Sindikasi Bank Mandiri dan BCA biayai Tol Ruas Cinere-Jagorawi

News Release - Selasa, 10 April, 2007

SIARAN PERS

SINDIKASI BANK MANDIRI DAN BCA
BIAYAI TOL RUAS CINERE-JAGORAWI


Jakarta, 10 April 2007; Bank Mandiri dan Bank Central Asia (BCA) memberikan kredit sindikasi senilai Rp.1,461 triliun kepada PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) untuk pembiayaan proyek investasi Pembangunan Jalan Tol Ruas Cinere-Jagorawi sepanjang 14,6 km.

Bank Mandiri akan mengambil porsi 60% dari total kredit atau sebesar Rp.877 miliar. Sisanya yakni 40% adalah porsi BCA atau setara dengan Rp.584 miliar. Sedangkan yang bertindak sebagai Joint Lead Arranger pada transaksi ini adalah Mandiri Group (Bank Mandiri dan Mandiri Sekuritas) dan BCA.

Hadir dalam penandatangan Kredit Sindikasi tersebut Agus Martowardojo Direktur Utama Bank Mandiri, D.E Setijoso Direktur Utama BCA, serta A Tito Karim Direktur Utama dan Teddy Surianto selaku Komisaris Translingkar Kita Jaya.

Nilai proyek pembangunan adalah sebesar Rp2,08 triliun, dengan komposisi pembiayaan 30% (Rp.625,8 M) berasal dari self financing TLKJ, dan 70 % merupakan kredit investasi sindikasi. Sedangkan jangka waktu kredit maksimal 10 tahun termasuk di dalamnya masa grace period 2,5 tahun.

“Pembiayaan kredit ke Translingkar Kita Jaya merupakan kelanjutan dukungan perbankan untuk realisasi pembangunan JORR II (Jakarta Outer Ring Road II). Dan juga, pembiayaan ini merupakan wujud komitmen kami terhadap sektor infrastruktur,” ujar Agus Martowardojo, Direktur Utama Bank Mandiri. Bank Mandiri percaya TLKJ akan memenuhi komitmennya dalam pembiayaan infrastruktur ini.

D.E. Setijoso menyatakan bahwa BCA berkomitmen untuk mendukung pembangunan ruas tol Cinere – Jagorawi melalui pemberian fasilitas kredit sebesar Rp 584 miliar kepada TLKJ. Hal ini merupakan bagian dari usaha BCA untuk terus meningkatkan fungsi intermediary secara prudent.

TLKJ ditetapkan sebagai pemenang tender investasi Jalan Tol paket JORR II untuk Ruas: Cinere-Jagorawi pada 21 September 2005 dan selanjutnya ditindaklanjuti dengan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) antara TLKJ dengan Menteri Pekerjaan Umum pada 29 Mei 2006.

Dijelaskan oleh Tito Karim Direktur Utama TLKJ, dengan mulai dibangunnya Jalan Tol Cinere-Jagorawi dapat membuka lapangan kerja baru dan diharapkan dapat memberi manfaat bagi pengembangan ekonomi dan kawasan JABODETABEK terutama di wilayah Depok dan sekitarnya. Kawasan yang akan dilalui meliputi 4 Kecamatan yaitu: Cimanggis, Sukmajaya, Beji dan Limo. Jalan Tol ini direncanakan akan memiliki 2x3 lajur dengan lebar 65 meter dan 2 Interchange di Jagorawi dan Krukut, serta memiliki Fly Over/Over Pass di Raya Bogor, Under Pass di Margonda, Kukusan dan Limo, dan On/Off di Limo, Kukusan, Margonda dan Raya Bogor.

”Sedang tahapan pembangunan konstruksi dan pengoperasian Jalan Tol terbagi dalam 3(tiga) tahap. Untuk tahap pertama Jagorawi-Raya Bogor direncanakan akan beroperasi pada triwulan ketiga 2008, dan untuk tahap kedua Margonda-Cinere direncanakan beroperasi pada triwulan kedua 2009. Sedangkan untuk tahap ketiga Raya Bogor-Margonda pada triwulan ketiga ditahun 2009”, jelas Tito.

Tentang:

Bank Mandiri (Per 31 Desember 2006)

Bank Mandiri adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Small, Micro & Retail, Consumer Finance dan Treasury & International. Bank Mandiri juga menawarkan jasa pasar modal, perbankan syariah dan asuransi melalui anak-anak perusahaan Mandiri Sekuritas, Bank Syariah Mandiri dan AXA Mandiri.

Bank Mandiri saat ini memperkerjakan 21.062 karyawan dengan 924 kantor cabang dan 6 kantor cabang/perwakilan/anak perusahaan di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 2.800 ATM, disamping 6.265 ATM yang merupakan jaringan LINK (jaringan ATM Bersama), dan electronic channels yang meliputi Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000.

BCA
BCA merupakan salah satu bank transaksional terkemuka di Indonesia. Per 31 Desember 2006 BCA memiliki 791 cabang, 53.807 EDC (Electronic Data Capture), dan mengoperasikan 5.042 ATM. BCA melayani 6,8 juta rekening nasabah diseluruh Indonesia.


TLKJ

TLKJ didirikan pada 19 Januari 2006 dimana penyertaan sahamnya dimiliki oleh empat perusahaan yaitu PT Transindo Karya Investama, PT Waskita Karya, PT Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta dan PT Kopnatel Jaya.

TLKJ memiliki beragam keahlian dalam bidang Manajemen, Pembangunan Konstruksi, Mechanical Electrical dan Pengoperasian Jalan Tol. Hal ini pula yang membuat TLKJ mengambil peran dalam pembangunan Jalan Tol, dalam hal ini Jalan Tol Cinere-Jagorawi sebagai bagian dari JORR II.

Keterangan lebih lanjut:

Christiana Damanik
Head of Corporate Communications
Bank Mandiri
Tel: 021-5245848; Fax: 021-5268246
christiana.damanik@bankmandiri.co.id
www.bankmandiri.co.id


Raymon Yonarto
Corporate Secretary
PT Bank Central Asia Tbk
Tel:021-5208650; Fax: 021-5208899
humas@bca.co.id
www.klikbca.com

Sinung Hardjo
Direktur Sumberdaya Manusia dan Umum
PT Translingkar Kita Jaya
Tel:021-75900651-54; Fax:021- 75913873


Sunset