Bank Mandiri Selenggarakan Program Penyelesaian Kredit Macet Bank Mandiri

News Release - Jum'at, 22 Desember, 2006

SIARAN PERS
No. CSC/PR.79 /2006


Bank Mandiri Selenggarakan Program Penyelesaian Kredit Macet Bank Mandiri
(”PPKM Mandiri”)


Jakarta, 22 Desember 2006 – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Mandiri (Persero), Tbk yang diselenggarakan pada hari Jum’at, 22 Desember 2006 telah menghasilkan keputusan yang terkait dengan akselerasi penyelesaian kredit bermasalah. Upaya akselerasi penyelesaian kredit bermasalah ini antara lain melalui Program Penyelesaian Kredit Macet Bank Mandiri (”PPKM Mandiri”).

Agus Martowardojo, Direktur Utama Bank Mandiri menjelaskan bahwa RUPSLB kali ini telah menghasilkan 2 (dua) keputusan yaitu persetujuan program akselerasi penyelesaian kredit bermasalah perseroan dan perubahan Anggaran Dasar Perseroan. Dalam keputusan ini yang terkait dengan program akselerasi penyelesaian kredit bermasalah perseroan, RUPSLB memutuskan untuk memberikan kewenangan kepada Direksi dalam beberapa hal, yaitu:

Pertama, melakukan pengalihan termasuk pelepasan hak dan atau penjualan kredit bermasalah di bawah nilai pokok kepada investor, dengan jumlah (limit) yang akan dihapus tagih yaitu sebesar selisih antara nilai pokok dan harga pengalihan, sebagaimana ditetapkan RUPS dari waktu ke waktu.

Kedua, menggunakan jumlah (limit) hapus tagih atas piutang pokok macet yang telah dihapus buku sebagaimana telah ditetapkan dalam RUPSLB Perseroan tanggal 29 September 2003 dan RUPSLB Perseroan pada tanggal 21 Desember 2005 dengan jumlah keseluruhan sebesar Rp 5 triliun, dalam rangka optimalisasi aset termasuk kredit Perseroan, dengan melakukan hapus tagih atas piutang pokok macet dan atau hapus tagih atas selisih antara nilai pokok dan harga pengalihan, termasuk PPKM Mandiri.

Ketiga, menandatangani Performance Management Contract dengan pemerintah sebagai pelaksanaan Surat Keputusan Bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, Menteri Negara BUMN, Gubernur Bank Indonesia pada tanggal 5 Juli 2006.

Agus menambahkan bahwa dalam menjalankan Program Penyelesaian Kredit Macet Bank Mandiri (”PPKM Mandiri), perseroan telah memiliki Guiding Principles dan Kriteria debitur yang diikutsertakan dalam program ini. ”Perseroan akan mengikuti Guiding Principles dengan memberlakukan secara konsisten kriteria debitur yang bisa mengikuti program ini, sehingga PPKM bisa mencapai target yang diharapkan,” tambah Agus. Sebelum masuk ke dalam program PPKM Mandiri, akan dilakukan historical review oleh independent auditor. Proses tersebut melalui desktop analysis, NPL selection, proses penyelesaian melalui restrukturisasi dan non restrukturisasi yang terdiri dari eksekusi agunan, litigasi, settlement, dan PPKM Mandiri. ”Dengan demikian, maka kami akan melakukan pendekatan yang komprehensif dalam penyelesaian kredit bermasalah,” papar Agus.

Dalam agenda Perubahan Anggaran Dasar Perseroan, RUPSLB menyetujui untuk melakukan perubahan Anggaran Dasar. Perubahan ini dalam rangka menunjang pelaksanaan PP No. 33 Tahun 2006 dan PMK No. 87 Tahun 2006.

Tentang Bank Mandiri (Per 30 September 2006)

Bank Mandiri adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia yang memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance dan Treasury & International. Bank Mandiri juga menawarkan jasa pasar modal, perbankan syariah dan asuransi melalui Mandiri Sekuritas, Bank Syariah Mandiri dan AXA Mandiri.
Bank Mandiri saat ini memperkerjakan 21.079 karyawan dengan 921 kantor cabang dan 6 kantor cabang/perwakilan/anak perusahaan di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 2.662 ATM, disamping 6.131 ATM yang merupakan jaringan LINK (jaringan ATM Bersama), dan electronic channels yang meliputi Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000.



Keterangan lebih lanjut:
Mansyur S. Nasution
Corporate Secretary
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
Jln. Gatot Subroto Kav 36-38 Tel : (021) 52913112
Jakarta 12190
Telp 021-5245848 Fax 021-5268246
mansyur.nasution@bankmandiri.co.id
www.bankmandiri.co.id
Christiana M. Damanik
Head of Corporate Communications
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
Jln. Gatot Subroto Kav 36-38 Tel : (021) 52913112
Jakarta 12190
Telp 021-52913112 Fax 021-5268246
christiana.damanik@bankmandiri.co.id
www.bankmandiri.co.id


Sunset