BANK MANDIRI TINGKATKAN FASILITAS NCL DAN BIAYAI DISTRIBUTOR SEMEN GRESIK

News Release - Selasa, 12 Agustus, 2008

Jakarta, 12 Agustus 2008: Bank Mandiri memberikan solusi transaksi perbankan kepada Semen Gresik berupa penyediaan Fasilitas Non Cash Loan dan Kerjasama Pembiayaan Distributor.

Bank Mandiri menyetujui tambahan plafon Non Cash Loan (NCL) kepada Semen Gresik menjadi USD.50 juta (sebelumnya USD.10 juta). Selain itu Bank Mandiri juga menyediakan Rp400 milyar yang ditujukan kepada para distributor Semen Gresik berupa pembiayaan NCL (Bank Garansi) maupun Cash Loan (CL) Kredit Modal Kerja.

Kedua hal tersebut dikukuhkan dalam penandatanganan Perjanjian yang dilakukan oleh Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo dan Direktur Utama Semen Gresik Dwi Soetjipto di Plaza Mandiri, Jakarta.

Dikatakan Dwi Soetjipto, saat ini Semen Gresik menguasai 44% pasar semen nasional dengan kapasitas 17,7 juta ton juni di 2008, dengan 70 distributor besar dan ribuan sub distributor tersebar di seluruh Indonesia. Dengan peningkatan limit tersebut maka Semen Gresik mempunyai fleksibilitas untuk mengembangkan operasional usaha terutama dalam pembelian barang impor.

“Fasilitas NCL tersebut akan kami gunakan untuk transaksi impor bahan baku, bahan bakar, dan spare part. Jaminan yang kami berikan berupa persediaan dengan nilai pengikatan fiducia sebesar 143% dari limit NCL,” jelas Dwi Soetjipto.

Sementara itu ditegaskan oleh Agus Martowardojo, selain memberikan plafon fasilitas NCL sebesar USD50juta, Bank Mandiri juga menyediakan kredit berupa Sub Limit Trust Receipt sebesar 50% dari limit NCL atau sebesar USD25juta.

“Kami yakin Semen Gresik mempunyai kapasitas pengembalian yang tidak diragukan, hal ini ditunjukkan dengan reputasi dan kinerja keuangan yang sangat baik sehingga penyediaan Sub Limit Trust Receipt tersebut sangat relevan dan akan membantu pengelolaan cash flow Semen Gresik,” tegas Agus Martowardojo.

Sementara itu, berkaitan Perjanjian Kerjasama Pembiayaan Distributor dengan Semen Gresik, Bank Mandiri memberikan plafon sebesar Rp400 milyar. Dalam kerjasama tersebut, Bank Mandiri menyediakan bentuk skim khusus fasilitas kredit yaitu berupa fasilitas Bank Garansi dan Kredit Modal Kerja untuk pembelian dan pembayaran tagihan semen dari Distributor kepada Semen Gresik.

Kerjasama ini bermanfaat bagi Semen Gresik untuk percepatan kepastian pembelian semen dan collection piutang sehingga akan memperbaiki model bisnis dan cash flow Semen Gresik. Sedangkan bagi Distributor adalah fleksibilitas transaksi dan efisiensi karena Bank Mandiri dapat menyediakan plafon Bank Garansi sesuai kebutuhan omset usaha dan penerapan fee Bank Garansi yang sangat bersaing.

”Distributor yang dapat mengajukan pembiayaan ke Bank Mandiri adalah distributor yang direkomendasikan oleh pihak Semen Gresik. Selanjutnya Unit Commercial Banking dan Small Business Bank Mandiri yang tersebar di wilayah-wilayah strategis di Indonesia akan memudahkan distributor Semen Gresik memperoleh layanan pembiayaan tersebut,” kata Agus Martowardojo.


TENTANG BANK MANDIRI

Bank Mandiri adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance dan Treasury & International Banking. Bank Mandiri pada saat ini memiliki anak-anak perusahaan untuk mendukung bisnis utamanya yaitu Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), serta Bank Sinar Harapan Bali (UMKM).

Bank Mandiri pada saat ini mempekerjakan 21.083 karyawan dengan 958 kantor cabang dan 6 kantor cabang/perwakilan/anak perusahaan di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 3.192 ATM, disamping 7.236 ATM yang merupakan jaringan LINK dan 13.356 jaringan ATM Bersama, serta electronic channels yang meliputi Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000.

Tentang PT Semen Gresik (Persero) Tbk.

PT Semen Gresik (Persero) Tbk (PTSG) merupakan salah satu produsen semen dengan lokasi pabrik yang strategis di Sumatera Barat, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan mampu memenuhi kebutuhan semen domestik dengan market share 45%, dan ekspor sebagian produk ke beberapa negara. Dengan memperkuat sinergi antar grup, menjadikan Perseroan lebih efisien dalam menjalankan bisnis persemenan.

Keterangan lebih lanjut, hubungi :
Mansyur S. Nasution
Corporate Secretary Bank Mandiri
Jln. Gatot Subroto Kav 36-38,
Jakarta 12190
Telp. 021-5245740 Fax 021-5268246
Mansyur.nasution@bankmandiri.co.id

Sunset