BANK MANDIRI DUKUNG UMKM MELALUI PROGRAM KEMITRAAN

News Release - Rabu, 18 Juni, 2008

Jakarta, 18 Juni 2008 – Sejak Januari 2007 sampai dengan Desember 2007 Bank Mandiri telah menyalurkan Program Kemitraan sebesar Rp 52,83 milyar dan khusus pada triwulan pertama 2008 telah disalurkan sebesar Rp 15,71 milyar.

Sedangkan untuk dana hibah Program Kemitraan periode 2007 yang ditujukan kepada mitra binaan telah disalurkan sebesar Rp13,35 milyar, sementara itu untuk posisi triwulan pertama 2008 sebesar Rp1,14 milyar.

Dijelaskan Direktur Micro & Retail Banking Bank Mandiri Budi G.Sadikin bahwa penyaluran pinjaman Program Kemitraan tahun 2008 lebih difokuskan pada pola inti–plasma atau Linkage Program. Melalui Linkage Program diharapkan terjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara plasma dan inti.

Hal tersebut menjadi dasar dilakukannya penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Bank Mandiri dengan PT Frisian Flag Indonesia, PT Indocement Tunggal Perkasa dan PT Sinjaraga Santika Sport melalui penyaluran pinjaman Program Kemitraan dengan total plafon sebesar Rp 36,6 milyar, hari ini di Plaza Mandiri, Jakarta.

“Dari total plafon tersebut Rp 28 milyar ditujukan untuk pembiayaan 1500 peternak sapi perah binaan PT Frisian Flag Indonesia yang berada di Bandung, Boyolali dan Blitar. Sementara untuk UMKM binaan PT Indocement Tunggal Perkasa yang berada di sekitar 3 lokasi (Palimanan Cirebon, Citereup Bogor dan Tarjun Kalimantan) dialokasikan sebesar Rp 4,5 milyar. Sedangkan Rp 4,125 milyar diperuntukkan bagi 500 pengrajin bola di Kabupaten Majalengka yang merupakan binaan PT Sinjaraga Santika Sport,” jelas Budi Sadikin

Di waktu dan tempat yang sama Bank Mandiri juga menandatangani Nota Kesepahaman dalam bidang pembinaan dengan Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) dan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Import (PPEI). Pembinaan tersebut berupa pendidikan, pelatihan, pemasaran, promosi dan hal-hal lain yang menyangkut peningkatan produktivitas mitra binaan serta untuk penelitian/ pengkajian yang berkaitan dengan Program Kemitraan.

Dikatakan Budi Sadikin, dengan pembinaan ini dapat meningkatkan kemampuan pengusaha kecil yang menjadi roda penggerak ekonomi bangsa. Sebagai langkah pertama pendampingan akan diberikan berupa pelatihan basic mentality dan pembukuan sederhana, selanjutnya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan mitra binaan.

Program Kemitraan adalah salah satu wujud kepedulian Bank Mandiri untuk meningkatkan kemampuan UMKM sehingga dapat menjadi pengusaha yang tangguh dan mandiri, yang pada akhirnya mampu mengakses fasilitas pinjaman perbankan secara komersial. Tidak hanya pendanaan, Bank Mandiri juga akan memberikan pembinaan agar pengusaha UMKM lebih siap dalam menghadapi persaingan usaha.

Tentang Bank Mandiri
Bank Mandiri adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance dan Treasury & International. Bank Mandiri juga menawarkan jasa dan layanan pasar modal, perbankan syariah dan asuransi melalui Mandiri Sekuritas, Bank Syariah Mandiri dan AXA Mandiri.
Bank Mandiri saat ini mempekerjakan 21.679 karyawan dengan 958 kantor cabang dan 6 kantor cabang/perwakilan/anak perusahaan di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 3.188 ATM, disamping 7.064 ATM yang merupakan jaringan LINK dan 13.077 jaringan ATM Bersama, serta electronic channels yang meliputi Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000.

Saat ini Bank Mandiri sudah memiliki 350 Unit Mikro Mandiri (MBU) di seluruh Indonesia. 38 unit diantaranya berada di Jawa Tengah (a.l. Semarang, Tegal, Pekalongan, Pemalang, Brebes, Kudus, Salatiga, Cilacap, Purwokerto, Solo, dll) dan 7 unit di Yogyakarta.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi
Mansyur S Nasution
Corporate Secretary
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Jl. Gatot Subroto Kav 36-38
Jakarta 12190
Telp. 021-5245848, Fax. 021-5268246
mansyur.nasution @bankmandiri.co.id

Sunset