BANK MANDIRI TERBAIK DALAM PELAYANAN PERBANKAN

News Release - Rabu, 14 Mei, 2008

Raih The Best Bank Service Excellence 2007/2008 dari MRI dan The Best Contact Center Indonesia 2008 (kategori 250 seats) dari ICCA

Jakarta, 14 Mei 2008 ;

Tahun 2008 merupakan tahun pembuktian keunggulan Bank Mandiri dalam pelayanan perbankan kepada nasabah. Dua lembaga yaitu Marketing Research Indonesia (MRI) dan Indonesia Contact Center Association (ICCA), telah menganugerahi penghargaan tertinggi kepada Bank Mandiri.

MRI menilai Bank Mandiri layak mendapatkan The Best Bank Service Excellence (BSEM) 2007/2008, setelah melakukan riset pada 19 bank di Indonesia, baik lokal maupun asing.

“Penghargaan tertinggi dalam bidang pelayanan perbankan merupakan bukti nyata bahwa Bank Mandiri sebagai bank terbesar di tanah air tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata tetapi juga pada customer focus,” ujar Agus Martowardojo, Direktur Utama Bank Mandiri.

"Keberhasilan Bank Mandiri dalam service quality didukung oleh semua pihak, mulai dari Top Management hingga pegawai lini bawah. Hal ini membutuhkan komitmen dan perjuangan keras karena yang diubah adalah perilaku manusia, yang kemudian akan membentuk budaya kerja perusahaan. Bank Mandiri memiliki konsep pelayanan yang diberikan kepada nasabah sesuai dengan 10 perilaku Utama Budaya kerja perusahaan yang terangkum dalam TIPCE (Trust, Integrity, Profesionalism, Customer Focus, dan Excellence)," tambah Agus.

Lebih lanjut Ermina Yulianti, Research Director MRI mengatakan bahwa survei dilakukan dengan cara mystery shopping, dimana pensurvei melakukan kegiatan perbankan melalui cabang-cabang bank dengan cara membuka rekening.

"Sebagai nasabah, pensurvei dapat merasakan langsung pelayanan yang dilakukan oleh frontliner suatu bank, termasuk keadaan fisik cabang serta electronic channel (e-channel). Dengan metode ini, survei sebenarnya memotret customer experience di berbagai interaksi nasabah dengan banknya", ujar Ermina saat pemberian award di Hotel Mulia hari ini (14 Mei 2008).

Survei tersebut dilakukan di Jakarta, Surabaya dan Makassar. Jakarta selalu dipertahankan karena pentingnya ibu kota bagi dunia perbankan di tanah air, sedangkan Makassar adalah kota kedua di luar Jawa sesudah Medan yang baru tahun ini diikutkan dalam penilaian.

Disamping itu, ICCA juga telah menganugerahkan penghargaan The Best Contact Center 2008 (kategori 250 seats) kepada Bank Mandiri. Dengan penghargaan ini Bank Mandiri berhak mewakili Indonesia untuk kontes Contact Center se-Asia Pasific yang akan dilakukan penjuriaannya di Beijing pada pertengahan 2008.

"Bank Mandiri sangat berhak mewakili Indonesia dalam kontes Contact Center se Asia Pasific yang akan dilaksanakan pada pertengahan 2008 di Beijing. Untuk kategori 250 seats, Bank Mandiri menyabet semua penghargaan yang diberikan oleh ICCA yaitu The Best Design Marketing Communication (Platinum), The Best Operational Contact Center (platinum) untuk kategori diatas 250 seat, untuk kelompok Korporasi dan untuk kelompok individual meraih The Best Manager (Platinum)," kata Andi Anugerah ketua ICCA pada saat penyempatan penghargaan beberapa waktu lalu di Hotel Bidhakara Jakarta.

Penghargaan ini melengkapi penghargaan yang pernah diraih Bank Mandiri tahun lalu, seperti The Best Agent/Phone Banking Officer (Platinum & Gold), The Best Contribution (Gold), The Best Technology (Gold), dan The Best Team Leader (Silver). Sedangkan untuk tingkat internasional, Bank Mandiri memperoleh Asia Pasific Service Excellence Award 2007 dari Pasific Customer Service Association (APCSA) dan The Best Contact Center of The Year untuk kategori di atas 100 seats dari Contact Center Association of Singapore (CCAS).

Tentang Bank Mandiri
Bank Mandiri adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance dan Treasury & International. Bank Mandiri juga menawarkan jasa dan layanan pasar modal, perbankan syariah dan asuransi melalui Mandiri Sekuritas, Bank Syariah Mandiri dan AXA Mandiri.
Bank Mandiri saat ini mempekerjakan 21.679 karyawan dengan 958 kantor cabang dan 6 kantor cabang/perwakilan/anak perusahaan di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 3.188 ATM, disamping 7.064 ATM yang merupakan jaringan LINK dan 13.077 jaringan ATM Bersama, serta electronic channels yang meliputi Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000.


Untuk keterangan lebih lanjut:
Mansyur S. Nasution
Corporate Secretary
PT Bank Mandiri (Persero)Tbk
Plaza Mandiri Lt.3
Jl.Gatot Subroto, Jakarta 12190
Telp. 021-5245858 Fax. 5268246
Mansyur.Nasution@bankmandiri.co.id

Sunset