secretary Bank Mandiri
Jln. Gatot Subroto Kav 36-38,
Jakarta 12190
Telp. 021-5245740 Fax 021-5268246
Sukoriyanto.Saputro@bankmandiri.co.id

Sunset